PRINTER : Infus atau Original ya?

rahwana

New member
Sekarang ini kalau kita beli printer, sering sekali kita mendapat tawaran printer kita diganti dengan botol infus. Pertanyaannya, apa untung ruginya?

Tinta Infus biasanya berbentuk tabung yang menempel pada printer. Tabung2 itu isinya tinta yang dialirkan ke printer seperti layaknya catrigde biasa.

Apa untungnya? Dengan tinta infus ini, kita bisa mencetak ratusan bahkan bisa seribu lebih lembar kertas tanpa bolak balik kehabisan tinta. Dan dihitung2, biayanya juga lebih irit. Kalau beli catrigde original, harganya berkisar 80 - 100 rb. Kalau disuntik ulang, sekitar 25 - 50 rb.

Padahal, rata-rata 1 catrigde hanya bisa dipakai mencetak 60 - 100 halaman trus habis. Artinya, untuk mencetak 1000 lembar, kita harus keluar biaya minimal 800 rb rupiah kalau beli catrigde asli terus. Atau keluar biaya 500 rb kalau tintanya disuntik setiap habis (asal bisa disuntik).

Padahal, kalau dengan tinta infus, kita hanya cukup keluar biaya sekitar 300 rb. Jauh lebih murah khan?

Namun, kita harus memperhatikan kerugian-kerugiannya misalnya:
garansi printer kita biasanya langsung hangus kalau tahu kita modifikasi infus
dan biasanya hasil printernya tidak secantik kalau menggunakan tinta asli
Dan jangan lupa, bahwa bentuk printer kita jadi tidak cantik lagi.

Nah, saran, buat yang beli printer untuk keperluan pribadi yang biasa2 aja, jangan diubah ke infus sebelum habis masaa garansi kecuali kita siap untuk kehilangan jaminan garansi atau kalau memang printernya disiapkan untuk kerja keras seperti cetak skripsi dll.
Atau, kalau printernya memang untuk bisnis rental dll. boleh2 aja langsung infus. Toh kalau rusak harusnya duit hasil rental bisa buat beli lagi ya... hehehe
 
Dengan model infus maka pengisian tinta menjadi lebih enak gan, kemudian stok tinta bisa diketahui dengan baik. Berbeda dengan aslinya yang harus diperhitungkan.
 
Back
Top