ORANG TUA WAJIB TAU SOAL VAKSIN BCG

besthealth

New member
Imunisasi BCG adalah imunisasi untuk mencegah penyakit TB( tuberculosis). BCG singkatan dari BBacille Calmette-Guerin. 3 tahun sehingga didapatkan basil yang tidak virulen tetapi masih mempunyai imunogenitas(dapat merangsang timbulnya kekebalan tubuh).

Imunisasi merupakan salah satu upaya pencegahan penyakit dengan cara merangsang kekebalan tubuh dengan memberikan vaksin / atau kuman yang telah dilemahkan. Imunisasi BCG juga merupakan
Imunisasi BCG (Bacillus Calmette Guerin) Adalah Jenis Imunisasi dengan memberikan Vaksin BCG untuk mencegah penyakit Tuberculosis, Vaksin ini terbuat dari Mycobacterium Bovis atau baksil tuberculosis yang telah dilemahkan. dan Menurut penelitian kesehatan terbaru efeksifitas vaksin atau Manfaat dari vaksin BCG terbukti bisa memberikan antibody dan bisa mencegah resiko penyakit Tuberculosis sebanyak 85 % Selama lebih kurang 15 tahun.


Vaksin BCG adalah vaksin hidup yang dibuat dari Mycbacterium bovis yang dibiak berulang selama 1-Penyakit TB adalah penyakit yang disebabkan kuman Mycobacterium tuberculosis dan Mycobacterium bovis. Tuberkulosis paling sering mengenai paru-paru tetapi dapat juga mengenai organ – organ lainnya seperti selaput otak, tulang, kelenjar getah bening dan organ lain. Tuberculosis dapat diobati dengan obat anti tuberkulosis(OAT) yang diminum selama minimal 6 bulan. OAT ini tersedia gratis loh dipuskesmas se Indonesia. Walau OAT ini tersedia gratis, Indonesia masih merupakan salah satu negara dengan penderita TB terbanyak di dunia.

Menurut keterangan dari jadwal pemberian imunisasi terbaru IDAI, imunisasi BCG pada bayi optimal diberikan pada umur 2 sampai 3 bulan. Apabila vaksin ini diberikan setelah umur 3 bukan, maka perlu dilakukan uji tuberculin. Jika tuberculin praBCG tidak dimungkinkan, maka BCG bisa diberikan, akan tetapi harus dilakukan observasi dalam 7 hari. Jika ada reaksi lokal cepat di tempat suntikan (accelerated local), maka perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut (diagnostic TB).

Tujuan Imunisasi BCG

Tujuan atau manfaat imunisasi BCG (Basil Calmette Guerin) yaitu untuk mencegah bayi atau anak terserang dari penyakit TBC yang berat, seperti: meningitis TBC dan TBC milier. Ini dikarenakan bayi atau anak masih rentan terinfeksi Mycobacterium Tuberculosis penyebab penyakit TBC, akibat adanya kontak dengan penderita TBC yang ada di sekitarnya, seperti: orang tua, keluarga, pengasuh, dan lain sebagainya.

Lokasi Penyuntikan Imunisasi BCG

Menurut badan kesehatan WHO, lokasi penyuntikan imunisasi BCG sebaiknya di lengan kanan atas. Akan tetapi pada praktiknya di Indonesia, selain ada yang dilakukan di lengan kanan atas, adapula yang dilakukan di paha. Perbedaan lokasi penyuntikan ini seringkali dihubungkan dengan estetika, yang konon bisa merusak keindahan tubuh si kecil. Padahal, jika dilakukan di lengan kanan atas pun sebenarnya luka/bekas yang ditimbulkan pun tidak terlalu besar. Efek samping BCG umumnya juga tidak menimbulkan panas/demam.

Tanda Keberhasilan Vaksinasi BCG

Tanda keberhasilan imunisasi BCG dapat dilihat dengan munculnya benjolan kecil dan bernanah seperti bisul pada bagian yang disuntik. Akan tetapi jika kita lihat lebih seksama, benjolan atau bisul kecil itu mempunyai ciri yang khas dan berbeda dari bisul pada umumnya. Terlebih lagi, bisul bekas imunisasi BCG tersebut tidak menimbulkan sakit jika disentuh. Seiring dengan berjalannya waktu, benjolan tersebut akan mengempis dengan sendirinya dengan membentuk luka parut.

Sumber:
http://www.klinikvaksinasi.com/vaksin-bcg-hindari-penyakit-tbc-pada-anak-dengan-imunisasi-bcg/

http://krjogja.com/web/news/read/30998/Berikut_Daftar_Imunisasi_Wajib_Bayi
 
Back
Top