Sektor Ritel Sepi Gara-gara Teknologi?
 
Go Back   Home > Politik, Ekonomi & Hukum

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Sektor Ritel Sepi Gara-gara Teknologi?


Berbanding terbalik dengan data-data makro ekonomi yang positif, saat ini mulai sektor ritel terasa lesu. Hal itu ditandai dengan sepinya beberapa pusat perbelanjaan, turunnya penjualan properti hingga turunnya kinerja keuangan para perusahaan ritel.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) Roy Mandey ada dua hal yang disinyalir menjadi penyebab menurunkan kinerja perusahaan ritel saat ini. Pertama, adanya perubahan pola belanja masyarakat ke arah online.

"Selain itu juga adanya ojek online yang menawarkan pelayanan pembelian, itu memudahkan konsumen. Mereka tidak perlu repot-repot datang jadinya," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Kamis (3/8/2017).

Selain itu, ada perubahan pola konsumsi masyarakat, dari yang biasanya membeli produk kebutuhan dalam jumlah besar, menjadi sesuai kebutuhan saja. Sehingga size penjualan menurun.

Namun dia juga percaya memang ada penurunan daya beli masyarakat. Penyebabnya, kata Roy, karena berlimpahnya masyarakat berusia produktif atau yang saat ini masuk dalam kategori kaum milenial.

"Karena usia produktif yang Y generation atau kaum milenial itu kelihatannya lebih banyak dari pada yang usia yang mapan," imbuhnya.

Menurut Roy saat ini, ketersediaan lapangan pekerjaan untuk kaum milenial cukup terbatas. Sehingga membuat pendapatan di kaum milenial terbatas.

"Lapangan perkejaan baru tidak tersedia banyak. Jadi yang tersedia lapangan pekerjaan kebanyakan yang informal, ataupun seperti agen atau marketing yang gajinya berdasarkan komisi, UMP, bukan gaji yang diharapkan," terangnya.

Oleh karena itu, menurut Roy, pemerintah perlu menciptakan lapangan pekerjaan. Jika tidak kondisi ini akan memburuk.

sumber
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.821
 
Reputasi: 1589

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Sektor Ritel Sepi Gara-gara Teknologi?

Secara Real dilapangan memang terlihat lebih lesu seperti Ritel dan Tech products, orang sekarang udah pada dimanjakan dengan adanya teknologi online shop, marketplace dll, harga tinggal bandingin, kadang bisa dapet lebih murah, gak perlu repot kluar rumah, ada yg hari itu juga sampe, sisi positifnya ialah kemacetan berkurang
mromli56
mromli56 mromli56 is offline
City Level

Post: 276
 
Reply
 

(View-All Members who have read this thread : 2
mromli56
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.