Memperbaiki Paket Debian Dg Knoppix

randuwe

New member
Knoppix tersusun lebih dari 90% paket murni Debian, dan jika Pembaca menginstal Knoppix ke hard disk, Pembaca menemukan program2 dan utiliti2 yg terinstal menempati lokasi yg sama dg lokasi sistem Debian. Krnnya tdklah mengherankan bila Knoppix memboyong banyak packaging tool milik Debian dan merupakan rescue disk jempolan utk mereparasi masalah2 berbau Debian.
Tulisan ini menyuguhkan cara mendowngrade paket yg mengalami kerusakan (broken package) hingga Pembaca tdk dpt membooting sistem, membetulkan paket dpkg yg mengalami masalah, dan melakukan sejml ‘penyembuhan’ versi Debian.
Knoppix menyertakan tool dpkg Debian : dpkg, dpkg-buildpackage, dpkg-reconfigure, dan dpkg-source. Dg tool2 tadi, Pembaca dpt menyelamatkan sistem Debian yg tdk mau booting lantaran paketnya mengalami kerusakkan atau instalasi terjadi corrupted.
Misalnya, jika paket modutils (yg berisi utility penting spt modprobe dan insmod) mengalami corrupted, sistem tdk dpt me-load modul dan bisa jadi tdk mau booting. Utk memperbaiki, bootinglah Knoppix dan mount partisi root Debian (pd contoh ini, /dev/hda1) dg hak akses read/write:
knoppix@ttyp0[knoppix]$ sudo mount –o rw /dev/hda1/ mnt/hda1
periksalah apakah sistem Anda telah ditanami modutils versi sebelumnya di /var/cache/apt/archives/. Jika tdk, buka browser dan gunakann fitur search di http://http.us.debian.org/debian/pool/main/m/modutils. mirror ini berisi paket utk arsitektur2 yg didukung Debian, krnnya pastikan Anda memungut paket yg sesuai dg arsitektur komputer Anda (mungkin, paket berakhiran “i386.deb”).
setelah Anda mendpt paket sesuai kebutuhan sistem Anda, jalankan dpkg pd mode chroot utk menginstal paket ke sistem Debian yg di-mount. Dlm contoh ini, direktori root Debian di-mount di /mnt/hda1, hingga perintah sbb:
knoppix@ttyp0[knoppix]$ sudo dpkg root /mnt/hda1
-i modutils_version_i386.deb
Tentu, ganti mount point sesuai di mana partisi root Debian di-mount, dan ubahlah paket ke paket yg hendak diinstal. Dpkg melakukkan downgrade total dg kesempatan Anda mengonfigurasi ulang, dan setelah dpkg selesai, Anda seharusnya bisa mereboot ke sistem dg paket yg telah direparasi.
Anda dpt juga menggunakan cara ini utk memperbaiki paket dpkg yg mengalami kerusakkan atau corrupted. Jelasnya, jika program instalasi paket Anda rusak, Anda tdk dpt menggunakan program instalasi tadi agar memperbaiki dirinya sendiri.
Namun Anda dpt menggunakan dpkg Knopiix yg masih berfungsi utk menginstal manager paket yg baru di lingkungan chroot. Setelah Anda mendownload paket yg sesuai kebutuhan Anda dari http://http.us.debian.org/debian/pool/main/d/dpkg/, jalankan perintah ini:
knoppix@ttyp0[knoppix]$ sudo dpkg root /mnt/hda1
-i dpkg_version_i386.deb
Pembaca dpt juga mendownload paket pengganti, mengubahnya menjadi file tar, lalu memekarkannya ke direktori root yg di-mount. Berikut adl langkah menggunakan tar dan alien utk menginstal paket. Alien adl tool berguna yg bertindak sbg penerjemah antara paket .tgz, .rpm, dan .deb, dan dpt mengubah file dlm salah satu format ke format lain. Gunakan alien utk mengubah paket ke file tar sebalum memekarkannya:
knoppix@ttyp0[knoppix]$ sudo alien to-tgz
dpkg_version_i386.deb
knoppix@ttyp0[knoppix]$ sudo mv dpkg_version_i386.tgz /mnt/hda1
knoppix@ttyp0[knoppix]$ cd /mnt/hda1
knoppix@ttyp0[hda1]$ tar xzvf dpkg_version_i386.tgz
Sekalipun banyak paket lain yg dpt dipakai bersama Knoppix utk memperbaiki Debian yg lagi mengalami masalah, pd umumnya sebaiknya Anda memperbaiki sistem Debian dg masuk ke sistem Debian sendiri. Gunakan Knoppix utk mereparasi paket2 tadi, lalu boot ke Debian dan perbaiki kendala selanjutnya dari sini.
 
Kurang begitu paham dengan hal ini gan, tapi bagi yang ingin memperbaiki silahkan untuk mengikuti apa yang sudah dipaparkan di atas ini.
 
Back
Top