Di Balik Susahnya Kuliah Sambil Kerja, 7 Hal Manis Ini Yang Buat Kamu Tetap Bersyukur
 
Go Back   Home > Kuliah & Mahasiswa

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Di Balik Susahnya Kuliah Sambil Kerja, 7 Hal Manis Ini Yang Buat Kamu Tetap Bersyukur

Di Balik Susahnya Kuliah Sambil Kerja, 7 Hal Manis Ini Yang Buat Kamu Tetap Bersyukur
Tak semua orang bisa menjalani antara kuliah dan bekerja dalam waktu yang bersamaan. Konsekuensi yang tak pernah mudah membuat salah satunya kadang harus dikorbankan. Tapi meski begitu, kedua hal ini bukan tak mungkin bisa dilakukan bersama. Seperti kamu yang saat ini sedang berjuang menaklukan pekerjaan serta pendidikan di waktu yang bersamaan. Pasti banyak kesulitan yang kamu alami, tapi dibalik itu semua akan banyak hal manis yang akan kamu rasakan.
Barangkali, memang tidak mudah. Namun bukan berarti, tidak usah. (Lenang Manggala)
1. Semakin keras usaha kamu, makin besar pula hasil yang didapat. Kamu akan siap kerja begitu lulus kuliah

kamu siap kerja via indianexpress.com
Bekerja sambil kuliah, kalau dipikir-pikir pasti begitu berat rasanya. Lelah jangan ditanya lagi, karena apa yang kita lakukan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan teman-temanmu yang lainnya. Saat mahasiswa yang lain akan pulang ke tempat kosnya atau malah nongkrong bersama teman-teman selepas kuliah, berbeda dengan kamu yang langsung meluncur ke tempatmu bekerja. Rasanya dapat waktu istirahat sejam atau dua jam saja jadi waktu yang tak ternilai harganya untukmu.
Mungkin sekarang kamu hanya beranggapan bahwa yang akan kamu dapatkan hanyalah lembaran rupiah untuk menopang kehidupanmu selama ini. Tapi ternyata bekerja sambil kuliah punya manfaat yang lain, yaitu kamu sudah punya pengalaman kerja sebelum lulus kuliah. Memiliki pengalaman kerja sangat bermanfaat untukmu selepas lulus kuliah nanti, karena kamu yang sudah memiliki pengalaman jelas diutamakan oleh kantor atau perusahaan yang ingin kamu masuki nanti.
2. Terbiasa melakukan banyak hal sekaligus, kamu jadi lebih cekatan dan pandai mengatur waktu setiap harinya

pintar-pintar bagi waktu belajar dan kerja via www.bearcastmedia.com
Banyak kelebihan yang akan menyertaimu, seorang mahasiswa yang mau bekerja sambilan. Bukan hanya materi, menjadi lebih cekatan dan mampu membagi waktu juga jadi keuntungan yang akan kamu dapatkan. Bagaimana tidak, kamu harus sudah ada di tempat kerja tepat saat jam kuliahmu selesai. Mau tidak mau kamu harus bisa cepat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Tak hanya itu, bekerja tepat sasaran dan bisa kejar target membuatmu tak bisa bermalas-malasan setiap harinya. Tidak hanya diharuskan kerja cepat, namun kamu juga wajib kerja tepat.
Awalnya mungkin kamu merasa keteteran dan sulit membagi waktu. Selalu saja ada yang kamu korbankan. Namun seiring berjalannya waktu, kamu belajar untuk lebih bisa mengatur waktu. Seperti memadatkan jadwal sampai mengatur kesibukan secara mendetail.
3. Meski sering mengorbankan jam tidur untuk belajar dan kejar target, tapi kamu bisa menjadi pribadi yang lebih kuat secara mental dan fisik

Mengorbankan jam tidur via unsplash.com
Disaat teman-teman yang lain sudah terlelap dan mimpi indah, kamu yang memilih untuk bekerja sambil kuliah sering merelakan sebagian tidur malammu untuk menyicil sebagian tugas kuliah supaya tidak makin keteteran. Tak jarang pula, malam-malammu digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan supaya bisa kejar target.
Capek sih jelas, tapi setiap perjuangan memang harus ada yang dikorbankan. Seperti kamu yang harus mengorbankan sebagian tidur malammu. Di tengah tumpukan segala macam tuntutan dari pekerjaan mau pun kuliah, istirahat memang sebaiknya cukup, tapi bagaimana lagi bila itu jadi jalan satu-satunya?
Dibalik itu semua, kamu sedang membentuk dirimu menjadi seseorang yang tangguh bermental baja. Kamu memang akan ngantuk di dalam kelas saat kuliah, tapi kamu tak pernah mengabaikan segala tugas yang memang sudah jadi kewajiban. Nikmati saja, mumpung masih muda dan tenaga juga mumpuni.
Pemenang ialah kamu yang sudah mulai berlari di saat yang lain masih terbuai mimpi
4. Masa mudamu tidak dihabiskan untuk melakukan hal yang sia-sia. Bekerja sambil kuliah mengajarkanmu jadi pribadi yang mandiri

Jadi pribadi yang mandiri via unsplash.com
Segala kesulitan yang kamu hadapi sekarang, mau tak mau harus kamu hadapi sendiri. Karena bagi teman-temanmu yang lain, mungkin masa ini belum bisa mereka hadapi. Itulah mengapa, kebanyakan kamu harus mengandalkan diri kamu sendiri untuk mengatasi setiap kesulitan yang datang.
Tak heran, kamu pun secara tidak sadar ditempa menjadi pribadi yang makin mandiri. Tak ada lagi waktu untuk mengeluh dan malas-malasan. Selagi kamu bisa melakukannya kamu akan coba melakukannya sendiri.
5. Gaji yang kamu dapatkan memang tak seberapa banyaknya, namun hal itu membuatmu jadi lebih menghargai uang

lebih bisa menghargai uang via www.cnbc.com
Hidupmu saat ini selalu berkutat tentang kuliah dan kerja, hampir tidak ada yang namanya nongkrong atau main sepulang jam kuliah selesai. Beberapa teman mungkin akan memandangmu kuper, pelit, sampai ada yang mengatakan bahwa kamu kurang piknik. Tapi memang pelit selagi muda itu perlu, apalagi kini kamu tengah berusaha membiayai hidupmu sendiri, kamu jadi makin paham betapa susahnya cari uang setiap hari. Kini, tiap ingin membeli sesuatu atau sekadar makan di restoran mahal kamu pasti akan berpikir ulang, karena selalu terbayang perjuanganmu selama sebulan demi lembaran rupiah yang disebut gaji.
Gajimu memang tidak banyak, tapi kamu bisa mendapatkannya karena hasil jerih payah yang kamu lakukan sendiri. Tanpa perlu meminta ke orangtua. Kamu jadi paham makna kerja keras yang sebenarnya. Sehingga untuk menghambur-hamburkan uang yang sudah susah payah kamu dapatkan, kamu pun akan berpikir ulang.
6. Kamu memang hampir tak punya waktu untuk bersenang-senang, tapi bekerja mengajarkan kamu tentang bekerja sama dengan lebih banyak orang

pergaulanmu lebih luas via www.huffingtonpost.com
Kuliah sambil bekerja hingga kadang tak punya waktu untuk sekadar nongkrong bersama teman di cafe adalah salah satu konsekuensi yang harus kamu terima. Awalnya memang terasa berat, namun sadarkah kamu bahwa saat ini kamu sedang selangkah lebih maju dibandingkan teman-teman kamu yang lainnya.
Dari kesibukanmu ini, kamu sedang dilatih bekerja sama dengan banyak orang ketika berada di tempat kerja. Kamu tidak hanya bekerja dalam lingkup kecil seperti kelompok belajar, tapi kamu berada di sebuah kelompok besar yang tak lain adalah struktur organisasi di kantor yang bertanggung jawab pada hal-hal tertentu. Tak sekadar bekerja sama, kamu juga jadi belajar memahami berbagai karakter orang lain. Hal ini tentunya membuat kamu lebih peka terhadap orang lain. Dan tak menutup kemungkinan pergaulanmu akan lebih luas.
7. Bersyukurlah sekalipun tak mudah. Bekerja sambil kuliah membuatmu lebih dewasa dan matang dengan sendirinya

kamu pun jadi lebih dewasa dan matang via www.studentfinanceguides.com
Seberat apapun kesulitan yang menghadang saat kamu kuliah sambil bekerja, kamu hanya perlu terus bersyukur. Secara tak sadar kamu sedang menjalai proses pendewasaan dengan sendirinya. Karena tidak semua orang mampu melakukan apa yang sedang kamu lakukan. Percayalah, kamu patut berbangga dengan dirimu sendiri.
Perlu lebih dari sekadar lautan untuk membuatmu tenggelam dan butuh lebih dari rasa lelah untuk membuatmu tumbang. Perjuanganmu, akan menghasilkan sesuatu nan lebih berkesan.
Bersabarlah menjalani hidupmu saat ini, kamu hanya perlu percaya bahwa suatu saat kamu akan memetik buah yang manis dari segala pengorbananmu saat ini. Walau tidak mudah, kamu patut yakin kalau kamu pasti bisa.

https://www.upstation.id/2017/05/15/...tap-bersyukur/
sukijah sukijah is offline
City Level

Post: 194
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Di Balik Susahnya Kuliah Sambil Kerja, 7 Hal Manis Ini Yang Buat Kamu Tetap Bersyukur

kuliah sambil kerja itu jangan merasa sedih atau susah gan, malah yang ada harusnya kita merasa bangga gan, karena secara daya juang hidup, mahasiswa yang kuliah sambil kerja itu memiliki nilai unggul gan, belum lagi kemajuan atau pola pikir yang semakin matang dan dewasa gan,, tapi tetap ingat gan, harus bisa profesional, bagi waktu, jangan smp tertinggal kuliahnya,
ibamfx
ibamfx ibamfx is offline
National Level

Post: 756
 
Reputasi: 17

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Panduan Keuangan Buat Yang Baru Lulus Kuliah Tapi Belum Kerja sukijah Kuliah & Mahasiswa 2
10 Hal Wajib yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Kuliah tukangkayu69 Kuliah & Mahasiswa 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.