Demi Makan Enak Pas Puasa, Anak Kost-An Nggak Akan Ngelewatin 7 Usaha Unik Ini!
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Demi Makan Enak Pas Puasa, Anak Kost-An Nggak Akan Ngelewatin 7 Usaha Unik Ini!

Bulan Ramadan menyimpan tradisi dan keunikan tersendiri bagi umat Muslim sehingga kehadirannya pun begitu dinantikan. Banyak orang yang sudah mempersiapkan niat baik jasmani maupun rohani untuk menyambut bulan puasa ini biar bisa kuat dan tabah menjalani segala ujian. Termasuk juga anak kost, yang memiliki persiapan khusus untuk menghadapi bulan puasa di kota rantau.
Seperti yang kamu ketahui, anak kost dipaksa hidup mandiri dan mempersiapkan segalanya sendiri karena jauh dari orang tua. Kebanyakan anak kost mengartikan semua bulan di dalam kalender adalah bulan puasa. Menahan makan, minum dan membeli barang-barang yang dinginkan. Ini adalah alternatif terbaik untuk mengurangi pengeluaran uang bagi mereka. Belum lagi mereka yang kampung halamannya nun jauh di sana, pastinya perlu menyisihkan biaya yang nggak sedikit demi bisa mudik saat lebaran tiba.

Untungnya, anak kost punya strategi agar mereka bisa makan enak pun berhemat di tengah ibadah puasa yang mereka jalani. Penasaran seperti apa? Yuk, simak bersama!
1. Demi buka puasa berlauk enak, kamu rela bertolak sejak sore buat standby di masjid yang ngasih takjil gratis

Beberapa masjid memang menyediakan menu istimewa plus takjil yang nggak biasa untuk menu berbuka puasa. Memanfaatkan momen ini, kamu pun rela survei masjid-masjid mana yang kerap menyediakan menu berbuka dan takjil gratisan buat para jemaahnya. Cara ini memang dirasa paling ampuh untuk bisa hemat maksimal hingga akhir bulan. Alih-alih ingin jelajah masjid buat ibadah, padahal alasan sebenarnya adalah untuk berbuka puasa gratis sehingga bisa mengurangi pengeluaran. Hayoo ngaku, jangan-jangan kamu juga sering memakai trik ini, ya?

2. Sering-sering cek kalender di Facebook buat ngucapin ulang tahun temanmu, siapa tahu ditraktir buka bersama, ‘kan?

Mengecek notifikasi dan kalender di Facebook jadi kegiatan rutinmu selama puasa. Siapa tahu ada teman kampus atau rekan kerjamu yang lagi berulang tahun. Selain biar update, hal ini juga kamu lakukan dalam rangka mencari traktiran. Makanya, kamu nggak pernah ketinggalan buat ngucapin selamat dan melontarkan doa-doa serta harapan setiap kali ada temanmu yang berulang tahun. Syukur-syukur ditawarin buat ikut buka bersama gratis alias traktiran. ‘Kan lumayan~

3. Ngabuburit dengan berkeliling kota mencari takjil gratis yang biasanya kerap dibagikan di persimpangan jalan

Jika kamu berpikir bahwa ngabuburit itu harus selalu berdompet tebal dan membeli makanan mahal, kamu keliru. Coba tilik gaya anak kost yang ngabuburit tanpa harus bawa banyak duit. Mereka asyik saja berkeliling kota sejak sore, tak lupa juga untuk melintasi persimpangan jalan-jalan besar dan traffic light. Kenapa? Yup, di sanalah biasanya terdapat hamba Tuhan yang baik, membagikan takjil gratis buat para pengguna jalan untuk sekadar membatalkan puasanya. Nah, kesempatan ini pun nggak disia-siakan anak kost untuk bisa berbuka puasa gratisan. Alhasil, saat bedug tiba, kamu sudah mengantongi beberapa bungkusan takjil dan makanan kecil untuk bisa disantap sebagai menu berbuka deh~

4. Biar nggak bosan, kamu sengaja menyiapkan stok mi instan berbagai rasa untuk menemani waktu sahurmu

Bagi anak kost, makan sahur biasanya kerap dilewatkan begitu saja. Bukan apa-apa, tapi karena malas menyiapkan makanan dan harus makan di pagi-pagi buta, ngantuk banget pula. Tapi kalau nggak makan sahur, khawatir bakal lemas seharian. Solusinya, kamu sengaja menyiapkan stok mi instan buat menu makan sahur praktis yang mudah dibuatnya. Nah, biar nggak bosan, nggak tanggung-tanggung kamu pun menyediakan mi instan dalam berbagai rasa. Tinggal berdoa saja semoga nggak kena tipus deh, ya~

5. Alih-alih menanyakan materi ujian sembari silaturahmi, kamu nongkrongin rumah teman menjelang jam berbuka. Biar diajak buka bareng sama orang tuanya~

Saat bingung harus berbuat apa saat menjelang berbuka, tiba-tiba kamu teringat dengan si A yang rumahnya nggak jauh dari kost. Lantas kamu segera menghubunginya, memastikan jika ia berada di rumah dan nggak pergi kemana-mana. Kamu pun berangkat menuju rumahnya dengan membawa beberapa materi ujian dari dosen. Nggak apa-apa ‘kan diskusi soal ujian, sambil silaturahmi ke rumah teman. Saat memasuki waktu berbuka, yakin deh kamu bakal ditawarin buka puasa bareng sama orang tua temanmu itu. Ngirit lagi, ‘kan?

6. Ikut berbuka bersama di acara pengajian atau kegiatan sosial, keluar bujet dikit nggak masalah yang penting sajiannya maksimal

ikut Nggak hanya di masjid yang bisa dijadikan tujuan berbuka puasa gratis, acara pengajian atau acara-acara sosial juga kerap menyediakan menu berbuka. Kamu pun nggak segan-segan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan seperti mengaji bersama ataupun ikut serta di acara charity. Nggak jarang, acara-acara semacam ini juga menyediakan menu untuk berbuka puasa. Memang sih nggak sepenuhnya gratis, kamu juga perlu menyisihkan sedikit biaya untuk membantu kelancaran acara tersebut. Tapi nggak masalah, selain tujuannya mencari buka puasa gratisan, kamu juga bisa sekalian ibadah, ‘kan?

7. Atau, kamu lebih memilih untuk pulang kampung biar momen puasamu nggak ngenes-ngenes amat


Saat anak kost sudah hilang akal untuk menghemat pengeluaran di bulan puasa, biasanya mereka akan mengambil pilihan terakhir. Pulang kampung atau mudik. Tempat dimana kebutuhan jasmanimu bakal terjamin. Makan sahur ada yang membangunkan, buka puasa pun ada yang menyiapkan. Berada di tengah-tengah keluarga memang nikmat yang tiada duanya.

Nah, biar puasamu lebih semangat lagi, yuk cari tahu info unik dan inspirasi Ramadan lainnya di 1001 Inspirasi Ramadan-nya Unilever ini. Nggak melulu soal puasa, ada banyak tips dan trivia tentang cerita-cerita puasa, Ramadan, dan lebaran yang bikin kamu makin paham dan bisa memaknai hidup dari sudut pandang yang lebih baik dan menginspirasi. Semoga puasamu langgeng sampai lebaran, ya!
Jadi anak kost memang nggak mudah, perlu perjuangan buat bisa bertahan hidup dengan isi kantong yang seadanya. Apalagi pas bulan puasa, dimana justru lebih banyak pengeluaran dibanding bulan-bulan biasanya. Tapi, memang cuma anak kost yang punya cara uniknya sendiri buat memenuhi kewajiban di bulan Puasa. Jadi tertawa sendiri kalau diingat-ingat. Hehehehe.

https://www.upstation.id/2017/06/07/...saha-unik-ini/
ckhldh ckhldh is offline
Village Level

Post: 29
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
kenapa buka kulit kacang + makan kacang rasanya lebih enak, dibanding makan kacang yang udah dibukain orang lain/pabrik? tiaseptiani Memasak & Makanan 2
kalau makan Indomie suka campur nasi nggak? likeMike Memasak & Makanan 9


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.