Tips Sukses Menjalankan Usaha Penginapan Part 1

SimplyLand

New member
Memiliki usaha sampingan kini menjadi salah satu pilihan yang tepat dijalankan oleh banyak orang untuk memenuhi kebutuhan. Salah satunya yaitu usaha penginapan. Sebenarnya, usaha menyediakan penginapan sudah banyak terdapat di kota-kota besar karena permintaannya yang terbilang tinggi.

Bagi Kamu yang memiliki bangunan atau rumah yang berada di lokasi yang strategis, mengelola usaha penyediaan penginapan yaitu usaha yang cocok. Sebab orang-orang yang datang dari luar kota atau luar daerah, rata-rata yaitu mahasiswa, pasti akan mencari-cari penginapan.

Bila Kamu berminat membuka usaha penginapan, beberapa tips berikut bisa dilakukan agar usaha penginapan berjalan dengan sukses.

1. Lakukan Riset dan Tentukan Target yang Ingin Disasar

w1.jpg


Sebelum membangun penginapan, Kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu terhadap target/market yang ingin dituju. Kamu bisa menyasar pekerja kantoran, siswa sekolah, mahasiswa, atau traveler.

Bila Kamu menyasar traveler, pastikan bahwa lokasi yang dimiliki berada dekat dengan area wisata dan banyak dikunjungi pelancong. Sementara apabila tempat yang Kamu miliki berada dekat dengan sekolah atau kampus, menyediakan kos atau kontrakan akan sangat menguntungkan. Sebab pelajar atau mahasiswa dari luar kota atau daerah akan mencari-cari tempat tinggal yang dekat sekolah atau kampus.

2. Cari Lokasi dengan Selalu Mempertimbangkan Harga dan Market

w2-300x180.jpg


Setelah menentukan target market yang ingin disasar, langkah selanjutnya yaitu hunting lokasi (bagi yang belum memiliki tanah/lokasi). Sebaiknya, jangan buru-buru dalam membeli properti, tetap pertimbangkan harga dan lokasi yang dipilih harus strategis.

Selalu sesuaikan pilihan Kamu dengan market yang ingin dituju. Usahakan sebisa mungkin mencari pemilik tanah yang sedang membutuhkan uang. Besar kemungkinan dia akan menjualnya dengan harga miring.

3. Beli Properti Sesuai Kondisi Finansial

w3-300x180.jpg


Apabila dana yang dimiliki terbatas, Kamu tidak perlu membelinya dalam skala besar. Belilah properti dalam skala yang kecil walaupun hanya satu atau dua bangunan. Jika dana Kamu hanya cukup untuk membeli properti dengan luas 100 m², janganlah terlalu memaksakan diri membeli yang lebih luas dari itu.

4. Rencanakan Tipe dan Pilih Bahan Bangunan yang Berkualitas

w4-300x180.jpg


Setelah memiliki tanah yang siap dibangun, langkah berikutnya yaitu membuat konsep terlebih dahulu mengenai tipe dan bahan bangunan yang ingin Kamu gunakan. Di internet sudah banyak model rumah yang bagus dengan menggunakan bahan/material yang tidak mahal, tetapi tetap berkualitas.

5. Berikan Fasilitas yang Lengkap dan Percantik Interior atupun Eksterior

w5-300x180.jpg


Lengkapi bangunan yang Kamu punya dengan berbagai fasilitas penunjang. Kamu bisa menambahkan AC, kamar mandi dalam kamar, internet gratis, dan lain-lain. Percantik interior dan eksterior bangunan dengan pilihan warna cat yang sejuk dan nyaman di mata. Dengan begitu, pengunjung merasa betah tinggal di penginapan.

6. Pasang Harga yang Realistis, tapi Tetap Bisa Memberikan Untung

w6-300x180.jpg


Harga yaitu salah satu elemen paling penting yang menjadi pertimbangan bagi orang-orang yang ingin menginap. Meskipun memiliki penginapan di lokasi yang strategis, memasang harga menginap yang mahal akan menyulitkan Kamu mendapatkan pelanggan. Selalu tetapkan harga tidak jauh-jauh selisihnya dari harga yang ditetapkan kompetitor. Lebih baik ambil sedikit untung, tetapi berlipat sehingga nantinya mendapat profit yang banyak.

Guest House Indonesia / Homestay Murah Jogja / Homestay Jogja / Guest House Jogja / Tips Sukses Menjalankan Usaha Penginapan Part 1
 
Back
Top