Kurangi Konsumsi Makanan Bersantan Dari Sekarang
 
Go Back   Home > Memasak & Makanan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kurangi Konsumsi Makanan Bersantan Dari Sekarang

Perasan Santan, merupakan salah satu jenis bahan makanan yang paling popular di Indonesia. Santan biasa di gunakan dalam hidangan-hidangan utama dalam jamuan makan. Mengapa santan? Dengan menggunakan bahan air perasan kelapa ini, rasa makanan bisa menjadi lebih guris dan kuahnya lebih kental. Beberapa jenis makanan utama yang menggunakan santan seperti Opor, rending, gulai,dll merupakan salah satu bukti bahwa makanan di Indonesia memang sangat mempunyai cita rasa yang menarik.


Sayangnya walau perasan santan sangat popular di kalangan pecinta kuliner, tetapi faktanya santan di percaya mempunyai bahaya bagi kesehatan anda. Salah satu yang membuat santan menjadi bahan makanan yang berbahaya adalah kandungan Lemak Jenuh di dalamnya. Santan sendiri di dapat dari hasil perahan air kelapa yang di peras menggunakan mesin pemeras santan. Rasa awal dari air santan sendiri di dominasi oleh rasa Gurih, namun terkadang ada sedikit rasa manis..

Air santan sendiri di percaya mengandung asam laurat, antimiroba dan asam kaprat yang berfungsi besar sebagai anti bakteri dan anti virus paling mujarab bagi tubuh. Fungsi-fungsi ini juga mempunyai peran dalam menangkal berbagai jenis penyakit seperti Virus Herpes, Flu hingga konon katanya bisa menangkal HIV. Oke setelah kita mengetahui khasiat dan manfaat dari air santan, selanjutnya kita akan mengenal sedikit lebih dekat bahaya dari air santan.

Banyak sumber dan literature yang menyatakan bahwasanya air santan mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Kandungan lemak jenuh ini sangat berpotensi membuat tubuh kita menjadi lebih cepat gemuk bahkan obesitas. Kandungan lemak jenuh pada air santan sendiri di percaya lebih tinggi dari susu sapi murni. Namun, perlu diingat bahwa jenis lemak jenuh pada santan adalah trigliserida rantai-sedang, bukan trigliserida rantai-panjang.

Trigliserida rantai-sedang memiliki struktur molekul yang sederhana, yang berarti lemak jenuh ini mudah larut dalam air. Lemak ini juga lebih mudah untuk berpindah dari usus kecil menuju hati sehingga bisa lebih cepat menghasilkan energi. Karena lemak ini langsung dibakar menjadi energi, hanya sedikit lemak yang akan tersisa dan menumpuk di jaringan lemak. Lemak jenis ini juga bisa mempercepat metabolisme tubuh.

Kandungan lemak dalam santan bisa dibilang sangat beresiko pada penderita penyakit jantung coroner, oleh karenanya penghidap penyakit jantung tidak di anjurkan mengkonsumsi kuah santan dalam jumlah yang banyak.

Selain mengandung banyak lemak, kuah / air santan sendiri sangat amat mudah mengalami reaksi kimia terutama jika di simpan di dalam kemasan. Santan baru akan mengalami reaksi kimia berbahaya jika dikemas dalam kaleng yang mengandung Bisphenol-A (BPA). BPA adalah zat kimia berbahaya yang biasanya ditemukan pada kemasan logam dan plastik. Ketika dikonsumsi oleh tubuh, BPA berisiko memicu gangguan pada otak, terutama bagi bayi dan anak-anak.

Nah berbahaya kan? Oleh karenanya sangat di anjurkan jika anda ingin menggunakan air santan sebagai bahan makanan utama. Maka di sarankan anda membeli santan yang telah di peras langsung menggunakan mesin pemeras santan khusus. Atau anda bisa juga memeras santan dengan memarut sendiri kelapa yang sudah di kupas di rumah. Carannya sendiri cukup mudah, yakni Siapkan kelapa parut segar yang bebas gula, garam, atau bahan-bahan lainnya. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan air panas (bukan air mendidih). Blender hingga lembut dan saring sampai Anda mendapatkan ekstrak kelapa dengan tekstur yang halus. Simpan dalam suhu ruangan.

Nah jauh lebih safe kan?
jejesos jejesos is offline
City Level

Post: 192
 
Reputasi: 1

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Kurangi Konsumsi Makanan Bersantan Dari Sekarang

wa berati santan kurang bagus ya untuk kesehatan badan
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20






Reply With Quote     #3   Report Post  

Re: Kurangi Konsumsi Makanan Bersantan Dari Sekarang

Kutip:
Oleh Tonisanjaya View Post
wa berati santan kurang bagus ya untuk kesehatan badan
tapi orang kebanyakan mengkonsumsi santan ya,,apa dia gatau penyebab penyakit nya
akbar54 akbar54 is offline
National Level

Post: 1.663
 
Reputasi: 7






Reply With Quote     #4   Report Post  

Re: Kurangi Konsumsi Makanan Bersantan Dari Sekarang

Kutip:
Oleh akbar54 View Post
tapi orang kebanyakan mengkonsumsi santan ya,,apa dia gatau penyebab penyakit nya
santan itu penyedap rasa den , bisah jadi ga tau den orng'' , tpi liat aja org padang itu klo masak ga jauh dri santan , tpi alhamdulilah sehat'' aja den
Tonisanjaya Tonisanjaya is offline
Continent Level

Post: 4.083
 
Reputasi: 20

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.