Seberapa Penting Zakat Fitrah Dalam Kehidupan Kita?
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Seberapa Penting Zakat Fitrah Dalam Kehidupan Kita?

Seberapa Penting Zakat Fitrah Dalam Kehidupan Kita?
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Serbaholic,
Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk kita sebagai muslimin dan muslimat memanfaatkan bulan ini menjadi bulan yang penuh berkah, dimana kita bisa melakukan salah satu kewajiban kita sebagai umat muslim yaitu beramal atau menyalurkan Zakat Fitrah.
Serbaholic, kalian yang berkeyakinan Islam pasti sudah pada tau kan salah satu kewajiban seorang muslim yang dilakukan saat menjelang hari raya Idul Fitri? Yup, Zakat Fitrah. Setiap umat muslim diwajibkan memberikan sedekah dari rezeki yang dikaruniakan oleh Allah.
Nah, kira-kira sebenarnya seberapa pentingnya kah Zakat Fitrah dalam kehidupan kita sehari-hari dan juga untuk diri kita sendiri? Disimak baik-baik yah Serbaholic, karena mimin akan membahasnya nih.
1. Membersihkan Harta
Salah satu dari manfaat Zakat Fitrah adalah membersihkan dari berbagai perbuatan buruk dan kesalahan sehingga seorang yang berpuasa dapat meraih kesempurnaan pahala puasanya.
2. Membantu Orang Miskin
Memberi makan kepada orang miskin, sehingga mereka juga merasakan kegembiraan di Hari Raya sebagaimana yang dirasakan oleh orang yang lebih mampu.
3. Menumbuhkan Akhlak Mulia
Manfaat Zakat Fitrah yang lainnya juga sebagai perwujudan keimanan kepada Allah SWT, mensyukuri nikmat-Nya menumbuhkan akhlak mulia dengan rasa kemanusiaan yang tingi, menghilangkan sifat kikir, rakus, dan materialis.
4. Memberikan Ketenangan
Setelah menunaikan Zakat Fitrah, diri kita masing-masing juga akan merasa lebih tenang, tidak ada beban, dan secara kondisi sudah merasakan tenang karena sudah menjalani tanggung jawab dan kewajiban yang ada.
5. Menghilangkan Sifat Negatif
Ketika kita menunaikan Zakat Fitrah, selain warga miskin dapat terpenuhi kebutuhannya karena bantuan kita, kita yang menjalankan kewajiban ini juga akan terhindar dari bahaya kekufuran, sekaligus menghilangkan sifat iri, dengki yang mungkin timbul dari kalangan mereka, ketika kita melihat orang kaya yang memiliki harta cukup banyak. Inilah manfaat Zakar Fitrah yang tidak banyak orang sadari.
6. Sebagai Bentuk Jaminan Sosial
Selain sebagai pilar amal bersama, zakat juga merupakan salah satu bentuk konkret dari jaminan sosial yang disyariatkan oleh ajaran Islam, Melalui syariat Zakat, kehidupan orang-orang fakir, miskin dan orang-orang yang menderita lainnya, akan terperhatikan dengan baik.
7. Membiasakan Disiplin
Ketika kita membayar Zakat Fitrah, terutama dalam pembayaran Zakat Fitrah disini ada batas waktunya, hal inilah yang membuat kita secara pribadi ketika hendak menjalankan Zakat Fitrah harus sesuai dan tepat pada waktunya, jadi ketika kita sebagai umat muslim mampu menunaikan Zakat Fitrah di waktu dan tiap tahun sesuai dengan kewajiban, maka kita juga melatih diri kita untuk lebih disiplin.
8. Menumbuhkan Sikap saling Tolong-menolong
Pada aspek ini, ketika seseorang memberikan Zakat Fitrah kepada warga miskin, tentunya tak secara langsung mereka orang kaya atau para umat muslim yang mampu membantu warga miskin yang membutuhkan. Sikap seperti inilah yang disebut tolong menolong.
9. Mencegah Bencana yang Merugikan
Diketahui, Hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam yang berbunyi :”Tidaklah suatu kaum enggan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka, melainkan mereka akan dicegah dari mendapatkan hujan dari langit. Sekiranya bukan karena binatang-binatang ternak, niscaya mereka tidak diberi hujan.” (HR. Ibnu Majah).
Source: http://manfaat.co.id/manfaat-zakat-fitrah
Khusus untuk kalian yang sibuk tetapi ingin melakukan donasi dengan cara yang modern, simple, dan gak butuh waktu lama. Hmm mimin punya solusinya nih.
Sekarang kamu bisa menyalurkan Infaq, Zakat dan juga Qurban melalui serbaPay.
Karena serbaPay sekarang sudah melakukan kerja sama dengan Rumah Zakat, maka lebih memudahkan Serbaholic yang ingin melakukan donasi.
Mudahkan? Yup, mudah dan pastinya menyenangkan bisa berbuat amal apalagi dengan cara yang sangat mudah.
Untuk kamu yang ingin beramal dan berdonasi tetapi masih bingung caranya gimana? Nih mimin kasih tau, Cekidot…
1. Setelah login, masuk ke dalam www.serbapay.com/features/utilities dan pilih Rumah Zakat.
2. Terdapat 3 pilihan, yaitu: Zakat, Infaq, Qurban. Kamu bisa memilih salah satunya. Bila kamu sudah memilih, klik lanjut.
3. Masukkan jumlah nominal yang ingin kamu sumbangkan, lalu masukkan pin dan klik Menyumbang.
4. Donasi kamu berhasil tersalurkan ke Rumah Zakat.
sukijah sukijah is offline
City Level

Post: 181
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
n1ngs1h, sukijah
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
bayar zakat fitrah cumprit Islam 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.