Toyota Seriusi Untuk Buat Hybrid

Saitama

New member


animated-welcome-image-0291.gif




Toyota-Hybrid-Prius.jpg


Akhir ini volume kendaraan bermotor semakin banyak, lihat saja di ibukota berapa banyak kendaraan bermotor memenuhi jalanan ibukota. Baik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Semakin membludaknya volume kendaraan, hal itu juga memicu kemacetan dan polusi, masalah lain yang bisa muncul akibat membludaknya kendaraan bermotor adalah meningkatnya angka kecelakaan, pelanggaran lalu lintas, dan kesenjangan sosial. Terutama adalah soal polusi udara dan dampak yang akan ditimbulkannya.

Bicara soal teknologi di dunia transportasi khususnya kendaraan penumpang, saat ini telah dikenalkan beragam tipe kendaraan ramah lingkungan. Jenisnya pun beragam, ada kendaraan hibrida ( hybrid), elektrik dan terakhir dengan teknologi hydrogen fuel cell. Sesuai intruksi pemerintah Indonesia, dimana mobil harus ramah lingkungan membuat pabrikan mobil segera bergegas. Toyota selaku produsen mobil terbesar diindonesia mengaku siap bertransformasi menuju mobil rendah emisi yang dimaksud.

Untuk menciptakan mobil dengan economic fuel consumtion seperti hybrid, eletric vihicle (EV) dan fuel cell (hidrogen) Toyota akan terus siap karena hal ini tidak bisa dibendung. Pasti akan terjadi. Tergantung dukungan dari pemerintah juga tentunya. Di Indonesia sendiri, mobil dengan teknologi ini bisa dibilang masih dapat di hitung jari.

Meski begitu indonesia masih memiliki Pekerjaan Rumah yang cukup banyak agar dapat mencapai hal tersebut, terutma untuk mobil listrik. Bicara soal itu, EV atau mobil listrik, pengembangannya tidak gampang. Infrastruktur harus dibagusin lagi, pasarnya juga harus di educate, pajaknya, regulasi, banyak lagi dan semua memang butuh tahapan.

Meskipun membutuhkan waktu dan tahapan tertentu, perubahan transformasi dari mobil berbensin menuju mobil listrik hruslah bertahap. Kendaraan elektrik saat ini masih memerlukan waktu untuk persiapan. Pengisian daya paling cepat adalah delapan jam dengan total jarak tempuh sekitar 300 kilometer. Misalkan, Kalau mau ke Bandung agak merepotkan, karena untuk mengisi ulang daya baterai delapan jam sampai penuh sebelum berangkat. Konsumen tentu berpikir ulang.

Pun juga dengan jenis kendaraan masa depan lain hydrogen cell. Masalah teknologi ini adalah pada sarana dan prasarana pengisian ulang untuk komponen hidrogennya. Proses pengisiannya sama seperti bensin dimana ada stasiun pengisian khusus dan untuk saat ini masih terbilang produk transportasi mahal. Karena itu Toyota menilai saat ini mobil hybrid lebih realistis. Karena terjangkau sebagai solusi transportasi ramah lingkungan. Penggunaan dua mesin, konvensional dan elektrik, membuat daya jelajah kendaraan lebih jauh. Dan juga tidak terlalu membutuhkan berbagai infrastruktur yang harus ada untuk mobil listrik.


New-Toyota-Prius-Hybrid-91147.jpg


Namun berapa lama kah perpindahan yang diperlukan oleh pasar indonesia untuk melangkah ke sana ?? Masalah waktu itu tergantung juga kepada kesiapan pasar, edukasinya kalau mau lihat perbandingan, kalau mengacu di Thailand, itu butuh waktu sekitar 5 tahunan. Memang untuk mnggerakkan pasar untuk bertransformasi kesana haru membutuhkan kerjasama yang lebih intensif terhadap pemerintah dan produsen otomotif.

Menurut pihak TAM, sejauh ini road map dari Kementerian Perindustrian sepaham dengan roadmap TMIIN. Untuk urusan mobil hybrid, Toyota sendiri sebenarnya sudah pernah Alphard dan Camry untuk pasar Indonesia yang mengusung teknologi hybrid.

Semoga aja ya tidak seperti zaman perubahan ke mobil gas yang tidak didukung oleh infrastruktur. Sekian dari saya...... gimana menurut agan tentang informasi di atas, ane tunggu komennya gan.



thank-you-030.gif


Sumber: https://oto.detik.com/mobil/d-3617451/toyota-mobil-hybrid-paling-realistis
 
Last edited:
bagaiman untuk konsumsi bahan bakar dari teknologi ini klo di bandingkan dengan teknologi yang dulu gan ?

klo setahu ane Hybrid sangat signifikan lebih irit bahan bakar di bandingkan mobil non Hybrid. Hal yang membuat mobil Hybrid irit bahan bakar, karena mesin mobil menggunakan bensin tidak hidup terus menerus bre!!
 
Oooo jadi karena lebih sedikit membakar bensin pada mobil Hybrid, tentunya rendah emisi gas buang ya gan
 
Toyota juga ikut mengupgrade sistem plug-in hybrid, dengan menerapkan sistem penggerak dual-mode yang memungkinkan motor listrik tunggal menggerakkan roda ya gan
 
ini gan sedikit mengerti mobil hybrid gan, Mobil Hybrid sebuah mobil yang mengabungkan mesin mengunakan bahan bakar minyak dan motor listrik bertenaga baterai
 
bagus gan dengan adanya mobil hybrid ini biar untuk mengurangi kadar polusi udara, yang saat ini sangat mengkhawatirkan, terutama di kota-kota besar gan
 
Mobil dengan menggunakan sistem teknologi mesin Hybrid gan telah terbukti secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar dan sangat ramah lingkungan? mantap gak gan
 
Back
Top