Yahoo Resmi Dijual! CEO-nya Langsung Hengkang

spirit

Mod
yahoo-unveils-new-logo-designboom-02.jpg

Verizon resmi dinobatkan sebagai pemilik baru Yahoo. Bersamaan dengan kesepakatan ini, CEO Yahoo Marissa Mayer dikabarkan langsung hengkang dari perusahaan tersebut.

Proses akuisisi Yahoo oleh Verizon terbilang lambat. Operator seluler ini pertama kali mengajukan penawaran untuk Yahoo pada bulan Juli 2016 lalu. Ketika itu Verizon rela membayar Yahoo senilai USD 4,83 miliar atau sekitar Rp 64 triliun (USD 1 = Rp 13.300).

Tapi tawaran itu sempat goyah, ketika Yahoo mengalami pembobolan data besar-besaran. Walau akhirnya Verizon memutuskan tetap bertahan, namun dengan pemangkasan nilai tawaran sebesar USD 350 juta atau setara Rp 4,6 triliun. Sehingga nilai akhir akuisisi adalah USD 4,48 miliar.

Kini setelah melalui proses cukup panjang, Yahoo pun resmi dimiliki Verizon. Seperti detikINET kutip dari The Verge, Rabu (14/6/2017), Yahoo kabarnya akan dilebur dalam sebuah divisi milik Verizon yang bernama Oath.

Di dalamnya, Oath berisi layanan-layanan kepunyaan Verizeon, seperti HuffPost, Tech Crunch, Engadget, bahkan Tumblr. Itu belum termasuk sejumlah layanan lain yang juga berada dalam payung divisi Oath.

Sementara itu terkait Marissa Mayer, CEO Yahoo ini dipastikan hengkang setelah genap 5 tahun memimpin perusahaan digital itu. Di era kepemimpinan Mayer, saham Yahoo sempat melonjak naik sampai tiga kali lipat. Walau akhirnya terpuruk dan dijual.

Mayer sendiri memutuskan menerima pinangan Yahoo 5 tahun lalu, setelah sebelumnya lebih dari satu dekade mengepalai produk kunci Google, yakni mesin pencarian dan juga Maps.

sumber
 
CEO Cantik Yahoo Hengkang 'Gondol' Uang Rp 3,4 Triliun!

4d770023-1bc1-4a59-97da-c52a15eb6485_169.jpg


Kisah Marissa Mayer yang hengkang dari Yahoo setelah gagal menyelamatkan perusahaan tak sepenuhnya pahit. Pasalnya, perempuan berumur 42 tahun ini dipastikan mendapatkan uang berjumlah sangat besar.

Seperti dikutip detikINET dari CNN Money, Rabu (14/6/2017), menurut data dari Securities dan Exchange Commission di Amerika Serikat, Mayer memiliki sekitar 4,5 juta lembar saham di Yahoo.

Saham Yahoo sendiri saat ini dihargai sekitar USD 52,50. Sehingga jumlah total uang yang didapatkan oleh sang wanita cantik ini di kisaran USD 236 juta.

Ditambah lagi dengan kompensasi terpisah dari Yahoo sebesar USD 23 juta, menjadikan total uang yang didapatkan Mayer hampir USD 260 juta. Jika dirupiahkan berada di kisaran Rp 3,4 triliun.

Yahoo telah resmi dijual pada operator seluler Verizon senilai USD 4,48 miliar. Dan Mayer dipastikan mundur dari posisi CEO.

Yahoo sendiri didirikan pada Januari 1994 atau 23 tahun lalu oleh duet Jerry Yang dan David Filo. Cukup lama mereka sangat terkenal dan merajai bisnis online.

Sayangnya berbagai kesalahan membuat Yahoo makin terpuruk dan tertinggal jauh dari kompetitor. Mayer yang sangat berpengalaman di jagat teknologi dan pernah menjadi petinggi Google pun gagal menyelamatkannya. Hingga sekarang harus rela menjadi bagian dari Verizon.

sumber
 
karena layanan emailnya doang ya? adakah layanannya yang lain yang juga sepopuler emailnya?

selain email dan iklan, Yahoo punya segudang bisnis lain, diantaranya:

~Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel,
~ Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store
~ Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory
~ Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo. Mitra awal dalam program ini adalah Hakia, Me.dium, Delver, Daylife, dan Yebol.
~dan masih banyak lagi
 
Back
Top