Hai bunda! lakukan ketahui pengobatan bayi yang menelan air ketuban

destiination

New member
Salah satu masalah yang mungkin sering muncul ketika proses persalinan sedang berlangung adalah kondisi dimana sang bayi yang akan lahir tidak sengaja menghirup dan meminum air ketuban dari sang ibu. Sebenarnya apa sih bahayanya? Sebelmu membahas mengenai bahayanya, ada baiknya kita mempelajari mengenai air ketuban.

Air ketuban sendii merupakan cairan yang sering disebut dengan istilah amnion, yang merupakan cairan yang berada pada ruangan yang diliputi oleh selapt dari janin. Air ketuban sendiri memiliki banyak fungsi bagi janin. Anda harus waspada karena hal ini ternyata bisa berdampak buruk untuk kesehatan bayi Anda lebih parahnya bayi Anda mungkin saja dapat kehilangan nyawa. Tidak sedikit bayi yang baru lahir menghirup udara untuk pertama kalinya ia juga ikut minum air ketuban ibunya. Hal inilah yang bisa memicu bayi tersedak sehingga tidak bisa lagi bernafas dan pada akhirnya kehilangan nyawa.

f.jpg


Mengapa demikian? Karena pada kondisi tersebut bayi mengalami stres yang menyebabkan ia mengalami kekurangan oksigen yang dapat memicu timbulnya mekonium, yaitu sampah metabolisme bayi yang dihasilkan bayi selama ia berada di dalam rahim, dan jika cairan ketuban tertelan bayi bisa membahayakan kesehatannya.

Selain itu, jika mekonium yang terhirup oleh bayi lebih kental, maka dapat menyumbat saluran udara dan lengket di saluran pernapasan. Kondisi tersebut dapat membuat bayi mengalami kesulitan bernapas. Adapun tanda jika bayi menelan cairan ketuban biasanya ia akan mengalami sesak napas setelah beberapa menit dilahirkan.

Selain itu, bayi yang menelan cairan ketuban bisa juga ditandai dengan ia tidak menangis setelah lahir. Nah, sesak napas bisa juga terjadi karena cairan ketuban tersebut masuk ke dalam paru-paru.

Selama masa kehamilan, disarankan bagi ibu bayi untuk menjaga kesehatan agar ia dan janin dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi serta rutin melakukan olahraga ringan untuk mencegah sang ibu mengalami ketuban pecah dini.
 
Back
Top