Makna Baptis: Kehidupan Dosa Kita Telah Dihancurkan

Alfonso_S

New member
Makna Baptis: Kehidupan Dosa Kita Telah Dihancurkan


Pada Renungan Kristen kali ini dijelaskan bahwa Saat kita telah dibaptis dalam Kristus, kita dipersatukan dengan Kristus.
Ini juga berarti kita satu dengan-Nya saat kematian Yesus. (3)

Maksudnya adalah kita turut mati bersama Yesus dan dikubur bersama-Nya (yang mati dan dikubur adalah kehidupan lama kita yang berdosa).

Supaya seperti Kristus dihidupkan dari kematian, kita pun dihidupkan ke dalam suatu hidup baru, yang kudus & penuh dengan kasih sukacita Allah.



kita bisa membaca renungannya di:
http://imankumemampukanku.blogspot....-dosa-kita-telah-dihancurkan-Roma-6.1-14.html

monggo dibaca, kiranya bisa menguatkan iman kita. Amin :angel:
 
sebuah teori kemungkinan.
Baptis yesus dari yahya.
kajian. siapakah yahya pembaptis?
hakikinya yahya lebih senior/tua dp yesus. beliau yg menerima khabar ttg akan hadirnya juru selamat jauh sebelum yesus eksis didunia. dan beliau sudah melakukan ritual pertobatan lewat "permandian" di sungai yordan untuk orang2 yg ingin lebih dekat mengenal adanya allah (jahwe/yehowah sebutan saat itu, yesus menyebut elia. umat nasrani sekarang menyebut allah mengambil/mengimport sebutan allah dari umat islam).
Beliau(yahya) seorang "Pembuka-jalan" manusia untuk menemukan siapa pribadinya. boleh dibilang pengajar tapi bukan "guru-sejati" yg nyata. yup. itulah prakiraanku ttg yahya pembaptis.
Dan karena yesus awalnya(dari muda) banyak bergaul dg yahya pasti lebih banyak mendapatkan "bekal-ilmu" dari yahya. disebutkan sampai berpuasa 40 hari 40 malam untuk menemukan jati diri yg sebenarnya.
Permandian pertama biasanya saat akan menerima ilmu dari yahya (disaat usia masih belasan); dan karena memang demikian adanya dari sononya, yesus bisa menemukan siapa jati-dirinya yg sebenarnya usia sekitar 19-21 saat dipermandikan yahya untuk "pengesahan-ilmu" yg didapat dari yahya. Dan saat itu memang sudah nyata ke"absahan" yesus sebagai eksistensi elia didunia.(banyak menebar keajaiban untuk meyakinkan keberadaan elia didlm tubuhnya)
Itulah makna awal dari permandian yg dilakukan yahya pembaptis.
Kalau orang2 sekarang, umat nasrani khususnya.. pembaptisan maknanya pertobatan dan pengampunan dosa sih tak bilang sah2 saja. tanpa baptis/permandian pun dosanya sudah diampuni.(gak jamaklah Tuhan yg mencipta manusia dg segala perbuatanya akan menanyakan kembali apa2 yg telah diperbuat semasa hidup besok setelah manusia mati)
...
yg perlu dipelajari lebih jauh. DIA yg menciptakan kita ada, DIA yg mengarahkan kita berbuat demikian adanya, ada yg dermawan, pencuri, korupsi.. knapa? ya sekedar untuk menyelaraskan keberadaannya agar pas awal sebelum lahir dari ras apa besok kalo mati pas keberadaannya balik ke ras asal.
Ada yg tertarik mengenal ras dirimu yg sejati? juga mengenal jiwa yg menjajah tubuhmu siapa dan darimana adanya?
kenali lewat ini siapa tahu dirimu eksistensi yahya dahulu, yesus yg dinubuatkan akan eksis yg ke2 didunia, ataupun elia sendiri yg ada dlm tubuhmu.

- n1 -
 
Back
Top