Hati-Hati Saat Mencuci Motor, Bisa Mogol Lhoh..
 
Go Back   Home > Otomotif > Sepeda Motor

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Hati-Hati Saat Mencuci Motor, Bisa Mogol Lhoh..

Aktifitas mencuci sepeda motor bagi sebagian orang menjadi salah satu aktifitas yang rutin dilakukan. Karena kita bisa menjaga penampilan motor kita, tapi saat ente mencuci sepeda motor kesayangan ente, jangan asal semprot aja,,

Ada beberapa hal yang perlu banget diperhatiin agar motor ente nggak brebet bahkan sampai mogok gara-gara kemasukan air.

Pastinya kita nggak mau dong motor baru langsung mogok gara-gara hal sepele kaya gini, terus apa aja nih yang perlu diperhatiin ?

1. Jangan semprot area karburator

kita mungkin suka mencuci motor langsung pake selang bahkan pake mesin steam, rasanya kotoran langsung hilang kalo pake cara ini. Tapi area karburator menjadi area pertama yang tidak boleh disemprot secara langsung.

Apa akibatnya jika dipaksakan, tentu karbu ini kan fungsinya buat campurin bensin ke dalam ruang bakar. Kalo ada air yang masuk otomatis bisa mengganggu, alias air ini bisa berpotensi masuk keruang bakan. Hasilnya mesin susah hidup meski agan engkol sampe loyo...

2. Kalo bisa sumbar area Cop busi

Apa itu cop busi ? itu lhoh ujung kabel busi yang digunain buat nyolokin busi, bagian ini juga menjadi hal yang penting. Jika kondisinya masih baru, mungkin nggak masalah karena masih memiliki struktur pelindung air yang baikl.

Tapi kalo motor ente sudah berumur, usahakan untuk melindungi area ini menggunakan lap atau kain. Tujuannya agar air tidak langsung memasuki terminal cop busi, kalo air ini masuk maka pengapian akan terganggu dan api pada busi akan kecil.

3. Usahakan memasang body samping motor

ini nih yang sering disepelekan, entah apa alasannya banyak yang mencopot body penutup samping motor, padahal cover ini melindungi mesin dan semua komponen elektrikal mesin seperti CDI dari debu dan air.

kalo agan tidak melepas cover ini, agan bisa dengan bebas menyemprotkan air ke bagian body samping. tapi kalo covernya dilepas, air bisa masuk semua kesocket kelsitrikan. Akibanynya bisa koslet atau bahkan fuse yang putus.

Akibatnya ada kelistrikan motor yang tidak berfungsi dan check engine juga bisa menyala.

tapi bagaimana kalo terlanjur, gimana cara mengatasi kalo motor kita udah mogok gara-gara air ini ?

Gampang,, cek aja artikel ini : Cara mengatasi motor mogok setelah dicuci sudah lengkap dan jelas tu artikel,,,
Andreyhurayra Andreyhurayra is offline
Home Level

Post: 2
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.