Dopod C720w
 
Go Back   Home > Smartphone, Aplikasi & Games Mobile

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Dopod C720w

Dopod C720W, Smartphone untuk Profesional

"For Professional Messaging", begitu bunyi brosur tentang Dopod C720W. Dilengkapi dengan dukungan terhadap sistem pushmail dari Blackberry, ponsel ini mungkin akan jadi pilihan bagi pemakai yang mementingkan surat elektronik instan. Tapi bagaimana dengan penggunaan lainnya?

Hanya ada satu pilihan warna untuk ponsel ini: hitam. Ini memberikan kesan konservatif dan profesional pada pemakainya. Tidak macam-macam, langsung, dan mementingkan fungsi daripada fitur.

Tidak ada sudut-sudut tajam pada ponsel ini. Tubuhnya berlekuk di keempat sudut. Meskipun merupakan ponsel pintar yang menjanjikan segudang fitur Dopod 720W memiliki bodi tipis, ringan meskipun agak lebar ke samping dan terasa kurang proporsional dibandingkan ketebalannya.

Layarnya berukuran QVGA. Namun berbeda dengan banyak peranti dengan layar berukuran sama layarnya ini berorientasi landscape, bukannya portrait. Ini berarti Anda tidak perlu repot-repot harus memutar peranti ini untuk menonton video klip, misalnya.

Dopod C720W merupakan salah satu model smartphone yang dilengkapi dengan papan kunci QWERTY, selain softkey, tombol telepon dan direction pad (d-pad). Ini lagi-lagi memberikan kesan 'serius'. Dopod menyebut rancangan produk ini sebagai 'elegan'. Apakah ini berarti juga enak dilihat? Tergantung terhadap selera estetis Anda.

QWERTY Bisa satu tangan

Papan kunci QWERTY sekilas akan mendorong pengguna untuk menggunakan kedua tangannya untuk mengetikkan SMS atau e-mail. Namun ketika menggunakan Dopod C720W kita terdorong untuk menggunakan smartphone ini hanya dengan satu tangan. Tak hanya buat operasi telepon, tetapi juga untuk mengetik pesan, e-mail, atau mengisikan formulir di web.

Ini karena panel QWERTY tersebut terasa agak sempit. Menggunakan kedua tangan (tepatnya kedua jempol) untuk mengetik rasa-rasanya janggal karena ibu jari terlalu berdekatan. Kebanyakan keypad pada ponsel/PDA lain berbentuk melebar sehingga mengetik dengan kedua jempol terasa jauh lebih natural.

Sebagian pemakai yang berjempol besar juga mungkin akan mengeluh tombol-tombol di ponsel ini terlalu kecil. Namun ini masalah umum pada semua ponsel-jadi percuma saja mengkritik ini. Untungnya dengan membiasakan diri tombol-tombol tersebut tak lagi jadi masalah (selain keypad yang terlalu sempit tentu saja).

Bila Anda terbiasa menggunakan stylus pada peranti saku cerdas lainnya dan mencari-carinya pada Dopod C720W ini, lupakan saja. Ponsel pintar ini tak dilengkapi dengan layar sentuh. Jadi tak ada stylus. Dan sistem operasi yang digunakan adalah Windows Mobile Smartphone Edition. Jadi tak ada navigasi gaya PDA pada ponsel ini. Tak ada penggunaan tulisan tangan, tak ada ketukan. Masalah besar? Ternyata tidak juga.

Bentuk ponsel yang tipis baterainya biasanya tak tahan lama. Namun agaknya ini tidak terlalu masalah buat Dopod C720W. Meskipun hanya berkapasitas 960 mAh baterai ini dapat bertahan seharian dengan Bluetooth diaktifkan, pemakaian Wi-Fi seperlunya dan pemakaian jaringan data yang cukup intensif. Tentu saja bila pola pemakaian Anda berbeda ceritanya bisa lain sama sekali.

Smartphone tangguh pasti dilengkapi dengan memori yang cukup untuk menyimpan data. Dopod C720W dilengkapi dengan 128MB ROM. Kalau ini dirasa kurang banyak ada slot microSD. Ya-microSD. Seperti banyak produk HTC terbaru lainnya ponsel ini hanya mendukung format ini. Buat pemakai ini hanya merepotkan saja karena kartu memori kecil mudah hilang. Terutama kalau pemakai punya lebih dari satu kartu memori.

Hanya untuk Membaca Dokumen

Bila Anda menggunakan operator tertentu yang mendukung teknologi Blackberry ponsel ini akan mendeteksinya dan memberi tahu ketersediaan jaringan. Tak berarti Anda dapat langsung memanfaatkannya. Anda harus punya akun e-mail yang mendukung. Kalau tidak fitur Blackberry ini tak banyak gunanya.

Saat ini sudah biasa bagi banyak orang untuk memiliki lebih dari satu akun e-mail. Bila Anda berlangganan Internet di rumah biasanya PJI akan menyediakan akun surat elektronik. Dan akun gratis sangat mudah didapat. Anda bisa memeriksa akun e-mail (non-Blackberry) ini menggunakan Outlook Mobile. Client e-mail ini terintegrasi dengan pesan pendek (SMS).

Setting e-mail POP3 ini cukup mudah. Outlook Mobile dapat menyetel Gmail secara otomatis. Namun setting otomatis ini gagal pada Yahoo! Indonesia. Selain itu Anda juga dapat menyelaraskan e-mail yang tersimpan dalam Microsoft Outlook di PC., atau mengunduh e-mail dari server Microsoft Exchange.

Untuk browsing web (dan WAP) ponsel ini dilengkapi dengan IE Mobile. Dalam uji coba ini dengan cepat tergusur oleh Opera Mini versi 3.0. Seperti banyak ponsel cerdas lainnya Dopod membundel Java Virtual Machine (JVM), sehingga kita dapat menjalankan aplikasi Java.

Kemampuan multimedia ponsel ini cukup baik. Speakernya cukup nyaring, sehingga musik di smartphone ini dapat didengarkan tanpa memakai headphone. Namun aplikasi multimedianya standar saja: Windows Media Player 10 Mobile-dapat ditemukan pada semua peranti Windows Mobile. Aplikasi gambarnya juga hanya punya kemampuan penyuntingan sederhana: memutar dan auto-correct saja.

Kemampuan tapis gambar yang memberikan efek sepia atau hitam putih biasanya ditemukan pada aplikasi penyunting gambar. Namun Dopod membundelnya dengan aplikasi kamera. Jadi sebelum memotret atau mengambil video Anda dapat memutuskan apakah hendak mengambil gambar hitam putih atau berwarna, sebagai contoh.

Sunting Berkas

Bagaimana kalau Anda ingin menyunting berkas Microsoft Office? Maaf, Office Mobile tak ditemukan di sini. Sebagai gantinya ada ClearVue Doc, Worksheet dan Presentation. Masing-masing berfungsi untuk membuka (tanpa menyunting) Microsoft Office. Selain itu ada juga Adobe Reader LE untuk membuka berkas PDF (portable document format)

Ini mungkin mengecewakan bagi sebagian pemakai, karena beberapa model peranti bergerak dengan harga yang hampir sama punya aplikasi pengolah dokumen. Tapi ini merupakan keputusan Microsoft: hanya Pocket PC (dan Pocket PC Phone Edition) yang dilengkapi dengan Office Mobile. Bila rumor yang beredar di Internet benar versi 6.0 dari Windows Mobile akan menyertakan Office Mobile juga buat smartphone. Namun saat ini pemilik Dopod C720W-yang menggunakan Windows Mobile 5.0-harus puas dengan aplikasi pembaca dokumen dari ClearVue. Potensi keypad QWERTY itu jadi tak terpenuhi.

Agaknya ini konsekuensi Dopod memilih Windows Mobile Smartphone Edition sebagai sistem operasi.Di sisi lain versi Windows Mobile ini buat sebagian orang mungkin lebih mudah digunakan daripada versi Pocket PC.

Kalau Anda tidak berniat menyunting dokumen di ponsel, punya akun Blackberry, dan aktif bersurat-suratan elektronik, ponsel ini bisa jadi pilihan Seperti kata Dopod sendiri, ponsel ini ditujukan untuk "professional messaging". Kalau tidak mungkin lebih baik melirik alternatif lain.

************************************************** ******************************************


Dopod C800 dan D810 Telah Beredar

Dopod meramaikan akhir tahun 2006 ini dengan meluncurkan beberapa produk ponsel terbarunya. Setelah sebelumnya beredar di pasaran ponsel PDA seri Dopod C720W dan P800W, kini telah hadir seri Dopod C800 dan D810. Khusus Dopod D810 merupakan perangkat PDA Phone yang telah dilengkapi dengan teknologi 3,5 G.

PDA Phone 3,5 G Dopod D810 menggunakan teknologi GSM Quad-band dan Tri-band WCDMA ini ditujukan untuk para pengguna profesional yang membutuhkan akses e-mail, internet dan mobile phone. Di bodinya terpasang kamera CMOS 2.0 megapixel dan kamera VGA, layar 2,8 inci, slot miniSD, dan fitur nirkabel Bluetooth, Wi-Fi, dan IrDA.

PDA yang menggunakan prosesor Samsung 400 MHz ini memiliki bobot 150 gram dan ukuran dimensi 108 x 58,2 x 18,4 mm. Beragam bundel software melekat di paketnya, di antaranya RSS News Reader untuk mendapatkan akses berita dengan cepat, Windows Media Player 10 Mobile, dan Office Mobile.

Untuk Dopod C800 merupakan PDA Phone yang memiliki ukuran dimensi 109 x 59 x 17 mm merupakan produk teramping dari produk PDA Dopod lainnya. PDA yang bobotnya 168 gram ini memiliki desain unik dengan adanya kibor QWERTY geser. Perangkat berbasis Windows Mobile 5.0 ini dilengkapi dengan Kamera 2.0 megapixel, koneksi WiFi 802,11b/g, Quadband, GPRS, EDGE dan Bluetooth v2.0 merupakan sejumlah fitur yang tertanam di dalam bodinya.
ika_project
ika_project ika_project is offline
City Level

Post: 236
 
Reputasi: 0

__________________
:angel:
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

wah keren tuhh
_________________________________________________

mau dapet dollar ga ?
gabung di
myLot
mau buat e-gold di
e-gold... Internet payments, 100% backed by gold
mau main game online gratisan trus dapet uang
bogc.com
mau debat bahasa ingris trus dapet dollar
myLot
waaaaaaaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssssssaaaaaaa aaaaaaaallllllllllllllllllllllllllllaaaaaaaaaaaaaa aaaaammmmmmmmmmmmmuuuuuuuuuuaaaaaaaaalllllllllllla aaaaaaaaakkkkkkkkuuuuummmmmmmmmmmmmmmmmmm
__________________________________________________ _______________
pratama_adi2001
pratama_adi2001 pratama_adi2001 is offline
City Level

Post: 372
 
Reputasi: 0

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Dopod 900, Note Book 'Super Mini' nurcahyo Smartphone, Aplikasi & Games Mobile 0
Dopod 838, Usung Fungsi Mini Laptop nurcahyo Smartphone, Aplikasi & Games Mobile 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.