Kontribusi PT. RAPP Milik Sukanto Tanoto Untuk Indonesia Selama 15 Tahun

spektruder

New member
PT. RAPP adalah perusahaan multinasional yang dirintis oleh pengusaha sukses Sukanto Tanoto. Perusahaan yang dibawah naungan APRIL Grup ini fokus dalam pengelolahan hasil bumi berupa batang pepohonan menjadi kertas pulp yang kemudian akan didistribusikan ke seluruh Indonesia dan sebagian lagi diekspor ke luar negeri. Produk dari perusahaan yang berpusat di hutan Riau ini sudah terkenal di lebih dari 75 negara di dunia.

Sejak berdirinya perusahaan Sukanto Tanoto ini di tahun 1999, sudah banyak mencetak berbagai prestasi dan kontribusi kepada negara Indonesia, salah satunya adalah membawa nama tanah air ke penjuru dunia dengan kualitas produknya yang sudah berkelas, belum lagi banyaknya program-program yang dicanangkan Tanoto Foundation yang berbasis kemanusiaan untuk pemberdayaan masyarakat dari segi pendidikan, kemandirian, maupun pengetahuan.

Lowongan-PT-Riau-Andalan-Pulp-and-Paper-%2528RAPP%2529.jpg


Seperti yang sontar terdengar bahwa beasiswa pendidikan Tanoto Foundation adalah beasiswa yang benar-benar menitikberatkan akses pendidikan untuk mereka yang kurang mampu, sekaligus melatih dan menumbuh kembangkan sikap kepemimpinan sejak dini kepada pelajar Indonesia. Tentu saja, hal ini menjadi pemicu yang tepat untuk Indonesia memajukan kualitas pendidikan sekaligus memperbaiki kualitas sumber daya manusianya, karena hanya dengan pendidikanlah kunci utama untuk mengentas kemiskinan yang sudah mendarah daging di negara Indonesia. Ide ini awalnya merupakan cita-cita pendiri PT. RAPP, Sukanto Tanoto. Beliau ingin mengentas kemiskinan Indonesia melalui pendidikan yang murah dan terjamin untuk semua kalangan, sehingga dari pendidikanlah lahir generasi pemimpin bangsa.

Beberapa kontribusi PT. RAPP lainnya yang jarang dipublikasikan adalah dana yang disalurkan untuk pemasukan negara yang kurang lebihnya mencapai Rp. 2,45 Triliun selama kurang lebih 15 tahun sejak perusahaan ini berdiri. Nominal besar ini terdiri dari penerimaan pajak sebesar 1,95 Triliun dan penerimaan bukan pajaknya sebesar Rp. 530 Miliar. Jumlah sekian yang sudah disebutkan tentu belum termasuk kontribusi lain diberikan PT. RAPP kepada daerah Riau melalui kontribusinya menyumbang pemasukan kas pemerintah daerah sebesar Rp. 758,59 miliar.

Keberadaan perusahaan bubur kertas di Riau sendiri memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah di sana. Pasalnya dengan berdirinya PT. RAPP akan memberikan banyak lapangan kerja untuk masyarakat Riau dan sekitarnya. Dengan jumlah tenaga kerja yang tertampung banyak, maka secara otomatis akan mendongkrak perekonomian daerah.

Setiap tahunnya, perusahaan Sukanto Tanoto ini memerlukan sekitar 85.000 orang karyawan untuk membantu perusahaan dalam menjalankan fungsi produksinya. Dari jumlah tersebut sebesar 81% ditempatkan terpusat di Riau. Meskipun demikian, diakui oleh pihak perusahaan RAPP bahwa, kontribusi PT. RAPP terhadap output relatif perekonomian daerah Riau mulai menurun seiring berjalannya waktu sejak tahun 2009. Diakui pula oleh pihak PT. RAPP bahwa sekalipun hal ini menunjukkan penurunan akan tetapi justru ini merupakan perubahan positif karena itu memperlihatkan bahwa masyarakat setempat mulai bisa mandiri dan tidak bergantung lagi kepada PT. RAPP.
 
Back
Top