5 Macam Bisnis Masa Kini

kingsaladin05

New member
Seiring bersama himbauan dari pemerintah untuk jadi meningkatkan bisnis produktif, sebagai generasi muda kita harus mampu menjawab tantangan tersebut. Berwiraswasta sesungguhnya tak semudah jadi pegawai kantoran yang sanggup gaji pasti bulanan. Apalagi kalau gajinya sudah terlanjur lumayan besar. Namun demikian, bagi yang suka tantangan, jadi pengusaha layaknya sebuah perjuangan yang menyenangkan. Sebagian pengusaha awal banyak yang berfikir usaha walaupun kecil perlu biaya. Ada benarnya tetapi hal itu tak harus. Jika Anda jeli membaca informasi sesungguhnya modal usaha itu bukanlah uang semata, namun kreatifitas dan waktu.
Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana waktu juga kreatifitas serta modal yang Anda punyai selanjutnya mampu menjadikan Anda menjadi pebisnis sukses. Bagi Anda yang tetap bingung ide usaha apa yang bagus bagi Anda dan bagaimana langkah memulainya. Berikut ide usaha yang menjanjikan dan cara memulainya:
1. Peluang Bisnis Pulsa Elektrik

Bisnis ini hanya butuh deposit pertama paling kurang lebih Rp100.000 saja. Dengan modal segitu, Anda udah bisa jualan pulsa. Tidak mesti ke mana-mana, lapak pulsa Anda bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi. Tinggal kreatifitas Anda yang wajib dipacu agar lapak pulsa Anda dikenal dan sanggup memperoleh pelanggan tetap. Kunci berhasil bisnis ini ialah layanan cepat, transaksi mudah, dan lancar. umumnya kemudahan transaksi identik dengan bayar nanti. Hal ini yang terakhir ini banyak mengundang fenomena bisnis pulsa jadi tutup toko. Tinggal bagaimana Anda mengawali usaha rumahan ini sehingga bisa besar.
2. Menjadi Seorang Dropshipper
Dropshipping adalah usaha menjajakan product orang lain tanpa perlu membelinya. Fungsi Anda hanya sekedar sebagai perantara saja. Usaha ini tentu saja tanpa modal. Karena Anda tidak mesti mengeluarkan cost untuk memulainya. Sebagai seorang dropshipper, tugas Anda adalah melacak kastemer dari yang punya barang. Anda mampuuntung berasal dari selisih harga jual yang Anda menentukannya sendiri. Dropshipping merupakan sebuah bisnis kecil yang menjanjikan dan dapat dikerjakan cuma dari tempat tinggal atau berasal dari mana saja manfaatkan smartphone atau tabletl Anda.
Beberapa layanan pendukung bisnis dropshipping Anda adalah grups BBM, WA, Instagram, Grup facebook, Twitter, atau dengan mendirikan toko online sendiri. Kunci sukses Anda adalah menegaskan konsumen bahwa bisnis Anda bukanlah penipuan, oleh gara-gara itu penampilan dan product wajib meyakinkan. Pastikan smartphone Anda memiliki memadai memori dan processor supaya bisa upload dan download gambar untuk memberikan layanan cepat dan enteng bagi pembeli Anda.
3. Menjual Ebook Melalui Internet
Menjual buku lewat penerbit jikalau Anda adalah pebisnis awal yang belum dikenal, sudah pasti bakal ditolak. Penerbit termasuk tidak menginginkan rugi mencetak buku berasal dari penulis yang belum punyai reputasi. Anda tidak mesti putus asa. Ada solusi kreatif dengan menjual buku Anda dalam wujud Ebook. Ebook atau electronic book yaitu buku dengan format elektronik, yang umumnya berupa pdf file, MS Word, PowerPoint dan lainnya. Apabila Anda memiliki banyak ide yang ingin dijual kepada pihak lain, Anda dapat membuatnya dalam bentuk ebook. Biasanya ebook yang laris memuat panduan, tips, dan trik untuk membuahkan duwit atau dalam bentuk informasi yang banyak diperlukan oleh pembaca. Tidak ada modal duit yang dibutuhkan untuk mengawali usaha online ini selain waktu, tenaga dan asumsi Anda saja. Ini benar-benar misal usaha tanpa modal yang cuma mengandalkan tenaga, fisik, dengkul, dan otak Anda.
4. Gabung Program Affiliasi
Program Afiliasi, memungkinkan Anda meraih komisi berasal dari product yang terjual melalui jasa promosi Anda. Jasa promosi bisa dalam bentuk iklan di blog atau web Anda. Kuncinya blog yang Anda punya wajib memiliki kuantitas pengunjung harian yang banyak. Bisnis ini sebetulnya tidak beda jauh seperti dropshipper dan reseller, di mana Anda sebagai tangan ke-2 diantara pemilik barang dan penjual. Namun afiliasi kebanyakan jalankan usahanya secara online di internet. Di mana para affiliate ini mempunyai situs, blog dan akun-akun media sosial untuk mempromosikan dagangan mereka.
Agar modal yang diinvestasikan terhadap usaha ini senantiasa kecil, Anda bisa memakai layanan gratis yang banyak di internet untuk promo bisnis Anda. Banyak sekali usaha modal kecil untuk mahasiswa seperti ini yang diikuti banyak pelaku bisnis muda. Kamu juga bisa usaha afiliasi tranportasi misalnya travel Jakarta Jogja
5. Usaha dengan Basis Kerajinan Tangan
Bisnis bisa bermula dari hobi. Hobi membikun kerajinan tangan ternyata juga cukup menjanjikan. Beberapa inspirasi usaha yang mampu Anda geluti berasal dari hobi ini adalah membikin kerajinan gerabah, kreasi kerajinan kain perca, kerajinan daur ulang sampah plastik, daur ulang limbah kaca, kerajinan rajut, kerajinan logam, lampion benang, kerajinan dari limbah kaleng, dan lain-lain.
Selain itu membkin kap lampu dari pasir, mika, pelepah pisang, eceng gondok, kayu, perkakas rumahan dari kertas bekas terhitung dapat dijalankan dari rumah. Bagi Anda yang imajinatif membikin mainan berbahan kayu, misalnya puzzle, menjadikan souvenir berbahan baku resin, souvenir dari daun kering, souvenir berbahan serangga, limbah kepompong ulat sutera bisa jadi alternatif lainnya. Kuncinya adalah meluangkan banyak waktu juga kreatifitas.
Kunci Sukses dan Tahapan Memulai Usaha Kecil
Usaha Kecil lebih-lebih yang nyaris tanpa modal butuh ketekunan, usaha keras yang ekstra. Jauh di atas rata-rata usaha yang punya modal besar. Namun demikian usaha keras itu tidak dapat ada artinya manakala Anda salah mentor yang menyebabkan terjerumus ke mana-mana untuk mencoba tanpa ada yang membimbing, tidak dapat membuahkan duit dan berujung dengan putus asa.
a. Amati, Tiru dan Modifikasi
Saat membuat jenis bisnis, coba memandang ke sekeliling dan cari umpama berhasil dari jenis usaha yang Anda kehendaki, lalu pelajari, amati, tiru dan modifikasi. Perlu diingat, seluruh usaha pasti tersedia jenis yang udah pernah ada, seandainya Anda tak mampu menemukan, entah Anda yang luar biasa jenius, atau mode bisnis Anda tidak bakal sukses di dunia nyata.
b. Cari Partner untuk sharing resiko
Kalaupun butuh modal, usahakan supaya tidak menginvestasikan uang sendiri. Karena kebanyakan bisnis adalah perjalanan yang berisiko, apalagi Anda belum paham betul dengan risiko yang nanti bakal terjadi, maka carilah partner. Jadi, jikalau sepenuhnya tidak berjalan seperti rencana, Anda tidak dapat bangkrut dikarenakan dana start-up tadi, dan tidak dikejar utang.
c. Harga Waktu, Konversikan ke Uang
Konversikan waktu yang Anda luangkan guna berbisnis menggunaan uang. Beri nilai duit untuk waktu Anda, sekiranya Rp20 ribu per jam. Tujuannya adalah menolong kala Anda perlu mengambil keputusan: andaikan saja sebuah toko mengenakan biaya Rp10 ribu untuk mengirim tiap-tiap minggu, dan Anda membutuhkan waktu 2 jam untuk pergi ke toko tersebut sendiri, maka bayar terus biaya kirim dari perusahaan tersebut, sebab lebih murah. Ini prinsip dasar dari menghargai waktu.
d. Lakukan dengan Cara Maksimal
Tahap dasar memulai usaha, Anda harus bersedia bekerja ekstra, lembur, melupakan keuntungan pribadi dan kesehatan. Sebagai interprenuer pemula, Anda pasti tidak akan mampu menggaji karyawan, sekalipun karyawan yang tidak mahal. Jadi, karyawan Anda, ialah Anda sendiri. The company is me!
e. Rekrut Karyawan
Jika usaha Anda sudah mulai berjalan, jangan show of force sendiri saja. Mulailah untuk rekrut karyawan dengan baik. Untuk itu, lakukan proses penerimaan dengan hati-hati, tanpa terburu-buru. Cari yang memiliki passion di bidang tersebut. Karyawan adalah kunci masa depan bisnis Anda. Di tangan mereka misi dan visi Anda akan diwujudkan.
f. Manfaatkan Teknologi Terbaru
Karena bisnis Anda berbasis online, maka manfaatkan teknologi terbaru. Teknologi baru seperti aplikasi dan penyimpanan data dengan cloud technology sangat hemat dan membuat perusahaan kecil dapat bersaing dengan perusahaan besar. Alokasikan waktu Anda untuk mempelajari beberapa kemajuan teknologi terbaru sehingga Anda bisa memanfaatkan teknologi rendah biaya yang ada di pasaran dalam menunjang usaha Anda
g. Hindari perang harga dengan menjual kelebihannya
Hindari permainan harga, dengan menjual kualitasnya, dan bukan harganya. Saat Anda memulai usaha, sudah selayaknya Anda frustasi menawarkannya, mengingat produk atau layanan Anda masih baru dan belum dikenal. Hindari perang pada harga, Anda pasti tidak akan menang dengan pemain lama. Jual kelebihan jasa atau produk Anda, kuasai kebisaan berkomunikasi dengan costemer, untuk memberi tahu bahwa harga produk Anda lebih mahal karena mempunyai nilai yang lebih baik.
Jangan Takut Untuk Mencoba
Memulai sebuah bisnis memang bukanlah perkara mudah, banyak kendala dan tantangan yang nantinya harus Anda hadapi. Kuncinya adalah jangan pernah putus asa, karena disetiap kesulitan yang Anda hadapi pasti ada pelajaran yang akan Anda ambil. Tidak hanya itu, setiap kesulitan pada setiap tantangan akan menjadikan Anda lebih ulet dan tak mudah putus asa. Jadi, jangan takut mencoba!.
 
Sekarang sih yg tanpa modal lagi populer adalah dropship, karena kita bisa menjual produk apa saja tanpa stok dirumah
 
Back
Top