MITOS CLOUD COMPUTING YANG HARUS DIKETAHUI
 
Go Back   Home > Smartphone, Aplikasi & Games Mobile

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

MITOS CLOUD COMPUTING YANG HARUS DIKETAHUI


Semua orang membicarakan cloud computing. Mulai dari pengertian cloud computing sampai bagaimana teknologi memberikan manfaat besar bagi bisnis terutama untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Cloud computing dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan memungkinkan UMKM untuk berkembang dan bersaing dengan bisnis yang lebih besar walau dengan keterbatasan sumber daya. Teknologi ini memungkinkan penggunaan daya komputasi besar tanpa mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat tambahan.

Saat ini sudah banyak UMKM yang bermigrasi menggunakan cloud computing. Walau begitu ada beberapa mitos yang membuat banyak orang salah paham mengenai cloud computing. Artikel ini akan membahas mitos yang memberikan pengertian yang salah terhadap tentang teknologi ini yang beredar. Beberapa di antaranya adalah:

Migrasi ke cloud computing menghabiskan lebih banyak biaya daripada membeli hardware dan software. Mitos ini sepenuhnya salah terutama untuk UMKM. Bermigrasi ke cloud computing berarti UMKM memiliki ruang penyimpanan dengan ukuran yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan tanpa harus menyimpan atau memiliki server on premise. Selain itu cloud computing juga memberikan keuntungan lain salah satunya teknisi yang selalu tersedia untuk menangani berbagai kendalan teknis juga software atau program yang selalu diperbarui setiap kali ada pembaruan tanpa UMKM harus mengeluarkan biaya tambahan.

Cloud computing akan mengurangi produktivitas. Ini sepenuhnya mitos. Kenyataannya bermigrasi ke cloud computing akan meningkatkan produktivitas pegawai. Sudah banyak perusahaan baik UMKM maupun perusahaan besar yang membuktikannya. Meningkatnya produktivitas ini salah satunya karena cloud computing mempermudah terjadinya kolaborasi walau pegawai atau pengguna tidak berada di satu tempat yang sama. Selain itu teknologi ini juga memungkinkan file yang sama diakses secara bersamaan dengan hasil revisi ditampilkan secara real time. Beberapa hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja.

Migrasi ke cloud computing berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pernyataan ini tidak sepenuhnya merupakan mitos. Pada kenyataannya cloud computing memang mengurangi risiko atau kekhawatiran salah satunya dengan memastikan perusahaan atau UMKM dapat langsung mengunduh data mereka yang tersimpan di cloud computing seandainya sesuatu yang buruk seperti perangkat dicuri atau sebagainya dengan cara yang mudah. Tetapi UMKM tetap harus mempertimbangan rencana candangan seandainya listrik mati atau koneksi internet bermasalah. Jika UMKM sepenuhnya bergantung kepada cloud computing maka saat koneksi internet bermasalah maka akan menggangu proses kerja. Salah satu cara untuk menghindari kemungkinan ini dengan memiliki penyedia layanan cloud yang dapat diandalkan juga memastikan internet service provider terbaik yang Anda gunakan.

Sumber
nisaniaalya123 nisaniaalya123 is offline
Home Level

Post: 7
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.