Ada Kemungkinan JKT-SBY Dibangun Kereta Cepat

spirit

Mod
ec2e2280-0909-4c84-a183-b2e340637d2e_169.jpeg

Pemerintah saat ini masih mengkaji proyek transportasi Kereta Jakarta-Surabaya. Dalam kajian itu pemerintah masih belum menentukan bakal menggunakan kereta cepat atau kencang dalam proyek Jakarta-Surabaya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan BPPT bersama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih mengkaji jenis kereta yang cocok untuk proyek tersebut. Saat ini, pemerintah belum memilih untuk menggunakan kereta bertenaga listrik atau diesel.

"Nah jadi sekarang lagi dihitung. Sekarang kita mau pilih, apakah (pakai kereta) elektrik atau pakai diesel. Masing-masing ada plus minusnya," kata Luhut di kantornya, Jakarta, Rabu (5/7/2017).

Luhut mengatakan, bila memakai kereta bertenaga listrik, maka kereta dapat melaju dengan kecepatan lebih dari 200 km/jam atau biasa disebut kereta cepat. Namun bila dengan diesel kecepatannya berkisar 150 km/jam atau disebut kereta kencang.

Untuk bisa menentukan jenis kereta yang akan digunakan nantinya, Luhut mengatakan, pemerintah perlu menunggu hasil kajian yang dilakukan oleh BPPT dan Kemenhub.

"Ya sekarang studi-nya saja kita lihat dulu," kata Luhut.

Sementara itu Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi, mengatakan skema pengkajian yang dilakukan oleh BPPT diperkirakan akan selesai pada akhir Juli ini.

"Teknisnya, skemanya, akhir Juli atau awal Agustus sudah terlihat hasilnya," katanya.


sumber
 
mantap nih jika terealisasi. Ada alternatif selain pesawat. Yg penting tarifnya tidak sama dgn tarif pesawat
 
Wah semoga wacana ini bisa benar-benar terwujud jadinya kalau pergi ke Surabaya enggak perlu waktu lama :D
Dan bisa jadi ini menjadi solusi mengatasi kemacetan kalau orang-orang sedang mudik.
 
Wah semoga wacana ini bisa benar-benar terwujud jadinya kalau pergi dari Jakarta ke Surabaya enggak perlu waktu lama :D
Dan bisa jadi ini menjadi solusi mengatasi kemacetan kalau orang-orang sedang mudik.
 
Back
Top