9 Fakta Tentang Anjing Yang Sedikit Diketahui Orang! Pecinta Doggy Wajib Masuk

ckhldh

New member
Yang namanya anjing pasti udah pada tahu dong? tapi apakah kengkawan tau, dibalik bentuknya yang lucu bin gemes, ternyata anjing mempuyai beberapa fakta yang mungkin belum kalian ketahui. Tanpa harus berlama-lama, yuk langsung aja kita simak beberapa fakta menarik seputar anjing berikut ini. Pasti kalian belum pada tau deh!

1. Anjing Dapat Dilatih Memahami Kata-kata Manusia

Ternyata anjing pada umumnya dapat mengerti dan mengingat hingga 150 kata loh gaes. Akan tetapi bagi ras anjing yang lebih pintar, mereka dapat mengingat dan mengerti hingga 250 kata yang telah diajarkan oleh manusia.
Contohnya ketika Anda melatih anjing Anda untuk duduk, berbaring, berputar, mengejar, mengikuti, atau hingga pura-pura mati.

2. Anjing Bisa Cemburu

Sama halnya seperti manusia, ternyata anjing juga dapat cemburu. Mungkin ini terdengar aneh bahwa anjing memiliki perasaan cemburu layaknya manusia gitu, namun dalam sebuah studi menunjukkan ternyata anjing dapat mengekspresikan kecemburuan mereka.
Itu terlihat dari kemiripan hormon oxytocin yang juga ada di manusia dimana hal itu dapat terlihat saat seekor anjing dan juga manusia mengekspresikan cinta dan kecemburuan mereka.

3. Anjing Memakan Kotoran dan Rumput

Jangan kaget gaes, karena hal ini sudah sering terjadi pada beberapa anjing jika mereka kekurangan mineral dan nutrisi. Bahkan mereka dapat memakan kotoran mereka sendiri untuk mengambil mineral dan nutrisi dalam kotoran tersebut.
Sedangkan untuk rumput nih ya, anjing memakannya agar membantu pengolahan pencernaan mereka atau ketika mereka merasa tidak nyaman dan ingin memuntahkan sesuatu yang menggangu tubuh mereka, gitu gaes.

4. Anjing Doyan Makan Es Krim

Tidak hanya bagi manusia nih gaes, ternyata es krim juga dapat menjadi snack bagi para anjing. Es krim tersebut dapat bertindak sebagai pengganti air ketika mereka dehidrasi.
Es krim memiliki nutrisi dan vitamin cair yang dapat membuat bulu mereka lebih sehat. Namun seperti yang dikatakan sebelumnya, hati-hatilah jika es krim itu adalah es krim coklat karena malah akan menjadi racun bagi seekor anjing.

5. Anjing Sensitif Terhadap Petir

Tahukah kamu bahwa guntur atau petir yang terjadi ketika hujan dapat mengakibatkan frekuensi atau getaran yang membuat telinga anjing sampai sakit? Oleh karena itu jika terjadi guntur atau petir, terkadang anjing terkejut dan menggonggong itu karena mereka sangat sensitif terhadap petir hingga batas telinga mereka sakit karena hal tersebut.

6. Anjing Dapat Mencium Penyakit

Anjing memiliki penciuman yang sangat tajam gaes, dan hal itu sudah diketahui secara umum, namun ternyata anjing juga dapat mencium penyakit loh. Jika kamu memiliki kanker, diabetes atau epilepsi, mungkin hewan pertama yang mengatahui hal tersebut adalah anjing.
Dalam studi penelitian ternyata anjing dapat dilatih untuk mengendus penyakit kanker yaitu pada paru-paru, payudara, kulit dan prostat. Para peneliti menduga bahwa anjing dapat mencium bau berbeda yang dikeluarkan dari orang dengan sel yang abnormal atau sedang sakit.

7. Anjing Pendiam Berumur Lebih Panjang Dibanding yang Agresif

Telah dilakukan penelitian pada Juni tahun 2010 lalu oleh The American Naturalist terhadap 56 jenis anjing nih gaes. Penelitian tersebut berusaha mencari tahu berbagai faktor yang menentukan energi, kepribadian, pertumbuhan dan jangka hidup anjing loh.
Ternyata anjing dengan yag agresif atau galak memiliki pertumbuhan yang cepat dan meninggal muda nih. Hal sebaliknya juga terjadi yakni anjing yang jinak atau tidak terlalu agresif akan memiliki jangka hidup yang lebih panjang.

8. Jangan Pernah Memberi Coklat

Sebagai pecinta anjing gaes, mungkin pernah mendengar mitos mengenai coklat yang dapat berakibat racun bagi anjing. Jika kebanyakan mitos itu salah, namun yang satu ini ternyata benar adanya.
Coklat memiliki kandungan kimia yaitu Theobromine loh dan merupakan racun yang dapat berakibat fatal nih bagi anjing apabila dikonsumsi antara 100-150 mg dari berat keseluruhan perkilogram Anjing.
Andai kata anjing kamu beratnya adalah 10 kg, maka 1-1,5 gram kandungan Theobromine pada coklat dapat menjadi racun fatal bagi anjing kesayangan Anda.

9. Anjing Tidak Buta Warna

Kengkawan pasti pernah mendengar mitos bahwa sebenarnya anjing itu buta warna, hanya dapat melihat hitam dan putih. Akan tetapi sebenarnya anjing tidak buta warna, mereka dapat membedakan warna loh gaes.
Walaupun tidak seperti manusia yang dapat melihat jutaan warna, anjing pada kenyataannya tidak selalu melihat segalanya dalam hitam putih.
Memang, Anjing tidak dapat membedakan warna antara warna hijau dan merah, namun anjing dapat melihat warna dalam bentuk bayangan kuning atau biru.

https://goo.gl/tkKjm3
 
Back
Top