Bagaimana cara mengewetkan daging ?

sinici

New member
Mesin Daging - Daging bisa disimpan dengan aman selama berminggu-minggu, bulan, atau bahkan tahun, jika diawetkan dengan benar. Menyimpan daging dalam keadaan beku di lemari pembeku adalah cara yang sudah banyak oleh diketahui orang. Tetapi, ada cara-cara lain untuk mengawetkan daging, yang beberapa di antaranya sudah dipraktikkan selama lebih dari 1.000 tahun.

v4-728px-Preserve-Meat-Step-1-Version-3.jpg


Siapkan daging sebelum dibekukan. Untuk mencegah mutung beku, persiapkan dan kemas daging sebelum dimasukkan ke dalam lemari pembeku.

  1. Daging serta unggas bisa dibekukan di dalam kemasan penyimpanan, tetapi sebaiknya bungkuslah daging berlipat-lipat untuk memastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam kemasan. Gunakan kantong plastik dan foil aluminium tahan lasak, terutama yang dirancang untuk penggunaan lemari pembeku (lihat labelnya).
  2. Gunakan penyegel hampa udara rumahan untuk menghilangkan udara dari dalam kemasan.
  3. Ada beragam tipe dan harga penyegel hampa udara. Selain itu gunakanlah kantong khusus (dijual terpisah) untuk menyimpan makanan.
  4. Gunakan wadah kedap udara seperti plastik, atau botol dan kaleng yang ramah lemari pembeku.
  5. Gunakan pembungkus seperti foil aluminium tahan lasak, kantong plastik lemari pembeku, atau pembungkus dan kantong polietilena.
  6. Buang tulang sebanyak mungkin sebelum daging dibekukan, karena tulang akan memakan tempat dan bisa mengakibatkan mutung beku.
  7. Letakkan kertas lemari pembeku sebagai pelapis di antara potongan daging untuk mempermudah pemisahannya setelah dibekukan nanti.
 
Back
Top