7 Kebaikan Traveling Di Kota Sendiri

SimplyLand

New member
Membayangkan dapat berjalan-jalan menyusuri keindahan alam bawah laut Derawan, kecantikan sunrise di Bromo, atau mungkin mencicipi kelezatan kuliner Manado memang menyenangkan. Apalagi buatmu yang berasal jauh dari daerah tersebut, mendatangi tempat-tempat anyar tak pelak memberikan rasa bangga tersendiri.
Tapi pada kenyataannya, jalan-jalan tidak harus jauh melanglang buana. Di kotamu sendiri, sebetulnya masih banyak tempat wisata yang dapat jadi belum terjamai. Spot liburan ini seringkali luput dari pandangan karena terlalu asyik berburu spot wisata yang berada jauh dari daerah asal.
Masih butuh alasan kenapa berlibur di kota sendiri tetap mengasyikkan dan memberi banyak keuntungan? Di artikel ini Guest House Indonesia akan memaparkan jawabannya.

1. Lucu bukan jika sebagai tuan rumah Anda justru buta soal daerah sendiri? Bagaimana jika nanti ada kawan yang datang dan ingin diantar ke sana-sini?

Ya, mungkin Anda juga pernah terlibat dalam pembicaraan seperti contoh di atas. Ada orang yang bertanya tentang salah satu tempat wisata di kotamu yang sialnya tidak Anda tahu. Mereka yang notabene berasal dari luar daerah justru lebih khatam mengenai aneka tempat wisata yang ada di sana. Sebagai warga lokal tentu wajar jika Anda merasa gagal mengenali berbagai potensi wisata yang sesungguhnya ada di kota tercinta.
Nah jika Anda rajin mengeksplorasi berbagai tempat wisata lokal, tentunya akan ada banyak tempat wisata daerah yang diketahui. Bahkan bukan tidak mungkin Anda menjadi sumber referensi kala sedang ada orang yang membutuhkan informasi tempat wisata yang dibutuhkan. Mengunjungi tempat wisata yang di sekitar kotamu sekali seminggu saja sudah cukup menambah pengetahuanmu tentang spot asyik yang bertebaran di sana.

2. Liburan ke tempat-tempat indah yang jauh memang terlihat menyenangkan. Tapi jika yang dekat saja belum diselesaikan, kenapa harus memilih tempat wisata yang jauh dari jangkauan Anda

Bagi Anda yang tinggal di Magelang, sudah pernah belum melihat kecantikan sunrise di Punthuk Setumbu? Atau mungin bagi warga Pekalongan, apakah telah menuntaskan perjalanan ke Museum Batik yang menawan? Sebagai petualang sejati tentu bukan hal yang salah jika Anda suka berplesir ke berbagai pelosok di Indonesia. Tapi jika memang masih banyak tempat wisata di tanah sendiri yang belum disambangi ada baiknya Anda pergi ke sana terlebih dahulu.
Pergi bervakansi ke bermacam kota di luar daerah memang mengasyikkan. Di sana Anda dapat mempelajari dan melihat berbagai kebudayaan yang berbeda dari yang ada di daerah asal Anda. Tapi tidak selamanya kok Anda harus terpaku dengan aneka tempat wisata yang lokasinya jauh dari tempat tinggal. Anda dan teman-teman dapat pergi menyusuri berbagai surga tersembunyi terdekat yang dimiliki. Bukankah sangat menyenangkan jika Anda dapat berlibur di tempat yang tidak jauh dari daerah asal?

3. Wisata di kota sendiri juga mudah dalam penghematan. Tak perlu keluar uang banyak, Anda sudah dapat bersenang-senang

Ketika kita traveling ke luar kota, tentu yang perlu dipikirkan bukan hanya biaya masuk tempat wisata saja. Kita juga perlu menyiapkan biaya transportasi dan juga penginapan. Dalam kegiatan berlibur, biaya transportasi dan penginapan adalah dalang dari pengeluaran terbesar. Nah untuk itu jika Anda memang seorang traveler yang terbatas budget, berlibur di dalam kota dapat jadi solusi.
Anda dapat menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil untuk dapat berkeliling kota. Kebutuhan bensinnya pun tidak sebesar jika dibandingkan dengan menelusuri wisata di luar daerah. Selain itu karena tidak perlu menginap, dengan cara ini Anda semakin dapat mengirit biaya yang dikeluarkan. Tentunya akan sangat menyenangkan Anda dapat berlibur tanpa perlu menguluarkan uang terlalu besar.

4. Bukan cuma mengejar kesenangan pribadi. Jalan-jalan di daerah sendiri memberikan gambaran keindahan wisata pada khalayak luas yang bahkan belum tahu nama kotamu

Lambatnya perkembangan wisata di suatu daerah dapat jadi bukan hanya karena lemahnya perhatian pemerintah tapi juga karena terlalu sedikitnya orang yang datang berkunjung. Anda tentu pernah melihat atau mungkin mendengar tempat wisata indah yang pada akhirnya ditutup karena terlalu sedikit orang yang datang ke sana. Karena itu sebagai seorang petualang Anda wajib hukumnya melestarikan aneka tempat wisata yang ada di daerah asalmu.
Beberapa tempat wisata yang belum populer sebelumnya, dapat sangat booming karena semakin banyak orang yang datang ke sana. Dengan kekuatan media sosial kini sebetulnya mempromosikan aneka tempat wisata lebih mudah dilakukan. Jika semakin banyak orang yang mengetahui tempat-tempat cantik yang berlokasi di daerah asalmu, maka kemungkinan untuk membuat tempat wisatamu terkenal juga semakin besar.

5. Jika biasanya rencana berliburmu selalu terbentur dengan waktu yang di punya — wisata dalam kota membuatmu dapat berlibur kapan saja


Tidak hanya dapat menekan biaya, berlibur di dalam kota juga punya kelebihan yakni kesempatan untuk pergi dengan waktu yang lebih fleksibel. Jika pergi ke luar daerah atau negeri kita tentu tidak dapat berangkat dengan waktu seenaknya saja. Selalu ada berbagai hal yang kita pertimbangan. Mulai dari sisa cuti bulan ini, liburan kuliah, atau mungkin hanya dapat memanfaatkan long weekend yang tersedia.
Sementara bila Anda pergi berwisata di dalam kota, waktu liburan dapat lebih mudah diatur. Anda tidak perlu menyediakan waktu khusus hanya pergi berlibur. Begitu hasrat berlibur muncul, Anda pun dapat langsung pergi berkelana mencari suasana berbeda. Merilekskan pikiran setelah menjalani kesibukan sehari-hari dengan pergi berwisata adalah cara terjitu untuk membuka otak yang buntu.

6. Sering vakansimu tertunda karena terkendala izin orangtua? Manfaatkan berbagai destinasi di kotamu untuk memuaskan hasrat berlibur yang dipunya


Keuntungan berlibur di dalam kota juga dapat Anda rasakan dari sisi lebih mudahnya mendapat izin dari orangtua. Biasanya nih jika berlibur di daerah sendiri kekhawatiran yang dirasakan oleh ayah dan ibumu dapat lebih ditekan. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk meminta izin berplesir. Ya, cara ini mungkin dapat Anda lancarkan kala merindukan sebuah perjalanan.

7. Jika sudah khatam menjelajahi daerah sendiri bukan tak mungkin ide bisnis dapat dikembangkan dari sini. Jadi pemandu wisata atau malah merintis biro perjalanan amat mungkin Anda lakoni


Dengan mengenal berbagai destinasi wisata yang ada kotamu, suatu saat nanti Anda jika ada teman atau keluarga yang berkunjung dan ingin berlibur Anda dapat menjadi tour guide bagi mereka. Jika Anda sudah semakin hafal dengan berbagai spot menarik tersebut , selanjutnya Anda pun semakin dapat untuk menjadikannya sebagai lahan usaha.
Jika memang memungkinkan Anda dapat membuka berbagai usaha yang dapat mendatangkan laba. Mulai dari membuka jasa pemandu wisata, menyewakan kendaraan, atau rumah untuk para wisatawan, atau mungkin mengelola website yang khusus mengulas berbagai tempat wisata menarik yang ada kotamu. Selanjutnya dari sanalah Anda dapat mendapatkan keuntungan.
Jalan-jalan ke luar daerah orang lain memang terasa lebih menyenangkan. Tapi sebetulnya tentu masih banyak tempat wisata daerahmu yang sangat menarik untuk ditelusuri. Nah mulai akhir pekan besok jika memang sempat, rencanakan dong acara berpetualang mengunjungi aneka tempat wisata yang belum sempat dilihat sebelumnya.

Guest House Indonesia / Homestay Murah Jogja / Homestay Jogja / Guest House Jogja / 7 Kebaikan Traveling Di Kota Sendiri
 
Back
Top