Ada Bus yang Bisa Ngangkut Motor, Ini Kata Dishub

spirit

Mod
4bbf18ba-829a-47a5-8481-64d7d3a07110_43.jpg

Inovasi layanan transportasi massal di Indonesia terus berkembang. Terbaru, sebuah perusahaan transportasi menghadirkan bus pengangkut penumpang sekaligus sepeda motor.

Layanan bernama Motobus, hadir sebagai solusi transportasi darat yang terpadu. Kehadiran MotoBbus bisa mempermudah mobilitas masyarakat berpergian bersama kendaraanya dengan nyaman.

MotoBus rencananya mulai dioperasikan oleh PT Motobus Trans Nusantara pada 27 Oktober 2017. Sementara waktu, layanan Motobus hanya melayani trayek Jakarta - Bandung.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Didi Ruswandi mengaku belum menerima pengajuan resmi perihal pengoperasian layanan Motobus. Sehingga, pihaknya belum bisa mengambil sikap.

"Transportasi Jakarta - Bandung kan itu berarti kalau apa namanya antar kota antar provinsi (AKAP) dari semuanya kewenangan pemberian IDnya (izin) dari pusat. Kalau di kita hanya nanti rekomendasi-rekomendasi nya aja dia mau menerima atau enggak," kata Didi saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (2/10/2017).

"Saya juga tau soal (Motobus) dari media," menambahkan.

Ia mengatakan mendukung inovasi layanan Motobus tersebut. Sebab, sambung dia, bisa meminimalisir tingkat kecelakaan lalu lintas.

"Kalau dia memperbaiki keadaan mengurangi masalah kecelakaan, kan bus-bus relatif jauh lebih aman ketimbang bersepeda motor jarak jauh itu, kita dukung," jelas dia.

Menurutnya di sisi lain layanan transportasi ini justu menambah tingkat kemacetan dan polusi udara di Kota Bandung. Soalnya, sambung dia, pendatang dari Jakarta turut membawa kendarannya.

"Di sisi lain kalau masuk motor ya mungkin tidak memberi kontribusi (pengurangan kemacetan dan polusi) yang optimal," ungkap dia.

Ia berharap layanan MotoBus ini tidak hanya mengangkut kendaraan bermotor tetapi juga sepeda. Dengan begitu, beban kemacetan dan polusi di Ibu Kota Jawa Barat ini bisa berkurang meski adanya pendatang.

"Alangkah bagusnya kalau yang di bawah (MotoBus) itu bukan hanya motor tapi juga sepeda. Kalau orang datang ke Bandung sepeda di dalamnya sesepedaan itu mah juara gitu ya kita cari gitu," ujar Didi.

sumber
 
Back
Top