Penjelasan kenapa Jakarta semakin panas
 
Go Back   Home > Science & Penemuan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Penjelasan kenapa Jakarta semakin panas

PURI - Cuaca panas nan terik dalam beberapa hari belakangan dirasakan di Pulau Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Hal ini merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa sering terjadi pada bulan-bulan puncak musim kemarau.

Dikutip BPBD Jakarta, Kepala Bagian Humas BMKG, Hary Tirto Djatmiko mengungkapkan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor," Gerak semu matahari saat ini berada disekitar khatulistiwa dan diprediksi pada tanggal 22 - 23 September 2017 matahari berada tepat diatas khatulistiwa, sehingga radiasi matahari yang masuk cukup optimum. Hal ini ditandai dengan hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34 s.d 37,5 ?C," terangnya, Selasa (19/9/2017).

Selain faktor tersebut, aliran massa udara dingin dan kering yang bergerak dari Australia menuju wilayah Indonesia sebelah selatan khatulistiwa terutama disekitar Jawa dan Bali hingga Nusa Tenggara. Kondisi ini ditandai dengan adanya kelembaban udara yang lebih dari 60 % diketinggian 3.000 m dan 5.000 m dari permukaan.


Akan tetapi, Ia menegaskan pihaknya belum bisa memprediksi waktu puncak cuaca panas tertinggi hingga akhir bulan nanti. Alasannya, lantaran potensi pertumbuhan awan hingga saat ini terpantau masih sedikit.

"Kalau bicara prediksi puncak cuaca panas rasanya sulit, karena hingga saat ini potensi pertumbuhan awan yang memayungi Indonesia masih sedikit sehingga suhu udara di permukaan menjadi lebih panas," tutupnya.

Sumber: infonitas.com
agungsuhada
agungsuhada agungsuhada is offline
Admin

Post: 7.163
 
Reputasi: 128

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.