Doa - Unsur Utama Dalam Pelayanan

gracedepth

New member
http://www.gracedepth.com/doa-unsur-utama-dalam-pelayanan/

Terkadang, kita sebagai pelayan Tuhan melupakan betapa pentingnya doa. Sesungguhnya, doa merupakan unsur penting dalam pelayanan setiap hamba Tuhan, mau itu seorang pendeta, worship leader, atau bahkan guru sekolah minggu. Martin Luther King Jr. mengatakan: “Menjadi seorang Kristen tanpa berdoa tidaklah lebih mungkin dari bertahan hidup tanpa bernapas.”

Rasul Paulus juga berulang kali membahas betapa pentingnya doa di dalam pelayanannya. Hari ini saya ingin share beberapa hal yang Rasul Paulus bahas dalam tulisannya akan betapa pentingnya doa untuk pelayanan kita.



Berdoa agar pintu-pintu dibukakan.

“Berdoa jugalah untuk kami, supaya Allah membuka pintu untuk pemberitaan kami, sehingga kami dapat berbicara tentang rahasia Kristus, yang karenanya aku dipenjarakan” (Kolose 4:3).

Pintu yang dibukakan bisa bermaksud:

Kesempatan baru untuk menyampaikan Injil Kristus ke mereka yang belum mengenalNya.
Orang-orang baru yang hatinya dibukakan oleh Tuhan sehingga mau mendengarkan firmanNya.
Apakah kamu sudah berdoa agar pintu-pintu dibukakan hari ini?



Berdoa agar apa yang kamu sampaikan boleh benar berasal dari Tuhan.

“Berdoa juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan” (Efesus 6:19).

Apa gunanya mengatakan hal-hal indah dengan hikmat manusia, tapi kuasa Tuhan tidak ada dibaliknya? Lebih baik mengatakan hal paling sederhana, tetapi kuasa Tuhan ada dibaliknya. Yang dapat membuka mata manusia akan dosanya, yang dapat membuka hati manusia kepada Tuhan, dan yang dapat membuat seseorang percaya akan injil Kristus—hanyalah Firman Tuhan dan Roh Kudus. Perkataan bagusmu tidak berpengaruh sama sekali. Perkataan bagus hanya dapat menyentuh untuk sesaat, tetapi tidak akan bertahan lama. Keselamatan yang asli sepenuhnya berasal dari Tuhan dan Tuhan saja.

Maka itu berdoalah bahwa Tuhan akan menyatakan kuasaNya dengan meletakkan kata-kata yang tepat pada bibirmu.



Berdoa untuk keberanian.

“Berdoa juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil, yang kulayani sebagai utusan yang dipenjarakan. Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara” (Efesus 6:19-20).

Sebagai pelayan Tuhan, kita seringkali takut untuk mengabarkan kebenaran yang Tuhan sudah letakkan di hati kita. Kita takut perkataan kita akan mendapat kritik atau menyinggung hati orang-orang. Maka itu marilah kita berdoa meminta keberanian dari Tuhan sehingga kita dapat menyampaikan pesan yang Tuhan telah sampaikan secara utuh dan komplit.



Maka itu marilah kita membiasakan diri untuk berdoa di dalam pelayanan kita sebagai seorang Kristen. Ingatlah bahwa doa adalah sumber kekuatan kita, dan doa kita akan sangat berpengaruh di dalam apa yang kita lakukan secara kita tidak sadari.

“Satan tries to limit your praying because he knows your praying will limit him” – Rick Warren.

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
 
Back
Top