Berantas Pungli dengan Sistem IT dan Managed Service Provider

whiteranger265

New member
Blog > Berantas Pungli dengan Sistem IT dan Managed Service Provider
Week%2022_1.jpg


Internet Provider Jakarta – Memasuki era digital, pemerintah Indonesia mulai menerapkan berbagai program yang mengusung infrastruktur smart city. Pemanfaatan teknologi ini untuk menunjang pelayanan dan kinerja pegawai negeri sipil dalam melayani masyarakat. Bukan hanya itu, pembangunan sistem IT yang mumpuni merupakan elemen wajib dalam mengatasi tindakan pungutan liar (pungli) yang terjadi di sejumlah instansi pelayanan publik yang selama ini hanya menguntungkan beberapa pihak. Adanya pungli tidak hanya berdampak kecil pada buruknya kualitas pelayanan masyarakat, akan tetapi bila hal tersebut dibiarkan begitu terus menerus, pada akhirnya juga menjalar ke hal yang lebih luas lagi. Karena itu, dibutuhkan kerjasama antara aparat dengan masyarakat, membangun sistem IT adalah hal yang sangat penting dalam setiap proses pelayanan masyarakat.

Sebagaimana kita rasakan, kemajuan di bidang teknologi dan informasi memberikan banyak kemudahan, namun juga menimbulkan banyak tuntutan dari para pemangku kepentingan, misalnya transparansi informasi, ketersediaan informasi, serta layanan informasi yang lengkap dan gampang diakses. Namun, inilah yang harus dilakukan bidang pemerintahan, yakni membangun sistem informasi terpadu yang dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanan publik, menyajikan data yang dimiliki pemerintah, memantau efektivitas regulasi/kebijakan, merencanakan pembangunan daerah secara terpadu, serta membantu penerapan good governance, transparansi layanan publik dan peningkatan akuntabilitas. Semuanya ini tentu membutuhkan adanya bantuan dalam pengembangan teknologi informasi pemerintah yang baik melalui bantuan dari Managed Service Provider Indonesia.

Managed Service Provider merupakan istilah umum untuk menyebut penyedia layanan pendukung dalam manajemen operasional IT hingga layanan disaster recovery yang dapat digunakan oleh berbagai industri termasuk pemerintah untuk membantu atau mengoptimalkan departemen IT mereka. Layanan ini menawarkan banyak keuntungan bagi pemerintah dalam menyediakan layanan publik yang dapat diandalkan, aman, dan efisien seperti infrastruktur teknologi government-el, network solutions, kolaborasi cross-functional, infratruktur smart city dan salah satunya dalam pemberantasan pungli yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sebab, jika pemerintah tidak menerapkan layanan Managed Service Provider tentu masalah pungli hanya akan menjadi wacana belaka jika sistem pengawasan manual dan tindakan yang lama masih digunakan.

Salah satu layanan Managed Service Provider yang dimiliki Hypernet dalam memberikan solusi IT pada setiap bidang industri adalah industri kepemerintahan. Dengan pengalaman dan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi, Anda bisa melihat bentuk layanan Managed Service Provider untuk kepemerintahan ini di http://hypernet.co.id/msp-solution/government.

Source
 
Pungli sudah ada dari jaman dulu gan, dan tentunya tidak semudah membalik telapak tangan orang yang sehat dalam hal berantas pungli. Yang perlu dibenaih adalah manusianya biar tidak suka pungli.
 
Back
Top