Bisakah Punya Anak Kembar Kalau Tidak Ada Keturunan Kembar Dalam Keluarga?

SimplyLand

New member
shutterstock_403460515-1.jpg


Meskipun kehadiran kembar dalam silsilah keluarga dapat meningkatkan kesempatan Bunda memiliki anak kembar, faktor keturunan ternyata tidak mutlak diperlukan bagi Bunda untuk dapat hamil anak kembar identik.

Pentingkah faktor genetik untuk punya anak kembar?

Kembar fraternal, yang sering disebut dengan kembar tidak identik atau kembar beda telur, terjadi saat rahim ibu melepaskan lebih dari satu sel telur berbeda sekaligus (dizygotic). Dengan kata lain, dia berovulasi lebih dari sekali per siklus menstruasi. Sekitar 12 pasang anak kembar fraternal lahir pada setiap 1000 angka kelahiran.

Kembar fraternal adalah hasil dari dua sel telur yang dibuahi secara bersamaan. Ovulasi adalah proses alami yang dikontrol oleh kerja banyak gen. Beberapa wanita memiliki versi (alel) dari gen yang membuat mereka lebih mungkin untuk mengalami hyperovulasi. Artinya, ada kemungkinan yang lebih besar bahwa dua telur dapat dibuahi dalam satu waktu.

Gen memainkan peran besar dalam penentuan anak kembar fraternal, namun gen penyebab seorang wanita dapat mengandung kembar fraternal tidak diketahui. Satu teori adalah kadar hormon FSH, alias follicle-stimulating hormone, mungkin lebih tinggi dalam ibu yang mengandung anak kembar fraternal.

FSH diperlukan untuk pertumbuhan sel telur dan umum digunakan sebagai obat kesuburan. Ibu dari anak kembar fraternal cenderung memiliki postur tubuh yang lebih tinggi dan memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek. Ciri ini juga dapat disebabkan oleh kadar hormon yang tinggi.

Latar belakang etnis juga berpengaruh

Selain itu, latar belakang etnis — yang juga adalah genetika — juga memainkan peran penting dalam peluang hamil anak kembar. Misalnya, seorang wanita etnis Afrika memiliki peluang hamil anak kembar fraternal dua kali lipat daripada wanita kulit putih, dan empat kali lipat lebih mungkin daripada wanita Asia.

Karena mereka datang dari pasangan sperma-telur yang berbeda, DNA kedua anak kembar fraternal juga berbeda. Bahkan, DNA dari kembar fraternal tidak lebih mirip dibanding dengan DNA saudara lainnya. Ini juga alasan mengapa banyak dari anak kembar fraternal adalah anak laki-laki dan perempuan.

Sementara itu, kembar identik adalah hasil pembelahan satu embrio — dari satu sel telur yang dibuahi — yang kemudian membelah menjadi dua selama dalam proses kehamilan. Artinya, kedua embrio ini memiliki gen dan DNA yang sama. Inilah alasannya mengapa anak kembar identik akan sulit untuk dibedakan, walaupun sidik jari mereka tetap berbeda.

Hampir seluruh wanita memiliki peluang yang sama untuk hamil anak kembar identik, karena dalam kehamilan anak kembar identik, tidak ada gen yang ikut terlibat. Hal ini juga tidak menurun dalam keluarga. Kejadian embrio membelah adalah peristiwa acak alias random yang terjadi secara kebetulan dan langka.

Bagaimana cara mengetahui apablia saya hamil anak kembar identik?

Bunda mungkin akan ingin tahu sedini mungkin dalam kehamilan Bunda apablia anak kembar yang Bunda kandung adalah identik atau tidak. Terlepas dari rasa penasaran, mengetahui apakah kedua janin berbagi plasenta (kembar monokorionik) atau tidak, akan membantu dokter dan bidan untuk neradaptasi dengan perawatan yang mereka lakukan untuk menghadapi potensi komplikasi.

Dilansir dari Baby Centre, teknisi sonogram Bunda akan memindai bayi Bunda dan plasenta mereka saat scan USG di trimester pertama Bunda. Hal ini harus dilakukan sebelum usia kehamilan Bunda mencapai 14 minggu.

Anak kembar identik Bunda mungkin akan dikategorikan sebagai:

  • Dichorionic diamniotic (DCDA): setiap bayi memiliki plasenta sendiri dan membran dalam dan luar terpisah untuk masing-masing. DCDA adalah sepertiga dari kasus kembar identik dan non-kembar identik. Jadi, kembar DCDA dapat identik, bisa juga tidak.
  • Monochorionic diamniotic (MCDA): kedua bayi berbagi plasenta tunggal dan satu membran luar tunggal, namun masing-masing memiliki membran dalam terpisah. Kembar MCDA adalah kasus dari dua pertiga kembar identik, sehingga kembar MCDA adalah jenis kembar identik paling umum. Kembar MCDA adalah kembar identik.
  • Monochorionic monoamniotic (MCMA): kedua bayi berbagi plasenta, membran dalam, dan membran luar. Kembar MCMA begitu langka, hanya 1% dari total kelahiran kembar identik. Kembar MCMA adalah kembar identik.
  • Apabila teknisi sonogram Bunda tidak yakin apakah bayi Bunda berbagi plasenta, ia akan melakukan pemindaian kedua dan mungkin akan mencari pendapat kedua.

Pemindaian USG umumnya adalah cara akurat untuk menentukan apakah kedua bayi Bunda berbagi plasenta atau tidak. Namun begitu, tidak ada jaminan untuk teknisi sonogram Bunda akan dapat mengetahui apablia Bunda hamil anak kembar identik atau tidak identik. Berbagi plasenta mungkin adalah tanda kembar identik, namun menggunakan plasenta saja bukanlah pedoman pasti, karena plasenta dari kembar non-identik pun dapat menyatu.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 persen Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya ID / Gamis Menyusui / Khimar Syar'i Gamis Ibu Menyusui / Bisakah Punya Anak Kembar Kalau Tidak Ada Keturunan Kembar Dalam Keluarga?
 
Back
Top