Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Mahfud MD: Tidak Masalah Kalau HTI Siapkan 1.000 Pengacara


Pakar hukum tata negara, Mahfud MD menyatakan tidak ada permasalahan jika Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), menyiapkan 1.000 pengacara termasuk Yusril Ihza Mahendra untuk menghadapi upaya pembubaran oleh pemerintah.

"Yang terpenting dari upaya pembubaran itu, nanti kebenaran hukumnya diungkap di pengadilan, kalau itu mau ke pengadilan," kata Mahfud seusai acara hari jadi ke-186 Kabupaten Bantul, di Pendopo Parasamya, Bantul, Rabu (24/5/2017).

Menurut Mahfud jika negara Indonesia sudah punya kesepakatan dasar, yakni berdasar Pancasila. Sementara HTI ditengarai mengampanyekan ingin mengganti Pancasila.

"Jadi saya kira, ketika surat izin dikeluarkan untuk badan hukumnya. Dulu mungkin informasinya tidak lengkap, sehingga izin dikeluarkan." ungkapnya.

Karena bertentangan dengan Pancasila, organisasi pengusung khilafah ini dinilai Mahfud secara hukum administrasi harus dibubarkan, dilarang. "Bahwa pengacara sampai 1.000 atau 5.000, itu bagus juga. Motif (upaya pembubaran HTI dari pemerintah) itu meluruskan saja, itu tugas negara," tambahnya.

Terkait adanya ribuan pengacara yang diklaim dibelakang HTI, dalam kasus hukum menurut Mahfud langkah seperti itu sudah biasa. Dia mencontohkan seperti sengketa pilpres lalu, salah satu calon yang tidak terima menyewa puluhan advokat. "Ya sama saja dulu pas pemilihan presiden tiba-tiba muncul puluhan advokat," katanya.

Dia mengakui jika upaya pemerintah membubarkan HTI belum lengkap secara prosedural. Lantaran proses pembubaran ormas harus melalui tahap peringatan 3 kali, setelahnya baru dibekukan, lalu pencabutan izin. "Bahwa diperingatkan sekali, dua kali, tiga kali, itu diperuntukkan buat ormas lain yang suka sweeping," katanya.

Tapi untuk kasus HTI kata dia, ormas tersebut tidak melakukan sweeping. Namun secara nyata ingin mengubah ideologi negara.

"Tapi kan ini bukan sweeping-sweeping, tapi langsung mencoba mengubah dasar ideologi negara, mau diganti. Kalau itu clear sudah, dipidatokan di mana-mana, dikampanyekan di mana-mana," pungkas dia.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584

       





Reply With Quote     #12   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Lika-Liku Pembubaran HTI, Dari Proses Hukum Hingga Perppu


Polemik pembubaran ormas di Indonesia masih terus bergulir. Hari ini pemerintah akan umumkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) pembubaran ormas yang akan disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Wiranto.

Recana pembubaran ormas yang anti-Pancasila sudah mulai terdengar sejak Mei 2016 silam. Namun isu ini makin memanas sejak Mei 2017 lalu, saat Meko Polhukam mengumumkan akan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) pada Senin (8/5/2017). Wiranto menilai HTI tidak melaksanakan peran positifnya sebagai ormas.

"Sebagai ormas berbadan hukum, HTI tidak melaksanakan peran positif untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan guna mencapai tujuan nasional," kata Wiranto.

HTI dinilai kegiatannya yang dilaksanakan HTI terindikasi kuat bertentangan dengan tujuan, asas, dan ciri yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. "Aktivitas yang dilakukan nyata-nyata telah menimbulkan benturan di masyarakat yang dapat mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, serta membahayakan keutuhan NKRI," ujar Wiranto.

Sehari setelahnya, Selasa (9/5), HTI membuka suara dan menolak dibubarkan oleh pemerintah. Pihak HTI beranggapan memiliki hak konstitusional dalam melakukan kegiatan berbentuk dakwah Islam dan pembubaran tersebut tidak berdasar.

"Hizbut Tahrir Indonesia menyatakan, satu, menolak keras rencana pembubaran tersebut, karena langkah itu kami nilai tidak memiliki dasar sama sekali," kata juru bicara HTI Muhammad Ismail Yusanto.

Pada hari yang sama, sejumlah tokoh seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, juga Kepala BIN Jenderal Budi Gunawan angkat bicara perihal pembubaran HTI. JK menyebut pembubaran HTI harus dilakukan melalui proses hukum. JK mengatakan HTI menjalankan sistem kekhalifahan dan itu bertentangan dengan Indonesia.

PBNU dan Muhammadiyah bertemu dan duduk bersama membahas HTI. Hasilnya kedua ormas bersar tersebut sepakat menjadikan ideologi Pancasila untuk tujuan dari ormasnya. PBNU sempat mengatakan bersedia merangkul HTI."Kami siap merangkul mereka itu, dan kita siap barangkali mereka mau diskusi, monggo silakan. Kalau ingin bersaudara, bergabung, monggo silahkan," ujar Said Aqil, Jumat (19/5).

Pada Jumat, (19/5) Jaksa Agung M Prasetyo menyebut perppu atau keppres menjadi opsi pembubaran ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) selain menempuh jalur hukum lewat pengadilan. Opsi di luar jalur pengadilan ini bisa diambil dengan dasar kondisi 'darurat' atau karena tidak memadainya UU tentang pembubaran ormas itu. Sehingga presiden bisa menetapkan perppu.

"Ada pemikiran dari beberapa pihak, dari pakar hukum tata negara juga sempat menyampaikan, mungkin akan lebih baik ditempuh dengan mengeluarkan keppres. Semuanya masih dikaji. Tapi ada juga kemungkinan ditempuh dengan melalui dibuatnya perppu, tapi saya sendiri belum menyimpulkan nanti opsi mana yang akan diambil," ujar Prasetyo saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (19/5).

Setelah adanya pernyataan tersebut pemerintah menggodok secara hati-hati langkah apa yang akan diambil untuk membubarkan HTI. Selasa (11/7) juru bicara Presiden Johan Budi SP mengaku sudah mengkonfirmasi perppu terkait pembubaran ormas telah dikonfirmasi kepada Presiden Joko Widodo. Rencananya itu akan disampaikan langsung nanti oleh Menko Polhukam Wiranto.

"Ya barusan saya tanya ke Presiden. Soal perppu ormas itu nah jawaban Presiden tadi, kemungkinan besok (hari ini) akan disampaikan Pak Menko Polhukam," kata Johan, Selasa (11/7).

Johan belum bisa memastikan apakah perppu tersebut sudah diteken oleh Presiden Jokowi atau belum. Namun dia bisa memastikan perppu tersebut akan diumumkan pada Rabu (12/7) besok.

"Besok itu tadi saya tanya ke Presiden, perppu sudah ada di tangan beliau, Presiden maksudnya, dan ditugaskan ke Menko Polhukam untuk mengumumkan besok. Nah, kapan tanda tangannya, ya itu," ujar Johan.


sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #13   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Sanksi Ormas: 1 Peringatan, Setop Kegiatan dan Cabut Badan Hukum


Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas mengatur tahapan sanksi bagi ormas anti-Pancasila yang ringkas dibanding UU Nomor 17/2013. Perppu Ormas mengatur tiga tahapan sanksi terhadap ormas.

Pasal 61 Perppu Ormas mengatur sanksi administratif dengan tahapan peringatan tertulis, penghentian kegiatan dan/atau pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Peringatan tertulis yang dimaksud dilakukan hanya 1 kali dalam jangka waktu 7 hari sejak tanggal diterbitkannya peringatan sebagaimana diatur dalam Pasal 62.

Perppu Ormas memberikan kewenangan kepada Menteri Hukum dan HAM untuk menjatuhkan sanksi penghentian kegiatan bila ormas tidak mematuhi peringatan tertulis.

Bila sanksi penghentian kegiatan ini tidak dipatuhi, Menkum HAM dapat melakukan pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

Sebelum Perppu Ormas diterbitkan pada 10 Juli 2017, UU Ormas Nomor 17/2013 mengatur pemberian sanksi administratif ormas anti-Pancasila dengan tahapan yang lebih banyak.

Pada UU Ormas diatur sanksi administratif, yakni peringatan tertulis sebanyak tiga kali, penghentian bantuan dan/atau hibah, penghentian sementara kegiatan; dan/atau pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Pro-Perppu Pembubaran Ormas Radikal, Hanura: Pemerintah Harus Tegas


Menko Polhukam Wiranto mengumumkan penerbitan Perppu Nomor 2/2017 tentang Ormas (Foto: Grandyos Zafna)

Fraksi Hanura di DPR mendukung penerbitan Perppu Nomor 2/2017 tentang Ormas. Hanura meminta pemerintah bersikap tegas membubarkan ormas yang anti-Pancasila.

"Berorganisasi itu bebas sepanjang tidak bertentangan dengan Pancasila. Kalau sebuah organisasi jelas-jelas dalam praktiknya anti-Pancasila dan ingin mengganggu eksistensi NKRI, pemerintah harus tegas," ujar Sekretaris Fraksi Hanura Dadang Rusdiana, Rabu (12/7/2017).

Fraksinya akan menerima Perppu yang diajukan pemerintah. Menurut Dadang, pembubaran ormas anti-Pancasila saat ini rumit. Dengan Perppu No 2/2017, untuk mencabut status badan hukum ormas anti-Pancasila hanya melewati dua sanksi administratif.

"Dapat kita bayangkan kalau ada ormas yang dinilai membahayakan dan kita harus menunggu keputusan pengadilan, maka fungsi pemerintah menjamin keamanan menjadi tidak pasti," ujar Wasekjen DPP Hanura tersebut.

Menko Polhukam Wiranto sebelumnya mengumumkan terbitnya Perppu Nomor 2/2017 sebagai pengganti atas UU Nomor 17/2013 tentang Ormas. Perppu Ormas mengatur tahapan sanksi bagi ormas anti-Pancasila yang lebih ringkas dibanding UU Nomor 17/2013.

Perppu Ormas mengatur tiga tahapan sanksi terhadap ormas. Pada Pasal 61 Perppu Ormas mengatur sanksi administratif dengan tahapan peringatan tertulis, penghentian kegiatan, dan/atau pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum.


sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #15   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Pro-Perppu 2/2017, PPP: Ormas yang Ancam RI Harus Ditiadakan


Sekjen PPP Arsul Sani (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)

Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan parpol koalisi pemerintah mendukung penerbitan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas. Alasannya, ormas yang bertentangan dengan NKRI harus dibubarkan.

"Ketika ada gerakan apa pun baik secara warna, ras, atau apa pun itu kemudian secara rasional bisa disimpulkan merupakan ancaman terhadap empat konsensus bernegara (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika) kita, memang boleh ditiadakan," ujar Arsul di gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

PPP juga mendukung pembubaran ormas anti-Pancasila tanpa harus melalui proses pengadilan. Menurut Arsul, aneh jika pemerintah harus meminta izin ke pengadilan untuk membubarkan ormas anti-Pancasila.

"Ketika syarat keabsahan tidak terpenuhi, kok ketika membatalkan pemerintah harus meminta izin ke pengadilan? Menurut saya itu logika terbalik. Harusnya pihak yang merasa dirugikan itu yang harus ke pengadilan, kan begitu," jelas Arsul.

"Jadi, jangan atas nama HAM pemerintah yang meminta izin ke pengadilan, lucu menurut saya," imbuhnya.

Arsul juga menyinggung ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang dinilainya anti-Pancasila. Karenanya dia meminta siapa pun untuk menerima empat konsensus dasar bernegara.

"Kalau semuanya atas nama HAM, atas nama kebebasan berekspresi. Tidak hanya mewacanakan lho, tapi memulai gerakan mengganti RI segala macam mungkin sekarang kita menganggap masih bisa tenang-tenang saja. Nggak tahu 5 sampai 10 tahun yang akan datang," paparnya.


sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #16   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Pemerintah Cabut Badan Hukum Ormas HTI Hari Ini


Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) akan mengumumkan pencabutan status badan hukum ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pengumuman akan dilakukan langsung oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Cabut badan hukum ya," ujar Humas Kementerian Hukum dan HAM, Fitriadi Agung Prabowo, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (19/7/2017).

Pengumuman pencabutan status badan hukum HTI itu akan dilakukan di Gedung di Kementerian Hukum dam HAM, Kuningan, Jakarta, sekitar pukul 10.00 WIB hari ini. Belum diketahui apakah pihak HTI diundang dalam pengumuman ini atau tidak.

Sebelumnya pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2/2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas). Perppu tersebut mengatur tentang pembubaran ormas yang dinilai bertentangan dengan Pancasila.


sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #17   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Video pembubaran HTI hari ini oleh pemerintah

spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #18   Report Post  

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Pembubaran HTI ini tidak jelas secara hukum,
Selama inikan hanya mendengarkan informasi yang tidak jelas dari pemerintah.
Pemerintah hanya melontarkan tuduhan, tanpa pernah membuktikan.
Coba deh dibuka, gimana ARD/ARTnya.
Bener nggak begitu.

Kalau sekedar menyampaikan dakwah, di mana salahnya.

Karena sepengetahuan gua juga,
Islam tidak pernah mengajarkan nasionalisme, bahkan tidak mengajarkan ikatan berdasarkan kesukuan, wilayah, dsj.
Islam mengajarkan, setiap muslim itu bersaudara, apakah bentuk persaudaraan itu dalam bentuk negara, maupun khilafah, bisa ditilik dari sejarah Islam.

Pertanyaannya, bila Islam mengajarkan, bahwa setiap muslim itu bersaudara, apakah itu dianggap bertentangan dengan Pancasila ?

Kalou mau jujur, banyak sekali UU dan peraturan yang ada saat ini bertentangan dengan Pancasila.
Perppu Ormas itu sendiri sudah bertentangan dengan Pancasila.
Kontrak freeport itu juga sudah bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45.
Banyak lagi yang lainnya bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45.

Pembubaran HTI ini tak lebih dari pelampiasan dan balas dendam kubu Jokowi atas kekalahan Ahok dalam pilkada dan dipenjarakannya Ahok.

SBY 10 tahun jadi Presiden, nggak pernah merasa terrganggu dengan HTI, dan HTI pun nggak pernah ganggu pemerintahan SBY.

Bertahun tahun, setiap usai shalat Jumat, banyak jemaah yang terima selebaran dari HTI, tapi nggak ada satu pun yang teriak demo mau mendirikan kekhalifahan di Indonesia.

Jadi sekali lagi, Kubu Jokowi lagi melampiaskan dendam kesumatnya atas kekalahan konconya, Ahok, tapi nggak tau mau diarahkan kemana, akhirnya HTI dijadikan sasaran dendam kesumat dan kemarahan.
MauIkutNimbrung MauIkutNimbrung is offline
Village Level

Post: 31
 
Reputasi: 7

spirit:





Reply With Quote     #19   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Kutip:
Oleh MauIkutNimbrung View Post
Pembubaran HTI ini tidak jelas secara hukum,
Selama inikan hanya mendengarkan informasi yang tidak jelas dari pemerintah.
Pemerintah hanya melontarkan tuduhan, tanpa pernah membuktikan.
Coba deh dibuka, gimana ARD/ARTnya.
Bener nggak begitu.

Kalau sekedar menyampaikan dakwah, di mana salahnya.

Karena sepengetahuan gua juga,
Islam tidak pernah mengajarkan nasionalisme, bahkan tidak mengajarkan ikatan berdasarkan kesukuan, wilayah, dsj.
Islam mengajarkan, setiap muslim itu bersaudara, apakah bentuk persaudaraan itu dalam bentuk negara, maupun khilafah, bisa ditilik dari sejarah Islam.

Pertanyaannya, bila Islam mengajarkan, bahwa setiap muslim itu bersaudara, apakah itu dianggap bertentangan dengan Pancasila ?

Kalou mau jujur, banyak sekali UU dan peraturan yang ada saat ini bertentangan dengan Pancasila.
Perppu Ormas itu sendiri sudah bertentangan dengan Pancasila.
Kontrak freeport itu juga sudah bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45.
Banyak lagi yang lainnya bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45.

Pembubaran HTI ini tak lebih dari pelampiasan dan balas dendam kubu Jokowi atas kekalahan Ahok dalam pilkada dan dipenjarakannya Ahok.

SBY 10 tahun jadi Presiden, nggak pernah merasa terrganggu dengan HTI, dan HTI pun nggak pernah ganggu pemerintahan SBY.

Bertahun tahun, setiap usai shalat Jumat, banyak jemaah yang terima selebaran dari HTI, tapi nggak ada satu pun yang teriak demo mau mendirikan kekhalifahan di Indonesia.

Jadi sekali lagi, Kubu Jokowi lagi melampiaskan dendam kesumatnya atas kekalahan konconya, Ahok, tapi nggak tau mau diarahkan kemana, akhirnya HTI dijadikan sasaran dendam kesumat dan kemarahan.
itulah salahsatu bedanya kita dengan pemerintah sekarang. jika mereka meyakini melanggar hukum maka kekuasaanlah yang akan menghakiminya.

sudah diajukan ke MK persoalan ini, tinggal kita lihat apakah MK juga akan sependapat dengan pemerintah atau menggugurkan perppu yg sudah dibuat.

yang diharapkan, penolakan akan pembubaran HTI ini jgn sampai menimbulkan huru-hara atau anarkisme.
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.764
 
Reputasi: 1584






Reply With Quote     #20   Report Post  

Re: Pemerintah Bubarkan Hizbut Tahir Indonesia (HTI)

Kutip:
Oleh spirit View Post
itulah salahsatu bedanya kita dengan pemerintah sekarang. jika mereka meyakini melanggar hukum maka kekuasaanlah yang akan menghakiminya.

sudah diajukan ke MK persoalan ini, tinggal kita lihat apakah MK juga akan sependapat dengan pemerintah atau menggugurkan perppu yg sudah dibuat.

yang diharapkan, penolakan akan pembubaran HTI ini jgn sampai menimbulkan huru-hara atau anarkisme.
Dari awal masa reformasi, ampe sekarang, nggak pernah ada peristiwa HTI pemicu bentrok fisik.
HTI sepertinya lebih fokus pada perang pemikiran.

Anehnya pemerintah, pemikiran liberal, homo, dsjnya, dibiarkan,
tapi pemikiran yang berlandaskan Islam kenapa mesti dibrangus.

Hanya taktik komunis yang memberangus setiap pemikiran yang dianggap bertentangan dengan ideologinya.
MauIkutNimbrung MauIkutNimbrung is offline
Village Level

Post: 31
 
Reputasi: 7

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 8
eceran01, genitmudaku, ibamfx, Labour, MauIkutNimbrung, n1ngs1h, sumoqq
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
30 Ribu Massa Hizbut Tahrir Indonesia Lakukan Aksi Demo di Bogor nurcahyo Politik, Ekonomi & Hukum 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.