Daftar Makanan Yang Baik Di Konsumsi Sebelum Melahirkan

SimplyLand

New member
Persalinan merupakan sebuah proses melahirkan yang panjang dan juga membutuhkan banyak tenaga. Untuk itu mempersiapkan diri sebelum melahirkan, sebaiknya dengan mengisi tenaga Bunda dulu cukup mengonsumsi makanan bernutrisi. Akan tetapi, selalu konsultasikan dengan dokter kandungan Bunda terlebih dahulu sebelum makan. Pasalnya, setiap dokter mungkin memiliki pertimbangan yang berbeda karena kondisi ibu bersalin juga berbeda-beda. Bila Bunda boleh makan, pastikan makanan yang Bunda konsumsi aman dan bermanfaat bagi proses persalinan.
Daftar-Makanan-yang-Sehat-untuk-Ibu-Hamil-Muda-Saat-Puasa.jpg



Bolehkah makan sebelum bersalin?


Makan sebelum melahirkan pada dasarnya diperbolehkan, terutama di awal proses persalinan. Pada saat inilah ibu bersalin sebaiknya makan dan mengisi tenaga. Pada saat persalinan normal, ibu memerlukan banyak tenaga untuk memberikan dorongan pada bayi. Bila ibu tidak punya tenaga, tentu persalinan akan menjadi sulit. Namun, pastikan Bunda tidak makan terlalu banyak. Cukup isi perut Bunda dengan cairan dan camilan yang kaya karbohidrat. Hindari makanan yang tinggi kandungan lemaknya karena sulit dicerna tubuh dan dapat membuat Bunda mual.

Pada beberapa kasus dokter kandungan atau bidan mungkin menganjurkan Bunda untuk puasa. Ini biasanya terjadi kalau Bunda memiliki kemungkinan atau rencana kelahiran melalui operasi caesar. Pasalnya, perut memang sebaiknya tidak dalam keadaan penuh ketika bedah caesar berlangsung. Supaya aman, tanyakan langsung pada dokter kandungan atau bidan Bunda apakah Bunda boleh makan dan ikuti anjurannya.

Makanan yang baik dikonsumsi sebelum melahirkan

Pada dasarnya, Bunda membutuhkan karbohidrat sebagai sumber tenaga untuk melahirkan. Namun, pilih sumber karbohidrat yang mudah dicerna. Hindari makanan yang terlalu padat seperti halnya daging sapi. Berikut adalah daftar makanan yang dapat membantu kelancaran proses persalinan Bunda.

1. Yogurt

Yogurt kaya akan karbohidrat dan protein yang manjur untuk menambah energi Bunda. Camilan ini juga mudah dibawa ke mana-mana, termasuk dalam perjalanan menuju rumah sakit atau ketika waktu bersalin sudah dekat. Jangan lupa sediakanlah sejumlah cup kecil yogurt selama ibu bersalin. Bila proses persalinan berlangsung cukup lama, Bunda mungkin akan diberikan beberapa waktu jeda untuk mengisi tenaga. Yogurt pun dapat jadi penyelamat Bunda. Sajikan yogurt bersama buah-buahan segar atau kacang-kacangan.

2. Buah-buahan

Sumber karbohidrat alami yang mudah dicerna oleh tubuh adalah buah-buahan. Selain mengandung karbohidrat, buah-buahan juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan air yang penting untuk melancarkan proses persalinan. Buah seperti pisang, alpukat, dan apel adalah pilihan yang tepat sebelum melahirkan.

3. Kentang

Jangan makan sembarang kentang sebelum melahirkan. Bunda sebaiknya mengonsumsi kentang tumbuk (mashed potato) atau kentang rebus. Hindari kentang goreng karena kandungan lemak dan minyak yang tinggi dapat membuat Bunda lebih mual saat persalinan.

4. Roti

Makan nasi dengan lauk-pauk mungkin terlalu berat bagi ibu bersalin. Maka, gantilah dengan makan roti sedikit demi sedikit. Tak perlu memilih roti isi daging. Karena roti polos atau roti tawar dengan selai buah saja sudah cukup untuk mengisi energi Bunda. Supaya kenyangnya lebih lama, Bunda dapat mengonsumsi roti dari gandum utuh.

5. Sup

Untuk memperbanyak asupan cairan, makan sup bening dapat menjadi pilihan terbaik ibu bersalin. Agar nutrisinya lebih banyak, pastikan sup dibuat dari kaldu ayam atau daging asli. Tambahkan juga sayuran dan tahu supaya tidak terlalu hambar. Bila sudah dekat hari persalinan, masak dulu sup dan simpan di kulkas. Sebelum mulai proses persalinan, Bunda pun tinggal menghangatkan supnya.

6. Biskuit

Sebagai camilan yang mengenyangkan, siapkan biskuit. Bunda dapat memilih biskuit susu biasa atau biskuit gandum. Namun, usahakan untuk memilih biskuit yang plain. Hindari biskuit asin atau biskuit yang terlalu banyak krimnya. Biskuit asin dapat memicu hipertensi sementara biskuit krim mungkin membuat Bunda mual.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  & Khimar Syar'i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 persen Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik
cara-pemesanan
Di Website

SofeyaGamis Menyusui / Khimar Syar'i / Gamis Menyusui Syar'i /Daftar Makanan Yang Baik Di Konsumsi Sebelum Melahirkan
 
Back
Top