fakta unik soal Toyota Calya

Ichijou02

New member
Welcome-Image.png
Minimnya kendaraan LCGC tujuh penumpang, Membuat Calya tak pelak jawaban Toyota (dan Daihatsu). Dulunya, segmen ini hanya diisi Datsun Go+ Panca, yang otomatis mendominasi pasar dan untuk meramaikan persaingan karna itu calya hadir gan!!

Dalam hal pengembangan mobil, Toyota terlihat tidak tergesah – gesah. Mereka mempelajari dan berkaca dahulu kepada semua mobil LCGC biar manteb bener gan hehe, mengambil semua kelebihan dan memperbaiki apa yang kurang di produk tersebut. Hasilnya, mobil MPV kecil yang mumpuni, sanggup membawa barang dan penumpang banyak, dengan harga 100 jutaan saja intinya bisa jadi mobil multifungsi gan hehe.

20161103132457%21Calya.png

Coba kita ulik-ulik sedikit fakta unik soal Toyota Calya ini ya!!!

Mesin

IMG_0722.jpg


Calya Memanfaatkan mesin berkode 3NR-VE berkapasitas 1.197 cc (1,2 liter). Perlu diketahui, mesin berkode NR adalah keluarga mesin empat silinder dengan teknologi Dual VVT-i terbaru dari Toyota. Penggunaan teknologi Dual VVT-I ini bertujuan untuk mengatur pembakaran agar tetap efisien di berbagai kondisi. Adapun pengguna mesin NR antara lain Toyota C-HR, Yaris, Sienta, Avanza hingga Auris di Eropa. Tenaga yang dihasilkan pada Calya sebesar 87 ps. Cukup untuk sebuah mobil perkotaan.


Kapasitas

IMG_0707.jpg


Toyota Calya memiliki dimensi panjang 4.07 meter dengan lebar 1,65 meter dan tinggi 1,6 meter. Perlu di ingat juga ya, Calya itu mobil LCGC. Karenanya, jangan berharap mendapatkan kelegaan ruang layaknya Avanza dan pada dasarnya Calya ini basicnya adalah dari Agya/Ayla. Tapi, walaupun begitu, Baris ketiga tidak bisa diharapkan karena ruang kaki yang pas-pasan. Namun anda bisa “mengakalinya” dengan mengkhususkan baris ketiga untuk penumpang berbadan kecil seperti anak-anak yang berusia di bawah 15 tahunan. Calya menjanjikan interior yang lumayan lega lah untuk ukuran LCGC.


Fitur Keselamatan

Front-Armrest-Kursi-depan-Toyota-Calya.jpg


Yang menarik dari LCGC ini adalah seat belt terpasang untuk semua penumpang, termasuk mereka yang duduk di baris paling belakang. Karena ini mobil LCGC, Calya memiliki dua airbag untuk penghuni di baris paling depan. Ini artinya, kursi memang didesain untuk ditempati, bukan sekadar tempat duduk tambahan. Selain itu, Toyota sudah memasangkan ISOFIX, dudukan untuk kursi anak-anak. Fitur lainnya, rem dengan ABS, sensor parkir, hingga kunci dengan immobilizer. Untuk ukuran mobil LCGC ini sudah sangat lumayan lengkap loh.

Peredaman Kabin


Toyota-Calya-front-quarter-arrives-at-dealership.jpg


Mungkin ekspektasi pertama melihat mobil ini pada awalnya, Calya pasti berisik kabinnya. Saat mesin menyala, kabin juga tetap tenang. Ketika berjalan, suara ban sedikit masuk ke kabin tapi itu masih normal. Pacu mesinnya dan meski mesin berteriak di depan, tapi suara audionya masih bisa didengar dengan nyaman. Ini karena insulator Calya yang jempolan. Contohnya ada pada karet pintu yang cukup tebal. Pada saat menutup pintu pun bunyinya sangat meyakinkan dan bukan seperti ‘besi ketemu besi’.



Fitur Tersembunyi

toyota-calya-interior.png


Apa saja fitur-fitur yang belum diketahui dari mobil ini? mungkin saat Anda pulang ke rumah di malam hari dan lupa mematikan lampu mobil, Calya memiliki sistem cut-off atau pemutus kelistrikan otomatis. Hasilnya? Pagi hari aki tidak akan tekor karena sistem cut-off ini. Contoh lainnya, lampu sein yang berkedip sebanyak tiga kali saat tuas disentuh. Ini berguna untuk peringatan berpindah jalur dan bukannya belok bagi pengendara lain. Lebih dari itu, Anda harus baca dengan teliti manual booknya sebelum bisa menemukan fitur-fitur seperti ini.


Konsumsi BBM

Last but not least, konsumsi BBM ini adalah hal yang relatif dan tidak mutlak. Kenapa begitu? Ya semua tergantung pada kaki pengemudinya. Pernah seseorang rekan mencatatkan 8,8 km/liter, itu pun karena mobil dikendarai kasar alias ngebut dari Semarang ke Solo. Di dalam kota, beberapa rekan mencatatkan 14 km/liter, sedang luar kota bisa melewati 20 km/liter. Namun sekali lagi, hal ini kembali kepada si pengendara masing-masing ya.

Apakah agan setuju tentang fakta di atas gan??

Semoga bermanfaat gan ane tunggu komengnya

thank-you-for-visiting-gold.png
Referensi: https://www.oto.com/berita-mobil/7-hal-toyota-calya-yang-patut-diketahui-21166749
 
mesin Toyota Calya sendiri memiliki kode 3NR-FE dan Toyota akan menyematkan teknologi yang saat ini sedang ngetren di gunakan oleh mobil-mobil lain gan, yaitu teknologi Dual VVT-i gan.
 
Back
Top