Pindahkan Gigi Motor Keras? Ini Penyebabnya
 
Go Back   Home > Otomotif

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Pindahkan Gigi Motor Keras? Ini Penyebabnya

Bagi anda yang menggunakan motor bergigi persneling (manual), tentu pernah merasakan persneling keras saat menggunakannya. Biasanya pengendara yang tak memperhatikan hal tersebut terus memaksa keadaan itu sehinga kerusakan tentu akan semakin parah dan cukup bisa membuat kerusakan menjadi merembet ke komponen lainnya.

Anda harus mengetahui penyebab gigi persneling tersebut mengapa bisa keras? Iwan salah satu mekanik senior di sebiah bengkel di kawasan Jagakarsa Jakarta Selatan memberikan info penyebab gigi persneling keras.

Yang Pertama menjadi penyebab presneling gigi keras adalah karena setelan mur dan baut pada speling tuas persneling kurang pas. Hal ini disebabkan pengaturan speling atau jarak renggang pada tuas persneling punya setingan yang berdampak kepada akselerasi motor. Saat diatur dengan ukuran yang sempit membuat perpondahan gigi terasa empuk, tetapi tarikan akselerasi menjadi lambat. Dan sebaliknya jika ukuran tuas persneling terlalu renggang maka perpindahan gigi kan mengalami kesulitan. Saat tangkai kampas belum mencapai posisi maksimal namun justru tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi.

Yang kedua adalah ada kerusakan yang terjadi pada arm pendorong kopling. Bila komponen yang satu ini rusak maka gigi persneling akan terasa komponen yang satu ini rusak maka gigi persneling pun susah untuk berpindah meskipun mur-baut spelling sudah diatur dengan benar.


Yang Ketiga adalah persneling keras karena plat kopling yang sudah rusak. Jika plat kopling rusak maka solusinya harus segera diganti. Untuk melihat plat kopling tersebut rusak ada lengkungan di komponen ini yang membat renggang antara kampas dan kopling koplight membuat tidak bekerja dengan maksimal.

Yang keempat adalah Cluth Cover tidak berfungsi dengan maksimal. Kalau anda memindahkan gigi terdengar bunyi kasar maka komponen ini sudah dipastikan terjadi kerusakan dan segera harus diganti.sumber kabaroto
rico_nexia rico_nexia is offline
Home Level

Post: 6
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.