Morning Coffee Itu Ternyata Nggak Baik Buat Kesehatan. Yang Ngaku Pecinta Kopi, Harus Tahu Fakta Ini
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Morning Coffee Itu Ternyata Nggak Baik Buat Kesehatan. Yang Ngaku Pecinta Kopi, Harus Tahu Fakta Ini

Morning Coffee Itu Ternyata Nggak Baik Buat Kesehatan. Yang Ngaku Pecinta Kopi, Harus Tahu Fakta Ini
Memulai hari dengan secangkir kopi udah jadi rutinitas bagi banyak orang di dunia ini. Ada juga yang mengaku sampai tidak bisa beraktivitas jika belum minum secangkir kopi di pagi hari. Minum kopi secara teratur sebenarnya baik bagi kesehatan. Bahkan menurut berbagai penelitian medis, kebiasaan minum kopi bisa menurunkan risiko penyakit diabetes, liver, sampai kanker. Tentu saja yang dimaksud dalam banyak jurnal kesehatan itu bukan kopi sachet, yang justru lebih banyak campuran gula dan krimnya.
Tapi ternyata bukan cuma campuran kopinya aja, kapan kamu minum kopi pun berpengaruh sama manfaat kesehatannya. Buat penikmat kopi yang juga pengen sehat, ada baiknya perhatikan waktu ideal supaya kamu bisa dapat manfaat terbaik dari secangkir kopi. Nah yang cukup mengejutkan, waktu terbaik minum kopi itu justru bukan seperti anggapan orang selama ini. Istilah morning coffee mungkin harus dikoreksi dikit nih! Mau tahu kapan waktu terbaiknya, simak deh ulasan Hipwee News & Feature ini!
Dibanding morning coffee, mungkin istilah yang jauh lebih tepat jika kita ngikutin acara coffee break yang ada di hotel atau seminar-seminar itu deh

Begini jadwal minum kopi yang ideal via www.thescienceofearth.com
Tahu nggak sih kamu kalau sebenarnya tubuh kita itu bisa secara alami memproduksi kafein? Mungkin bukan beneran kafein sih, tapi hormon bernama cortisol memiliki fungsi mirip dengan kafein yaitu membuat kita terjaga. Nah produksi hormon ini tuh mengikuti jadwal biologis badan kita. Salah satu waktu produksi cortisol tertinggi adalah ketika kita bangun tidur. Maka dari itu, sebenarnya kita nggak butuh kafein buatan begitu bangun tidur. Ya kalau mau lebih terjaga lagi, langsung keluar aja untuk dapat sinar matahari dan olah raga pagi. Itu cara terbaik mendapatkan ‘kafein’ di pagi hari.
Produksi hormon bak kafein ini puncaknya ada 3 kali sehari. Seperti yang ada di tabel atas. Kalau mau minum kopi, sebaiknya ya menghindari waktu-waktu itu. Biar produksi ‘kafein’ alami badan kita nggak terbuang sia-sia.
Selain buang sia-sia manfaat kafein alami dari tubuh, minum kopi begitu bangun pagi juga bakal buat kita ketagihan. Meski kopi itu banyak manfaatnya, kalau jadi ketergantungan tetap saja bahaya

Gara-gara morning coffee, banyak orang yang kecanduan via thoughtcatalog.files.wordpress.com
Sebagaimana dilansir dari Time, bahkan ada beberapa ahli yang berpendapat kalau pagi hari itu justru waktu terburuk buat minum kopi. Selain menyia-nyiakan ‘kafein’ alami bentukan tubuh, minum kopi begitu bangun tidur juga berpotensi membuat kita kecanduan. Minum kopi di saat-saat puncak cortisol, nantinya akan mengganggu dan mengurangi kemampuan badan kita untuk memproduksi hormon ini secara alami. Alhasil, kita jadi merasa jauh lebih membutuhkan kopi.
Ya karena seakan-akan kita jadi butuh stimulan buatan untuk membuat badan terbangun. Nah kalau kondisi badan kita sudah terbangun secara alami, manfaat secangkir kopi bisa jauh lebih optimal.
Selain waktu produksi cortisol, jelas kamu sebaiknya tidak minum kopi menjelang waktu tidur. Lha orang mau istirahat, masa badan dibangunkan dengan kafein?!

Kalau ini logika sih via www.theweeklyobserver.com
Nah kalau dihitung-hitung dari waktu terakhir produksi cortisol dan jam tidur, kopi terakhirmu harusnya tidak lebih dari jam 5 sore. Itu kalau kamu pengen bisa tidur dengan nyenyak. Ya logika aja sih, kalau malam ‘kan badan memang harus diistirahatkan. Kalau kamu baru minum kopi di malam hari, jelas bakal lebih sulit untuk kembali ‘menidurkan’ badanmu.
Tapi ya itu semua kalau jadwal sehari-hari atau gaya hidupmu jamnya normal, bangun di pagi hari dan tidur di malam hari. Buat mahasiswa yang harus sering begadang atau orang yang emang jadwal kerjanya kebalik-balik, mungkin bakal dikit beda. Tapi prinsipnya jangan minum kopi begitu bangun tidur, jam berapa pun itu. Berikanlah kesempatan buat badanmu memproduksi ‘kafein’ alaminya. Boleh kok minum kopi, tapi ya jangan sampai manfaat baiknya kebuang. Apalagi cuma kecanduan doang! Penikmati kopi sejati dah seharusnya mendapat manfaat terbaik dari secangkir kopi.
https://www.upstation.id/2017/07/24/...ahu-fakta-ini/
sukijah sukijah is offline
City Level

Post: 186
 
Reputasi: 0

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Morning Coffee Itu Ternyata Nggak Baik Buat Kesehatan. Yang Ngaku Pecinta Kopi, Harus Tahu Fakta Ini

Iya lah, ngopi itu malem, perut udah keiisi banyak... atau sore.. pagi belum keisi apa" udah ngopi
mromli56
mromli56 mromli56 is offline
City Level

Post: 276
 
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Green Bean Coffee : Kopi Sehat untuk Diet dan Kesehatan jejesos Kesehatan 3


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.