Memperbaiki Pola Makan Menjadi Lebih Baik

prasmanay

New member
Pola-Makan-Sehat.jpg


Salah satu pilihan untuk memiliki badan yang sehat adalah menjaga pola makan yang baik, dan tentunya diawali sejak sekarang untuk manfaat di hari depan. Memperbaiki pola makan tidaklah mudah apalagi jika sudah terbiasa menikmati santapan sampah, maka simak beberapa trik berikut untuk melakukan perubahan:

Membiasakan untuk makan secara teratur,

Terlupa untuk makan kerap membuat tubuh kekurangan energi dan paling parah adalah mengalami maag kronis. Berawal dari kebiasaan meninggalkan jam makan dengan alasan kesibukan yang padat ternyata bisa menurunkan daya tahan tubuh. Maka usahakan makan teratur dan tepat waktu.

Memilih bahan makanan segar dan diolah langsung,

Memperbaiki jam makan memang lebih mudah dibanding menentukan bahan atau menu yang hendak dimakan. Selain teratur dalam bersantap diusahakan untuk memilih bahan makanan yang masih segar. Memastikannya tentu semakin mudah tatkala memilih memasak sendiri di rumah, sehingga terjamin bersih pula. Menyantap makanan segar menawarkan kandungan nutrisi yang masih lengkap, sehingga badan sehat pun semakin mudah untuk didapatkan maka jadikan kebiasaan bersantap sehat di rumah.

Menentukan makanan kaya nutrisi seimbang,

Setelah mendapatkan bahan makanan segar maka pastikan diolah dengan cara tepat supaya nutrisi di dalamnya tidak luruh ketika diolah. Beberapa jenis bahan makanan lebih baik jika disantap dalam kondisi mentah namun usahakan dicuci sampai benar-benar bersih. Kemudian pastikan kadar nutrisinya seimbang, sehingga dalam satu hari jangan sekedar makan nasi dengan daging saja. Melainkan perlu menambahkan sayuran baik yang dibuat sayur berkuah, di tumis, ataupun dijadikan lalap dan jika memungkinkan setiap hari nikmati buah segar.

Mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh,

Selain makanan tubuh juga memerlukan asupan berupa cairan, dan dianjurkan minum sebanyak mungkin. Utamakan minum air putih, jika bosan bisa membuat detoxwater, jus buah, seduhan teh, dan sejenisnya. Namun untuk mendukung aktifitas harian yang padat maksimalkan konsumsi air putih supaya konsentrasi terjaga dan tubuh selalu fit. Hindari minuman berperasa seperti minuman dalam kemasan berwarna-warni sebab tidak baik bagi kesehatan tubuh. Meski sama-sama sumber cairan namun untuk badan sehat baiknya cukup air putih saja.
 
Back
Top