Inilah Makanan Khas Gunung Kidul Gatot Dan Tiwul

SimplyLand

New member
makanan-tradisional-gunungkidul.jpg

Berbicara mengenai kota Yogyakarta tidak akan pernah ada habisnya. Yogyakarta sudah termasuk sebagai kota wisata yang disukai oleh orang-orang domestik maupun manca negara. Dan jika mendengar kota Yogyakarta, pasti yang ada dibenak kota adalah Malioboro yang tak pernah mati, manisnya dari gudeg.

KEMUDIAN TAHUKAH ANDA TENTANG GUNUNG KIDUL?

Gunung Kidul adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat Kota Yogyakarta, butuh waktu sescrummiesr 1 jam untuk sampai di Kabupaten Gunung Kidul. Selain memiliki jajaran pantai berpasir putih yang indah Kabupaten Gunung Kidul juga memiliki kekayaan kuliner yang menggoda.

Jika scrummies berkunjung ke suatu daerah, tidak lengkap rasanya kalau scrummies tidak mencicipi kuliner khas dari daerah tersebut. Kabupaten Gunung Kidul memiliki makanan yang khas salah satunya yang bernama gatot dan juga tiwul. Gatot dan tiwul, yang merupakan makanan asli tradisional Gunung Kidul ini menjadi makanan favorit bagi masyarakat Gunung Kidul karena rasanya yang lezat, manis, dan gurih.

Dahulunya, gatot dan tiwul merupakan makanan pokok masyarakat Gunung Kidul, seringnya dimakan menggunakan sayuran sebagai pengganti nasi. Namun seiring sejahteranya masyarakat Gunung Kidul gatot berubah menjadi makanan cemilan sehari-hari.

Cara membuat tiwul khas Gunung Kidul, pertama tumbuk singkong yang sudah dipotong yang sudah kering, kemudian menjadi tepung singkong yang kasar. Kemudian letakkan pada wadah yang cukup lebar dan diberi percikan air kemudian menggunakan telapak tangan scrummies ratakan memutar sampai membentuk bulatan-bulatan kecil. Untuk memberi rasa manis dapat ditaburi menggunakan gula merah atau untuk mendapatkan rasa original tidak perlu ditambah menggunakan gula merah. Untuk mengukusnya scrummies gunakan daun pisang untuk membungkusnya atau sebagai alas saat mengukus, proses mengukus membutuhkan waktu antara 15-20 menit. Bisa ditambahkan menggunakan parutan kelapa dan daun pandan yang telah dikukus. Tiwul khas Gunung Kidul siap disajikan.

Kemudian cara pembuatan gatot sangat sederhana. Gatot yang sudah kering direndam selama 12 jam. Setelah dicuci bersih, gaplek kemudian dipotong kecil-kecil sesuai ukuran gatot, kemudian dikukus selama kurang lebih 2 jam. Setelah masak, gatot ditempatkan disuatu wadah yang lebar biar cepat dingin. Untuk menghidangkannya, gatot ditaburi menggunakan parutan kelapa yang ditambah sedikit gula dan juga garam. Perpaduan rasa kenyal dari gatot bercampur sedikit manis dan asin menambah nikmat rasa makanan khas daerah Gunung Kidul ini.

Jogja Scrummy / Scrummy Online / Oleh Oleh Jogja / Oleh Oleh Dude Harlino /Inilah Makanan Khas Gunung Kidul Gatot Dan Tiwul
 
Back
Top