6 Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Diisi Ulang

ckhldh

New member
Smartphone yang terus-menerus digunakan untuk kerja, chatting, dan main game pasti akan cepat habis baterainya. Bahkan walau smartphone kamu dibekali baterai besar sekalipun, pasti pernah mengalami kehabisan baterai dan harus diisi ulang.
Jika kamu sudah menggunakan smartphone terlalu lama, pasti ada saja masalahnya. Salah satu yang sering terjadi adalah gejala smartphone yang tidak bisa di-charge. Tapi tenang, JalanTikus ada solusi untuk mengatasinya.
Solusi Baterai Smartphone yang Tidak Bisa Di-charge

Siapa yang tidak kesal jika smartphone habis baterai, eh pas mau diisi ulang malah nggak bisa. Nah, jika kamu mengalami hal ini, silakan lakukan langkah-langkah berikut:

1. Restart Smartphone

solusi-baterai-smartphone-tida-bisa-dicas
Langkah awal yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan restart smartphone. Cara ini efektif untuk membersihkan cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin smartphone kamu tidak bisa di-charge gara-gara RAM sesak.

2. Kalibrasi Baterai

Udah di-restart, tapi ternyata malah baterainya bertambah setelah restart? Berarti baterai meter smartphone kamu error. Untuk mengatasinya, silakan lakukan kalibrasi baterai.
solusi-baterai-smartphone-tida-bisa-dicas-2
Dengan melakukan kalibrasi baterai, maka kamu akan menstimulasi baterai agar kembali ke siklus awalnya. Serta di saat yang bersamaan juga bisa digunakan untuk me-reset baterai meter smartphone yang error.
[bacaspesia]cara-kalibrasi-baterai-hp-android-tanpa-root,Kalibrasi Baterai Smartphone Android Tanpa Root[/bacaspesial]

3. Cek Adapter Charger

solusi-baterai-smartphone-tida-bisa-dicas-3
Jika kamu sering menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone, pasti pernah mengalami kasus baterai tidak bisa di-charge. Untuk mengatasinya, coba gunakan adapter charger smartphone bawaan. Jika ternyata gagal, coba untuk mengganti adapter charger smartphone kamu dengan yang Ampere-nya lebih besar.

4. Cek Port USB di Smartphone
solusi-baterai-smartphone-tida-bisa-dicas-4
Debu yang menumpuk atau posisi port USB yang longgar juga bisa menjadi penyebab smartphone tidak bisa diisi ulang. Solusinya, silakan coba tiup port USB smartphone. Kamu juga bisa mendorongnya menggunakan tusuk gigi atau lidi untuk mengembalikan posisi port USB ke semula jika longgar.

5. Sumber Daya

Pastikan sumber daya yang digunakan untuk mengisi smartphone kamu memang memadai. Jika ternyata lebih rendah daripada angka yang tertera di adapter, wajar jika smartphone tidak bisa di-charge.
solusi-baterai-smartphone-tida-bisa-dicas-5
Mengisi ulang smartphone dengan sumber daya yang rendah akan membuat baterai smartphone cepat rusak. Makanya, kurang-kurangin ngisi ulang smartphone lewat laptop atau komputer ya.

6. Gunakan Dekstop Charger
solusi-baterai-smartphone-tida-bisa-dicas-6
Sudah pasti adapter charger atau port USB smartphone kamu yang bermasalah? Maka salah satu solusi yang bisa kamu coba adalah dengan membeli desktop charger. Charger ini akan bisa kamu gunakan sebagai alternatif charger bawaan kalau kamu menggunakan smartphone yang baterainya bisa dilepas.

Sudah coba 6 cara mengatasi baterai tidak bisa di-charge di atas tapi tidak ada hasilnya? Mungkin memang sudah saatnya kamu harus beli smartphone baru. Nggak usah bingung mau beli smartphone apa, di JalanTikus bisa kamu temukan banyak daftar smartphone terbaik dengan harga terjangkau.

https://www.upstation.id/2017/05/27/6-cara-mengatasi-smartphone-yang-tidak-bisa-diisi-ulang/
 
Back
Top