Tips Merawat Eksterior Dan Interior Mobil

Kastuti

New member
curata-masina-cu-produse-naturiste.jpg


Perawatan interior mobil dan eksterior mobil yang terbaik sangatlah penting untuk dilakukan secara berkala. Untuk menghindari kerusakan perlahan-lahan pada kedua bagian penting tersebut. Karena hal itulah, sangat penting untuk kita menjaga kondisi mobil sebaik-baiknya untuk menghindari hal terburuk. Salah satunya adalah dengan mengikuti tips-tips sederhana di bawah ini.


Merawat Mobil Untuk Bagian Eksterior

Agar cat mobil lebih terawat dan terbebas dari noda, dengan cara perawatan yang tepat. Merawat eksterior mobil ini bisa dilakukan dengan rajin mencucinya. Sangat disarankan untuk tidak mencuci mobil di bawah paparan terik matahari. Dikarenakan cat mobil akan lebih mudah pudar. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mencucinya, sebaiknya mesin mobil dalam kondisi dingin dan menggunakan air tawar.

Anda bisa menyemprotkan bagian yang kotor karena debu menggunakan air. Sebaiknya memakai semprotan air dengan tekanan tinggi. Kotoran yang bandel bisa dibersihkan dengan pembersih khusus. Bagian kolong mobil juga jangan lupa untuk disemprotkan air. Sejumlah bagian eksterior mobil yang harus selalu dibersihkan adalah shock absorber belakang dan depan, kaca mobil dan inquiry mobil. Shampoo atau sabun khusus mobil bisa digunakan dan bersihkan air yang melekat pada body mobil dengan kain lap yang lembut. Untuk tahapan akhir cara merawat mobil bisa mengoleskan car wax.


Merawat Mobil Untuk Bagian Interior

Agar selalu menunjang kenyamanan, sisi interior juga harus mendapatkan sentuhan yang memadai. Perawatan yang teratur dan menjangkau seluruh bagian penting, akan membuatnya awet dan nampak selalu cantik dan bersih.

Membersihkan dashboard.

Karena lokasinya paling depan, maka sangat rentan terpapar sinar matahari. Sehingga paling sering mendapatkan perhatian dan harus sering dibersihkan. Kuas atau kemoceng bisa dimanfaatkan dalam menghilangkan debu yang melekat. Pembersihan debu dan kotoran lainnya ini harus menyentuh hingga ke lubang AC dan sudut-sudutnya. Cairan pembersih khusus bisa dimanfaatkan juga untuk menghilangkan debu. Setelah itu baru dikeringkan dengan lap yang lembut dan kering.

Menggunakan karpet mobil karet sintetis.

Tips perawatan mobil lebih disarankan, karena lebih mudah dibersihkan atau mencucinya dan cepat kering. Berbeda kalau memakai karpet kain, kotoran seperti pasir, debu dan kotorannya lainnya sulit dibersihkan dan lama keringnya bila dicuci.

Menggunakan lap basah untk pembersihan langit-langit.

Kain yang dicelupkan sedikit air efektif untuk membersihkan debu yang melekat di langit-langit mobil. Setelahnya bisa dibersihkan dengan kain kering, agar sisa air dan debu bisa lebih maksimal dibersihkan. Penggunaan sabun khusus bisa diterapkan, agar pembersihan lebih optimal.

Membersihkan jok mobil.

Anda bisa menggunakan penyedot debu, sikat gigi, lap kering yang ditambahkan sabun khusus dan sebagainya bisa diaplikasikan sebagai cara merawat mobil.

Memasang pengharum.

Aroma tidak sedap kadang tercium di dalam kabin mobil, karena aroma makanan, bau bahan bakar dan sebagainya. Hilangkan dengan memakai pengharum mobil sesuai selera Anda.
 
Back
Top