Tahukah Bunda Ciri-Ciri Gizi Anak Sudah Baik? Berikut Sofeya Rangkum

SimplyLand

New member
Semua orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik hingga ia dewasa. Hal ini sangat erat kaitannya dengan status gizi anak. Bila status gizi anak baik, maka kesehatannya terjaga serta pertumbuhannya normal. Lalu, apakah selama ini si kecil punya status gizi yang baik? Sebenarnya, bagaimana mengetahui kalau status gizi anak sudah baik? Seperti apa tandanya?

shutterstock_107498603.jpg


Berbagai tanda kalau status gizi anak sudah baik

Tidak sedikit orangtua yang khawatir akan tumbuh kembang anaknya. Sebenarnya, Bunda tidak perlu cemas. Bunda bisa tahu kok, kalau si kecil punya status gizi yang baik atau tidak. Begini tanda-tanda kalau status gizi anak dalam keadaan yang normal.

1. Memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang normal

Anak yang memiliki status gizi yang normal, tentu saja akan mempunyai indeks massa tubuh atau IMT (dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Body Mass Index atau BMI) yang normal pula.

Seorang anak yang sangat kurus, sangat pendek, atau bahkan sangat gemuk, adalah contoh kasus anak yang status gizinya tidak normal. Anak yang bergizi baik, tentu akan memiliki berat badan dan tinggi badan yang seimbang.

Bagaimana mengetahuinya? Untuk mengetahui indeks massa tubuh pada anak, sebaiknya Bunda lakukan pengukuran tinggi serta berat badan anak di pelayanan kesehatan terdekat. Pasalnya, tidak seperti indeks massa tubuh orang dewasa yang memiliki rumus khusus, status gizi anak memiliki perhitungannya sendiri. Bila anak Bunda masih usia balita, maka Bunda wajib membawanya ke pelayanan kesehatan terdekat seperti Posyandu secara rutin agar bisa memantau tumbuh kembang si kecil.

2. Kuat menghadapi serangan penyakit dan tidak mengalami gangguan kesehatan lain

Anak dengan status gizi yang baik akan memiliki status kesehatan yang baik pula. Ya, asupan gizi yang beragam serta berkualitas akan membuat sistem kekebalan si kecil lebih kuat, sehingga lebih kebal terhadap penyakit infeksi. Faktanya, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa anak yang punya status gizi yang buruk sudah pasti sangat rentan terkena berbagai penyakit infeksi.

Salah satunya penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS ONE, menyatidakan bahwa anak dengan gizi yang buruk, ternyata punya jumlah sel-sel darah putih yang lebih sedikit ketimbang anak dengan gizi baik. Padahal, sel-sel tersebut berperan sebagai pasukan pertahanan yang menjaga kesehatan tubuh.

Kegemukan juga menandakan kalau anak tidak memiliki gizi yang baik. Dalam hal ini, si kecil memiliki suatu zat gizi yang berlebihan di dalam tubuhnya yang bisa menimbulkan berbagai penyakit juga. Misalnya kelebihan lemak.

Pada anak yang kegemukan, risiko penyakit yang akan terjadi adalah berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes (kencing manis).

vitamin dan mineral untuk sistem imun anak

3. Punya nafsu makan baik

Punya nafsu makan yang baik adalah salah satu tanda kalau si kecil bergizi baik. Dalam hal ini, nafsu makan buruk bukan hanya tidak memiliki nafsu makan, tetapi tingkat nafsu makan yang berlebihan juga tidak baik. Keduanya, sama-sama akan menimbulkan permasalahan gizi pada anak.

Anak yang kekurangan gizi sudah pasti punya nafsu makan yang kurang dan hal ini telah dibuktikan di berbagai penelitian.

Sementara itu, anak yang kegemukan cenderung memiliki nafsu makan yang tinggi yang sebenarnya tidak baik bagi kesehatannya. Bila Bunda mengalami kesulitan dalam mengendalikan nafsu makan anak, Bunda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi.

4. Si kecil cenderung aktif dan lincah dalam setiap aktivitas yang dilakukan

Tanda lain untuk melihat apakah si kecil punya status gizi yang baik adalah dengan melihat aktivitas sehari-harinya. Anak yang berstatus gizi baik, cenderung lebih aktif dan kuat dalam melakukan aktivitas fisik.

Hal ini akan terlihat berbeda dengan anak yang mengalami kekurangan gizi. Anak tersebut akan cenderung cepat lelah dan lemas. Sedangkan anak yang kegemukan juga akan lebih pasif, berat badan berlebih akan membuat mereka cepat lelah dalam melakukan aktivitas.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  & Khimar Syar'i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 persen Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya Gamis Menyusui / Khimar Syar'i / Gamis Ibu Menyusui /Tahukah Bunda Ciri-Ciri Gizi Anak Sudah Baik? Berikut Sofeya Rangkum
 
Back
Top