[Mengenal Storage] Apacer AC630

octopussy

New member
Kali ini kami akan berbagi review mengengai produk Apacer AC630, yaitu sebuah hard drive eksternal portabel yang tahan guncangan.
Pada kesempatan menghadiri acara Computex 2017 yang lalu, kami melihat banyak sekali produk yang dipamerkan disana, antara lain MicroSD, USB 3-in-1, Flash drive 2-in-1, adapter OTG smartphone, eksternal drive dan berbagai modul memori.

001.jpg


Apacer AC630 hanyalah merupakan salah satu jenis shock drive tipe kelas pemula dengan tingkat militer yang mereka pamerkan saat itu, mereka juga memiliki produk AC631 yang memiliki desain berbeda. Terdapat juga AC632 yang dibangun dari logam dan juga memiliki tingkat ketahanan militer – drive portabel tahan guncangan. Serta lebih banyak produk lainnya, tapi saat ini kami hanya ingin fokus pada produk Apacer drive AC630.

Desain dan Bentuk

Produk ini di lapisi oleh sekeliling karet tebal yang membuatnya aman ketika terjatuh tanpa disengaja, tetapi juga memiliki penutup atas dan bawah yang terbungkus plastik.

Produk ini hanya memiliki satu varian warna, yaitu orange dan hitam. Dalam paket penjualannya termasuk kabel USB 3.0 yang dirancang khusus untuk produk ini.

002.jpg


Kapasitas

Ketebalan keseluruhan hanya 20,5mm dan produk ini memiliki dua kapasitas penyimpanan yaitu 1 terabyte dan 2 terabyte. Versi yang akan kami bahas saat ini adalah versi dengan kapasitas penyimpanan 1 terabyte.
AC630 juga memiliki IP55 yang berarti bahwa produk ini tahan air dan tahan debu tetapi hanya memiliki satu buah slot USB yang terdapat dibagian bawah.

Tampilan Dalam

003.jpg


Karena kami merasa penasaran terhadap isi bagian dalamnya, kami coba buka produk ini, dan ternyata sangat mudah, karena hanya terdiri dari empat sekrup biasa, begitu dilepas kami dapat melihat lapisan bahan karet tebal di sekitar drive yang membuatnya aman dan terlindungi ketika jatuh akibat tidak sengaja.

Drive di dalamnya dalah HDD regular WD 2.5 inch. terhubung ke board kecil ini yang juga memiliki garansi pada seal nya. Drive ini memiliki garansi 3 tahun.

Kecepatan Baca dan Tulis

Hasil benchmark kami sesuai apa yang kami harapkan, karena produk ini tidak menggunakan sebuah SSD drive, jadi kecepatan baca dan tulisnya mencapai 104mb/s, yang berarti sebenarnya tidak buruk.

004.jpg


Kami melakukan edit dalam 4k dan yang hebat disini adalah kami masih dapat memutar file 4k secara langsung bahkan tanpa perlu menyalinnya ke drive internal.

Kompatibilitas

Yang kami suka tentang drive ini adalah bagaimana kuat dan portabelnya produk ini sebagai drive backup utama kami dan kami dapat bawa produk ini kemanapun kami pergi atau jika kami perlu melakukan edit file saat dalam perjalanan. Produk ini sangat dapat diandalkan bahkan jika menggunakannya bersama dengan laptop Macintosh.

Biasanya, pada MacBook lain, kami masih perlu untuk menginstal software tambahan hanya untuk membaca drive. Tetapi untuk yang satu ini, kami hanya perlu lakukan plug and play.

Kesimpulan

005.jpg


Satu-satunya yang kami harapkan dimiliki oleh produk ini adalah kabel untuk USB Type- C.
Secara keseluruhan drive ini bekerja dalam hening dan dapat diandalkan, sehingga kami tidak perlu khawatir ketika produk ini jatuh tanpa disengaja karena umumnya ini yang biasanya terjadi dari waktu ke waktu ketika kami sedang dalam perjalanan yang terburu-buru.
Jika Anda seorang traveler atau kalangan professional yang selalu bepergian atau mungkin seorang siswa, kami sangat sarankan untuk memiliki produk ini dalam menyimpan file-file penting agar lebih aman dan tahan lama.

[ame]http://www.youtube.com/watch?v=Iw8RVkrnsiI[/ame]
 
Merk yang satu ini bagus gan, dengan storage yang demikian luas bisa dijadikan tempat menyimpan data dengan baik. Jadi nantinya tetap eksis dan barangnya awet dipakai.
 
Back
Top