Antibiotik Untuk Luka Tertusuk Paku Dan Pertolongan Pertama

Irelandmaulana

New member
Tertusuk paku biasanya sering terjadi pada kaki, akan kemungkinan kecil akan terjadi pada bagian tubuh lainnya. tertusuk paku pada bagian kaki karena akibat kurangnya memperhatikan kondisi alas kaki, meskipun hal tersebut dianggap sepele namun alas kaki mempunyai peranan penting bagi kita semua.

1. Cabut paku dan cuci kakiHal pertama yang dilakukan saat tertusuk paku adalah mencabut paku tersebut secara perlahan-lahan, pencet dan keluarkan darah di kaki yang tertusuk paku tersebut selanjutnya mencuci luka tersebut mennggunakan air bersih yang mengalir, dan sampai darahnya menghilang, tujuang untuk mencuci luka tersebut untuk menghindari terjadinya infeksi yang kemungkinan besar dapat di timbulkan akibat tusukan paku tersebut.
2. Hentikan PendarahanUntuk darah yang kerluar terus menerus akibat tusukan paku tersebut, anda bisa melakukan nya dengan cara menekan secara perlahan menggunakan kain kasa bersih, lakukan hal berikut selama beberapa menit sampai darah benar-benar berhenti.
3. Bersihkan LukaSetelah peredaran darah sudah berhenti keluar, lalu bersihkan lagi luka yang tertusuk paku tersebu, hal tersebut untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang tertinggal di dalam luka, untuk membersihkan luka tersebut menggunakan air yang mengalir atau bisa juga menggunakan air hangat, atau alkohol pembersih luka.
4. Gunakan AntibiotikAnda bisa menggunakan antibiotik seperti penggunaan betadine pada luka yang tertusuk paku, tidak hanya betadine saja yang bisa anda gunakan, anda juga bisa menggunakan salep pada luka tersebut, hanya saja penggunaan salep luka tersebut harus sesuai ajuran dokter, apalagi salep tersebut tidak cocok akan menimbulkan ruam dan memar dan segera hentikan penggunaan salep tersebut.
5. Tutup LukaSetelah di bersihkan dan di beri antibiotik, hal selanjutnya adalah menutup luka itu dengan perban, menutup luka supaya luka tetap bersih dan terhindar dari bakteri yang berbahaya, tapi jangan terlalu rapat karena akan menyebabkan kuman tetanus masuk kedalam luka tersebut dan akan menimbulkan penyakit tetanus, karena penyakit tetanus sangat suka dengan tempat yang memiliki oksigen sedikit. oleh karena itu jangan terlalu rapat cukup dengan menutupnya saja.
6. Memperhatikan LukaMemperhatikan luka tertusuk paku merupakan yang harus dilakukan. Perhatikan tanda- tanda infeksi yang terjadi pada luka seperti kemerahan, bengkak, bernanah atau terasa nyeri yang berlebihan, jika tanda-tanda diatas tersebut dialami oleh anda segeralah anda konsultasi dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut, bila diperlukan mintalah untuk di suntik tetanus.
7. Pengobatan
 
Back
Top