Jenis – Jenis Komputer (PC)
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMA/SMK/MA Kelas 12 & UN/UNAS

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[TIK] Jenis – Jenis Komputer (PC)

Jenis – Jenis Komputer (PC) Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Jenis Jenis Komputer, Semoga ilmunya dapat bermanfaat. Langsung saja ya.

Dilihat dari beberapa hal, computer mempunyai kelompok tersendiri dalam pembagian macamnya. Ada computer yang digolongkan berdasarkan generasi, cara kerja, pemakaian, kapasitas memori serta berdasarkan ukuran fisik. Berikut ini penjelasan secara singkat:

Computer berdasarkan data yang diolah

Computer analog

Computer analog adalah computer yang bekerja secara kontinu, dipakai untuk menerima sinyal analog yang sifatnya kontinu berupa gelombang dan tidak berupa angka serta tidak membutuhkan bahasa penghubung. Computer ini dipakai untuk mempresentasikan sebuah kondisi. Misalnya seismograf yang merekam gelombang yang menyebar dibawah permukaan bumi secara kontinu.

Computer digital

Computer digital adalah computer yang menerima data digital yang berupa angka atau huruf. Fungsinya untuk memproses data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan sebagainya. Computer digital umumnya dipakai pada aplikasi usaha serta aplikasi tehnik.

Computer hybrid

Computer bentuk ini bisa menerima serta memproses data secara kuantitatif ataupun kualitatif. Computer hybrid dapat pula dikatakan paduan dari computer analog serta digital. Computer bentuk ini dipakai dirumah sakit serta dipakai untuk mengecek kondisi tubuh pasien yang menghasilkan analisis dalam waktu singkat.

Jenis – Jenis Komputer
Computer berdasarkan pemakaiannya

Computer untuk tujuan khusus (Special Purpose Computer)

Computer ini didesain untuk merampungkan sebuah permasalahan khusus atau satu permasalahan saja. Komputernya bisa berbentuk digital ataupun analog. Sekali special purpose computer udah diprogram untuk permasalahan yang khusus tidak dapat lagi dipakai untuk beberapa hal lainnya tanpa dirubah lagi. Misalnya SPC dipakai untuk simulasi hubungan system partikel.

Computer untuk tujuan umum (General Purpose Computer)

Computer ini didesain untuk pemecahan beberapa hal untuk kepentingan umum, bisa dipakai program yang tidak sama dalam satu computer. Misalnya personal computer.

Computer berdasarkan kapasitas memori serta ukurannya

Ukuran dari computer diperlihatkan oleh kemampuannya dalam memproses data seperti kapasitas main memory, konfigurasi dari operand regiter, kecepatan mengolahnya, jumlah dan jenis alat-alat input serta outputnya, serta ukuran fisik computer dan ruangan yang diperlukan.

Computer mikro (Micro computer)

Computer dengan mikroprosesor sebagai pusat pengendali intinya. Computer ini terutama dipakai untuk single user dapat pula disebut juga dengan computer dekstop atau personal computer. Ukuran computer mikro memorinya berkisar 16 MB hingga lebih dari 128 MB. Pemakai yang amat popular pada tempat tinggal atau untuk menjalankan aplikasi usaha.

Computer mini (Mini computer)

Computer mini bisa bersifat multi user mempunyai beberapa terminal yang bisa dipakai berbarengan dengan banyak pengguna lain. Computer mini adalah computer pertama yang diaplikasikan pada aplikasi pengendalian proses produksi, penelitian laboratorium serta komunikasi data.

Computer kecil (Small computer)

Computer kecil disebut juga dengan small-scale mainframe computer, rata-rata memakai system multi programming, multi process serta virtual storage dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan.

Computer menengah (Middle computer)

Computer menengah disebut juga dengan medium-scale mainframe computer. Umumnya computer menengah dipakai untuk komunikasi data dengan ratusan terminal yang terpisah dari pusat computer. Pusatnya memakai computer menengah serta terminalnya memakai mini computer atau mikro yang diosebut aplikasi konsep Distribusi Data Processing (DDP), yakni terminal tidak hanya bisa berhubungan dengan computer pusat, namun bisa pula berdiri sendiri.



Computer besar (Large computer)

Computer ini disebut juga dengan mainframe computer atau large scale mainframe computer lantaran bentuk fisiknya besar seperti lemari. Computer mainframe memiliki kecepatan hingga 400 MIPS. Perusahaan-perusahaan besarlah yang kerapkali memakainya. Ratusan pemakai bisa menjalankan komputernya dalam waktu bersamaan.

Computer super (Supercomputer)

Computer ini disebut juga dengan parallel processor serta adalah computer yang powerfull atau amat mengagumkan. Aplikasi yang dipakai umumnya lebih condong untuk penelitian ilmiah. Computer ini umumnya mempunyai beberapa processor sekaligus secara paralel untuk menjalankan tugasnya. Biasanya dipakai untuk pemrosesan data besar, seperti sensus, statistikkonsumen serta industri, Enterprise Resource Planning, risel ilmiah.

Computer berdasarkan bentuk serta ukuran fisik.

Tower (menara)

Umumnya ditempatkan disamping atau di bawah meja, lantaran ukurannya besar hingga memenuhi meja. Computer ini umumnya banyak mempunyai ruang di dalamnya serta banyak mempunyai expansion slot (tempat card pelengkap).

Dekstop (meja)

Computer yang ukuran sedikit lebih kecil dari tower namun umumnya ditempatkan di atas meja. Harga nya yang murah memungkinkan banyak orang memakainya di banding computer bentuk lain.

Portable

Computer ini sedikit lebih kecil dari Dekstop, lantaran baian-baiannya bisa dirangkai jadi satu kotak saja, hingga gampang dibawa kemana saja. Computer ini ditujukan untuk pemakai yang kerapkali bertugas di lapangan. Computer ini tidak popular karena relatif besar serta berat.

Notebook

Computer dengan ukuran sebesar buku. Tebalnya kisaran 1 sampai 1 setengah inci serta beratnya antara 4 hingga 6.

Subnotebook

Ukuran laptop ini dipertengahan antara notebook dengan palmlaptop. Ukurannya sedikit lebih kecil dari notebook lantaran ada perangkat yang tidak dipunyai oleh sub notebook yakni disk drive.

Palmtop

Computer genggam satu ini amat kecil serta kerapkali disebut dengan handheld computer. Computer ini tidak membutuhkan aliran listrik tetapi baterai kecil umum. Kekurangannya yaitu sangat kecil sampai-sampai menyulitkan pemakai

Bersumber pada perkembangan hardware

Generasi pertama (Colossus, MarkI, ENIAC, EDVAC, UNIVAC I)
Generasi kedua (Strech and LARC)
Generasi ketiga (memakai transistor)
Generasi ke empat (memakai IC)
Generasi kelima
Bersumber pada perkembangan software

Era Pioner

Pada era ini, perangkat lunak satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Pemakaian computer dilakukan secara langsung serta hasil yang selesai dikerjakan computer berupa print out. Misalnya ENIAC.

Era Stabil

Pada era ini di kenal system basis data yang memisahkan antara program dengan data.

Era Mikro

Perangkat lunak udah dapat dibedakan jadi perangkat lunak system yang bertugas mengatasi internal serta perangkat lunak aplikasi yang dipakai secara langsung oleh pemakainya untuk kepentingan tertentu.

Era Modern

Tidak cuma computer, perlengkapan yang lain sampai mesin cuci serta microwave sudah ditanamkan system perangkat lunak untuk mengatur pengoperasiannya. Tingkat kecerdasan dari perangkat lunak juga diperlihatkan oleh perangkat lunak yang makin banyak serta mulai dapat mengetahui suara serta gambar.
alfinfafaz1 alfinfafaz1 is offline
Village Level

Post: 64
 
Reputasi: 1

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Jenis – Jenis Komputer (PC)

jaman sekarang tablet yah
jakartawebhosting.com jakartawebhosting.com is offline
National Level

Post: 673
 
Reputasi: 10

__________________
jakartawebhosting.com - windows hosting indonesia
021-5890 8175 , 24/7/365 Support





Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Jenis – Jenis Komputer (PC)

mumet lagi mikirnya, punya komputer narohnya diatas awan(kelud komputer)... mau main game mesti nunggu pesawat lewat, naik trus bilang ke paksopirnya turun di warnet ya paaaakk...
cxixixixi
n1ngs1h
n1ngs1h n1ngs1h is offline
Continent Level

Post: 3.957
 
Reputasi: 485

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.