Pilihlah Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi, Jangan Sampai Salah Pilih Ya Bund?

SimplyLand

New member
Pilihlah Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi, Jangan Sampai Salah Pilih Ya Bund?

Periode masa bayi merupakan periode emas. Artinya, masa tersebut merupakan masa dimana bunda dan ayahnya memiliki peluang untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Hal ini dapat diwujudkan dengan melakukan berbagai upaya. Seperti salah satunya adalah melalui pola asupan makanan bayi.

Pada masa bayi, si kecil harus memperoleh asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya, hal ini semata-mata bertujuan agar pertumbuhan serta perkembangan bayi menjadi lebih optimal. Hingga usai minimal 6 bulan, kebutuhan gizi bayi masih dapat terpenuhi dengan pemberian ASI dari bundanya. Tapi secara umum, setelah melewati masa tersebut, bayi akan mulai membutuhkan makanan pendamping yang sesuai pencernaannya. Dengan demikian inilah waktu yang tepat untuk para bunda agar dapat memperkenalkan makanan bayi 6 bulan yang sehat untuk diberikan kepada si buah hati sebagai makanan pendamping ASI nya.

Memilih makanan sehat untuk si kecil secara rutin mungkin dapat menjadi hal yng cukup membingungkan, terutama untuk bunda yang baru saja melahirkan. Kerap kali para bunda dibuat ragu akan jenis makanan yang tepat dengan takaran yang sesuai saat pertama kali memberi makan bayi mereka. Apalagi jika bunda menghadapi kondisi ketika si buah hati mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut dan diare. Hal ini tentu akan membuat bunda menjadi panik dan tak tahu harus berbuat apa.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sehat untuk diberikan kepada sang buah hati, agar bunda tak lagi dibuat pusing memilih-milih makanan yang sehat untuk bayi.

1. Biskuit Campur Susu

Bagi bunda yang pertama kali memberikan makan kepada bayi setelah mereka cukup usia untuk makan, menu pertama yang bisa bunda coba adalah biskuit yang dicampur dengan susu. Adapun jenis biskuit yang bisa bunda gunakan adalah biskuit bayi yang saat ini banyak dijual dipasaran. Cara pengolahnnya, bunda bisa melakukanya dengan menghancurkan biskuit, aduk dan masukkan ke dalam campuran susu. Tambahan susu hangat akan membuat biskuit yang bunda masukan menjadi lebih mudah untuk dihancurkan. Setelah hancuk aduk-aduk hingga meraata menjadi bubur. Selain itu pastikan jika bunda mmeberikan susu dengan temperatur yang sesuai dengan bayi yang masih begitu sensitif.

2. Bubur Sayuran

Memberikan jenis makanan berserat untuk bayi yang baru menyantap makan tentu bukanlah tindakan yang bijak saat ini. Namun disamping itu, asupan sayuran dan buah-buahan amat dbundatuhkan bayi untuk menjaga asupan nutrisinya agar tetap sehat. Untuk itu, selektiflah memilih sayuran dengan serat yang sedikit sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi. Ketika mengolah sayuran, ada baiknya jika bunda tidak terlebih dahulu memberikan rasa yang begitu bermacam-macam, sebab pemberian berbagai bumbu akan dapat mengganggu sensitifitas perut bayi. Untuk membuat bubur sayuran bunda bisa melakukannya dengan merebus sayuran seperti buncis, wortel atau sayuran lain yang kemudian dihancurkan.

3. Telur Rebus

Telur rebus merupakan sumber protein serta nutrisi yang baik untuk bayi bunda. Untuk memberikan telur rebus pada bayi, sebenarnya bunda tak perlu menunggu terlalu lama. Hanya saja, akan lebih baik jika bunda menunggunya 3 bulan setelah dimulainya pemberian MPASI bayi bunda. Sama halnya dengan kedua jenis makanan diatas, telur rebus ini wajib bunda olah menjadi bubur agar mudah dicerna oleh perut bayi. Selain itu, jangan lupa pula selalu sediakan air minum dengan jarak yang mudah bunda jangkau, agar ketika si kecil sudah makan banyak ia tidak akan merasa kekeringan.

Demikian beberapa jenis makanan sehat yang baik diberikan pada si kecil. Memberi makan bayi untuk pertama kali memang sedikit membingungkan untuk bunda yang baru saja melahirkan. Namun dibalik semua alasan tersebut, memberi makan bayi bukanlah sesuatu yang menakutkan. Apabila bunda sudah terbiasa melakukannya, maka bunda akan dengan sendirinya terbiasa.

Dan keseringan banyak bunda yang terlalu sibuk dengan mengurusi sang buah hati. Hingga bunda lupa untuk merawat diri bunda sendiri agar tetap cantik saat menyusui dan mulai merawat diri bunda agar terlihat tetap fresh walaupun di sibukan dengan mengasuh sang buah hati.

Kunjungi : 6 Tips Merawat Diri Agar Tetap Cantik Saat Hamil Dan Menyusui Dan  Buat Muslimah Yang Sedang Menata Diri, Inilah 8 Style Gamis Kekinian Tapi Tetap Santun   

Sofeya ID / Gamis Menyusui Khimar Syar'i / Gamis Ibu Menyusui / Pilihlah Jenis Makanan Sehat Untuk Bayi, Jangan Sampai Salah Pilih Ya Bund?
 
Back
Top