Jurusan Kuliah Di Indonesia Bidang IPA Favorit Anak SMA / SMK
 
Go Back   Home > Kuliah & Mahasiswa

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Jurusan Kuliah Di Indonesia Bidang IPA Favorit Anak SMA / SMK

Ketika masa-masa masuk ke sebuah perguruan tinggi, calon mahasiswa berbondong untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi yang tepat melalui berbagai jalur, baik untuk masuk ke PTN maupun masuk ke PTS. Pasti kamu punya jurusan favorit bukan? Apa sih jurusan bidang IPA yang menjadi favorit para anak SMA dan SMK? Ini loh penjelasannya!

1. Pendidikan kedokteran



Waktu kecil dulu kamu pasti ditanya kalau sudah gede mau jadi apa dan jawabanmu adalah jadi dokter, bukan? Untuk lulusan SMA IPA jurusan yang paling banyak diminat dan menjadi jurusan yang paling favorit serta banyak saingannya ketika masuk ke dunia perkuliahan adalah jurusan pendidikan kedokteran. Jurusan pendidikan kedokteran ini diminati oleh calon mahasiswa di PTN maupun PTS. Bidang pembelajaran yang dipelajari dalam jurusan pendidikan kedokteran adalah biologi, kimia, matematika, dan bahasa inggris. Awalnya kamu akan mempelajari semua jenis kedokteran yang masuknya ke dokter umum. Namun, jika kamu ingin ambil kuliah kedokteran spesialis kamu bisa mengambil bidang spesialis anak, spesialis gigi, spesialis jantung, spesialis kandungan, spesialis kulit, spesialis kecantikan,dll. Untuk menjadi dokter spesialis kamu harus belajar dokter umum terlebih dahulu baru bisa lanjut ke dokter spesialis. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan kedokteran apa aja sih? Jurusan kedokteran berada di UGM, UI, Universitas Brawijaya, Unair, Ukrida, Unhas, Unpad, Universitas Atmajaya, Untar, dll.

2. Teknik Informatika (IT)



Dunia IT tidak hanya merajarela di Indonesia bahkan di dunia. Kini kehidupan sehari-hari sudah banyak yang menggunakan teknologi untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaan. Tidak hanya itu saja, banyak lulusan IT yang berkecimpung menjadi seorang pengusaha startup. Berbagai perusahaan mulai dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar sekalipun membutuhkan tenaga kerja IT sehingga peluang kerja lulusan IT sangatlah luas. Bagi kamu yang berminat kuliah dengan jurusan IT, jurusan ini memiliki prospek kerja sebagai konsultan IT, web programmer, android developer, manager IT, dosen IT, dll. Bidang ilmu yang akan kamu pelajari dalam jurusan IT yaitu bahasa pemograman, matematika IT, bahasa inggris, dll. Jurusan IT tersedia dibeberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta seperti Binus, UMN, Essa Unggul, UI, IPB, ITS, dll.

3. Farmasi



Farmasi termasuk salah satu jurusan favorit yang ada di PTN. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan farmasi baik PTN maupun PTS yaitu UGM, Unpad, Unas, Universitas Surabaya, Universitas Pancasila, Universitas Garut, dll. Jurusan kuliah yang satu ini memiliki resiko pekerjaan yang terbilang berbahaya loh. Hal ini dikarenakan jurusan farmasi belajar dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang tujuannya untuk meracik obat, mengetes bahan kimia yang ada di suatu makanan / minuman, belajar bagaimana obat tersebut bisa bertahan lama, dll. Sama dengan halnya jurusan kedokteran, jurusan farmasi sama-sama mempelajari ilmu biologi, matematika, kimia, dan bahasa inggris. Bidang pekerjaan dengan lulusan framasi yaitu apoteker, pemilik apotik, bekerja di industri makanan / minuman, bekerja bidang penelitian bahan-bahan kimia, pabrik kosmetik, dll.

4. Teknik Industri



Jurusan Industri ini merupakan sebuah jurusan yang bidang pembelajarannya gabungan bidang IPA dan IPS. Akan tetapi, untuk mengambil jurusan ini lebih difokuskan kepada anak SMA IPA. Materi pembelajaran yang dipelajari oleh anak-anak jurusan teknik industri yaitu; sistem manufaktur, manajemen industri, serta sistem industri dan tekno ekonomi. Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan teknik Industri, kamu harus memiliki kemampuan dalam bidang Fisika dan Kimia. Kampus-kampus yang menyediakan jurusan Teknik Industri adalah Universitas Atmajaya, Universitas Kristen Petra, Universitas Telkom Bandung, Uns, Undip, ITB, dll.

5. Teknik Mesin



Dari kata-kata “mesin” bisa langsung ditebak kalau jurusan yang satu ini merupakan jurusan perkuliahan yang berhubungan dengan mesin. Teknik mesin merupakan satu bagian dalam dari jurusan kuliah teknik mekanik. Teknik mesin menggunakan prinsip fisika yang akan digunakan untuk mengalanisa, merancang, dan melakukan perbaikan-perbaikan pada sebuah mesin. Mesin-mesin yang dianalisa, dirancang, dan diperbaiki terdiri dari mesin-mesin kendaraan, mesin mekanik, mesin listrik, dll. Jurusan ini tersedia di kampus-kampus Indonesia seperti IPB, Unsyiah, Universitas Gunadarma, Universitas Trisakti, dll. Pada abad ke 19, teknik mesin semakin berkembang dengan memiliki cabang teknik listrik, teknik perminyakan, teknik penerbangan, dan teknik kimia.

6. Teknik Elekro



Kamu berminat mengambil jurusan teknik elekro? Nah, kalau kamu berminat, kamu bisa mendaftarkan dirimu di ITB, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Institut Teknologi Indonesia, UGM, Universitas diponegoro, dll. Sama halnya dengan jurusan teknik mesin, jurusan yang satu ini belajar menganalisa, merancang, dan memperbaiki alat-alat elektronik. Tidak hanya alat-alat elektronik juga tapi ada juga hubungannya dengan listrik. Akan tetapi jurusan yang satu ini lebih difavoritkan oleh kaum laki-laki daripada perempuan. Lulusan teknik elektro memiliki prospek kerja yaitu bekerja di PT PLN, di berbagai instansi Pemerintahan, dll.
Cari sekolah / perguruan tinggi yang tepat di Edumor.com!

7. Agribisnis



Nah, untuk jurusan yang satu ini merupakan salah satu jurusan favorit para peserta SBMPTN tahun 2017 bidang Saintek. Kamu tahu apa itu jurusan Agribisnis? Jurusan ini memang terbilang terdengar asing di telinga masyarakat. Namun, untuk jurusan yang satu ini termasuk jurusan favorit plus masuk ke dalam jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Argibisni adalah jurusan yang berhubungan dengan bisnis peternakan dan pertanian. Jurusan ini memiliki prospek kerja yaitu pembisnis peternakan, pembisnis pertanian, pengolah hasil ternak, pengolah hasil pertanian, dll. Mau tahu jurusan ini ada di kampus mana? Penasaran? Nah, jurusan ini berada di Universitas Riau, Universitas Lampung, UIN Syarif Hidayatullah, IPB, UGM, dll.

Dari sekian banyak jurusan favorit yang telah disebutkan, apakah jurusan favoritmu? Apakah termasuk disini?

https://goo.gl/HezMfH
ckhldh ckhldh is offline
Village Level

Post: 34
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Kuliah ngambil jurusan apa..?? HulkHogan Kuliah & Mahasiswa 86
Kuliah Jurusan apa yah? Naomi Kuliah & Mahasiswa 11


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.