Sepatu yang Menjanjikan

Vatinson14

New member
Pernah mengerti bagaimana siasat untuk merintis bisnis tanpa uang? Abdul Malik Cahyo, juragan dari Sepatu Vans Zapato, brand busana muslim yang kini memiliki berbagai bentuk bisnis online yang sudah dijual ke seluruh Indonesia, menjelaskan trik jitu usaha tanpa modal.

Tetap sanggup berjualan baju kok walaupun bisnis tanpa dana. Anda dapat memanfaatkan harapan kawan atau orang lain untuk menjualkan produknya dengan mengumpulkan terlebih dulu. Atau dengan trik dropship, di mana Anda hanya menjualkan produk orang lain tanpa mesti membelinya lebih dahulu,” tutur malik.

Bila ada konsumen, lanjutnya, barang dikirim langsung oleh pemilik barang ke kediaman pembeli, dan Anda tetap mendapatkan laba. “Kalau cara ini benar, kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat sendiri,” tutur malik.

Inspirasi Panca Indera

Perlu diingat, kata malik, walaupun kamu hendak memulai bisnis tanpa modal, tidak berarti lantas berjualan jadi setengah-setengah.

Justru, jadikan kreativitas menjadi uang utama kamu. Kreativitas desain baju bisa didapat dari mana saja. Tetapi, bila menginginkan yang ideal, sebaiknya bukan melihat hasil karya orang lain karena barang jadi tidak original.

Malik memberi kiat, bisa saja meniru kreativitas yang agak “jauh”, contohnya alam, suasana pasar, batu-batuan, dan khayalan sendiri.

Baginya, hal ini yang paling utama, semua kreativitas yang tertangkap lewat mata, pendengaran atau lainnya, perlu segera dituangkan ke moodboard, kemudian disusun sehingga bisa membantu Anda untuk memvisualkan. Contohnya untuk judul under the sea, Anda bisa menggunakan warna laut, sosok hewan-hewannya, dan sebagai gagasan baju, ujar malik.

Setelah selesai diproduksi, penjualan bisa dipilih mau lewat online atau juga offline. Malik menjelaskan, trik jitu usaha tanpa dana adalah melalui berjualan online. Selain sangat mudah, berjualan dengan cara online juga lebih murah karena tidak perlu membayar tempat dan karyawan.

Misalkan seperti menjual cadar, jilbab, sepatu atau lain sebagainya yang dipasarkan lewat social media, web dan lain-lain

Rahasia Bisnis Fashion

Belum lama ini, Abdul Malik, pernah menjelaskan soal rahasia keberhasilan usaha di jenis fashion. Bagaimana itu? Ia pada mulanya menjelaskan, dikala seseorang berniat berbisnis di bidang fashion, yang pertama perlu dipikirkan mungkin orang yang melihat foto produk kita juga pusing. Akan lebih enak jika kita meluncurkan barang terbaru per session. Misalnya, mempromosikan sesi busana kotak-kotak,” tuturnya.

Dengan cara merilis produk per sesi, seseorang tersebut jadi lebih menyadari sebab ada struktur. Selain itu, pembeli akan menanti-nanti Anda dalam meluncurkan produk yang baru katanya.

Memakai konsep yang jelas seperti ini, kata malik, usaha akan jadi sangat menarik. Jika foto pakaian yang dipasang dalam online di internet bisa dilihat sangat rapi dan punya jenis yang nice.

Seseorang yang yang melihat akan pikir bahwa jualan online kita memiliki taste atau selera. Membuat, nilai jual barang kita jadi lebih bersaing karena Anda memilih produk yang akan dipasarkan, tidak asal memilih saja, tandasnya.

Pasalnya, ia mengingatkan, trik luar biasa usaha fashion adalah dengan mengetahui nilai baget yang dikeluarkan calon pembeli dalam modal berbelanja pakaian dalam kurun 30 hari.

Ini supaya kita bisa menentukan target pasar. Lalu, gimana soal modal? Pengusaha brand pakaian pengantin muslim Gigih n Malik La Perle tersebut mengungkapkan, usaha yang baik ialah usaha yang memulainya dari kecil. Laba yang diperolehkan diputar lagi untuk modal sehingga bisnis akan jadi besar dan mengakar dengan kuat.

Bedakan mereka yang sejak awal menanamkan modal besar. Pasti memiliki kewajiban dalam mengembalikan modal besarnya tersebut, dan waktu yang diperlukan juga lebih lama, kata Malik.

Walaupun dalam modal terbatas, produk yang dijual haruslah punya daya tarik. Untuk menyiasati keterbatasan modal, Gigih dan Malik yang sudah pernah menggelar fashion show di Paris memberi tips produk yang dipasarkan punya beberapa model dan warna sekaligus.

Misalnya, menyiapkan 10 jenis, namun setiap model cuma dipasarkan 3 jenis. Ini sekaligus untuk melihat pasar.

Demikian, usaha kita akan semakin berwarna. Jika perlu, buatlah saja semua baju, dalam UK all size pada awalnya, dalam mengetahui tanggapan pasar. Bila ada permintaan UK berbeda, dapat dicatat berapa banyak jumlahnya. Manakah yang lebih banyak diminta, bisa diproduksi lebih besar, terangnya membagi tips cara sukses bisnis pakaian.
 
Back
Top