Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

bosarman

New member
Kelestarian-Lingkungan-Dan-Keseimbangan-Dalam-Pengelolaan-Kebun-Kelapa-Sawit.jpg


Berbicara mengenai pertanian, tidak lepas dari yang namanya perkebunan. Di Indonesia, sektor perkebunan merupakan komoditas yang diunggulkan untuk di ekspor atau untuk memenuhi kebutuhan sawit nasional. Itu sebabnya banyak masyarakat maupun perusahaan yang berlomba-lomba mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

Ada banyak perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Tidak hanya di Sumatera dan Kalimantan kini perkebunan kelapa sawit telah merambah hampir ke berbagai wilayah seperti di Papua, Maluku dan daerah-daerah pulau lainnya. Kini Indonesia menjadi negara penghasil CPO terbesar di dunia, dengan luasnya perkebunan kelapa sawit yang ada baik milik perusahaan swasta, pemerintah maupun masyarakat.

Namun, untuk perkebunan yang dikelolah oleh masyarakat sendiri, masih jauh tertinggal dari perkebunan milik perusahaan dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Kualitas biji sawit yang dihasilkan masih kurang baik, sehingga petani sawit banyak yang belum bisa menghasilkan keuntungan yang lebih dari perkebunan sawit dari yang mereka kelolah sendiri.

Untuk itu, peran dari lembaga maupun pemerintah diharapkan untuk membantu petani sawit agar menghasilkan buah sawit yang terbaik dan bisa memaksimalkan hasil tanaman sawit mereka.

Untuk peran dari pemerintah sendiri sudah banyak yang dilakukan seperti pemberian benih sawit yang berkualitas serta melakukan sosialisasi tentang penanaman sawit. Sedangkan melalui peran dari lembaga pertanian, telah banyak membantu seperti melalui berbagai forum pertanian maupun komunitas pertanian Indonesia.

Salah satunya adalah melalui forum dan komunitas pertanian Indonesia Agroteknologi. Forum dan komunitas pertanian ini dibentuk untuk mewadahi petani-petani di Indonesia dalam membantu memberikan pengetahuan dan pengelolahan tanaman sawit maupun tanaman lainnya seperti padi, karet, sayur-sayuran dan sebagainya.

Kegiatan dari komunitas pertanian ini selain dilapangan juga bisa diakses melalui websitenya di Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id. Berbagai ilmu dan pertanyaan bisa dibahas di forum ini. Selain itu, petani juga bisa berbagi pengalamannya dengan membagikan tulisan di forum pertanian tersebut.

Tulisan tentang tanaman sawit banyak yang dibahas mulai dari pemilihan bibit unggul, replanting, pemupukan, peyemprotan hama hingga pengalaman di bidang CSR dari berbagai perusahaan perkebunan juga turut di share guna memberikan motivasi dan pengalaman di bidang perkebunan kelapa sawit.

Masyarakat yang bergabung di forum dan komunitas pertanian tersebut tentu akan mendapatkan banyak manfaat dan pengalaman dengan bergabung atau sekedar mengunjungi websitenya. Dengan begitu ilmu pengetahuan tentang pertanian akan dapat diserap dengan baik. Semoga dengan adanya bantuan dari pemerintah, swasta maupun dari komunitas pertanian ini bisa mendorong dan memajukan pertanian di Indonesia khususnya bagi petani sawit.
 
Last edited:
Back
Top