Sepatu Safety Berkualitas Baiknya Dipilih dengan Menimbang 4 Hal Berikut!

nblsykb

New member
Para pekerja lapangan misalnya tukang bangunan ataupun pekerja tambang tentu punya resiko kecelakaan kerja yang tinggi maka wajib memakai sepatu safety. Sepatu keamanan atau safety ini memang menjadi satu diantara sekian atribut wajib dipakai karyawan lapangan. Usahakan untuk mematuhi aturan yang telah dibuat perusahaan sebab aturan berkaitan dengan atribut pelindung ini adalah demi kebaikan Anda sendiri. Penting sekali memakai sepatu keamanan ini, maka hindari membeli produk tiruan dengan kualitas rendah.

Baiknya Memilih yang Berkualitas

Sepatu keamanan mampu memberikan perlindungan ekstra yang membuatnya perlu dipilih dengan jeli agar tidak tertipu produk rendahan. Menentukan kualitasnya terbilang lumayan mudah dengan memperhatikan detail berikut:

1. Perhatikan jenis dan kualitas bahan sepatu,
Kualitas sepatu keamanan paling mudah dilirik melalui jenis bahan yang dipakai, pastikan bukan bahan sintetis. Selain itu penting pula memastikan di bagian atas sepatu diberi pelindung berbahan logam untuk membantu menghindari kecelakaan di kaki.

2. Desain sepatu,
Mayoritas sepatu jenis safety ini didesain menyerupai sepatu casual, dan memakai tali jarang dijumpai memakai velcro atau perekat. Beberapa didesain dengan potongan panjang sehingga bisa memberi perlindungan sampai betis. Ada pula yang sengaja dibuat berpotongan pendek sehingga hanya mampu melindungi mata kaki. Perhatikan desain yang pas dengan kondisi di tempat kerja supaya tepat guna. Misalnya saja Anda bekerja di lingkungan sarat bahan kimia maka lebih aman memakai sepatu berpotongan tinggi.

3. Kualitas jahitan sepatu,
Sepatu yang bagus tentu akan dijahit dengan kualitas tertinggi sehingga mampu menyediakan alas kaki yang memiliki fungsi lebih. Selain sedap dipandang tentunya juga semakin nyaman dan tahan lama, maka ketika memilih sepatu safety cek pula kualitas jahitannya. Sepatu biasanya mudah sekali rusak di bagian bawah sehingga banyak orang menambahkan sol sendiri agar tidak mudah sobek. Supaya sepatu keamanan ini bisa dipakai untuk waktu yang lebih lama pilih yang jahitannya bagus.

4. Kenyamanan ketika melekat di kaki,
Meskipun sepatu ini bukan untuk bergaya dan hanya bisa dipakai di lokasi kerja bukan berarti mengabaikan kenyamanan. Sebab bisa jadi Anda perlu berdiri lama dan berjalan berulang kali memeriksa kondisi tempat kerja. Maka dengan sepatu yang tidak nyaman sama sekali akan membuat kaki mudah lelah tentu kurang menguntungkan. Dianjurkan mencoba sepatu yang hendak dibeli dan pastikan memang terasa nyaman membalut kaki agar perlindungannya optimal.

Keuntungan Lebih Memakai Sepatu Jenis Safety

Dilihat dari namanya saja kita tentu sudah tahu bahwa sepatu ini punya fungsi untuk melindungi mata kaki. Pemakainya bisa membantu menangkis kemungkinan kaki tersandung, terkena pecahan kaca atau benda tajam, bahkan tersiram oleh zat kimia berbahaya. Semakin tinggi resiko di tempat kerja maka keamanan semakin diperketat sehingga seluruh karyawan perlu memakai perlengkapan keamanan, termasuk sepatu jenis safety ini. beberapa perusahaan menyediakan sepatu jenis ini untuk dipakai langsung oleh karyawannya namun ada yang tidak.

Apabila perusahaan Anda menuntut karyawan membeli sendiri maka pertimbangkan memilih yang paling bagus. Sebab kualitas terbaik akan memberikan perlindungan yang lebih baik pula sehingga merasa aman dan nyaman di tempat kerja. Kualitas hasil pekerjaan pun bisa dibanggakan karena rasa aman yang diberikan sepasang sepatu jenis safety ini. Meski harganya lumayan mahal namun perlu dipertimbangkan dan diprioritaskan, sebab jika kecelakaan terjadi biaya yang dikeluarkan jauh lebih mahal dibanding harga sepatu safety tersebut.
 
Back
Top