Cara Mengatasi Komputer Lemot atau Lag
 
Go Back   Home > Komputer & Games PC

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Cara Mengatasi Komputer Lemot atau Lag

Cara Mengatasi Komputer Lemot atau Lag - Komputer merupakan sebuah perangkat yang memang sangat penting dalam membantu kehidupan sehari – hari kita. Seperti VPN Indonesia yang kita butuhkan untuk melindungi privasi kita saat mengakses internet. Seorang pelajar, mahasiswa, karyawan, dan pengusaha pasti membutuhkan komputer. Dengan komputer, semua pekerjan bisa teratasi dengan mudah dan cepat. Tapi bagaimana jika komputer yang anda miliki serasa lemot atau Lag? Tentu hal ini akan membuat anda frustasi dan kesal.



Baca Juga :
Cara Untuk Menghemat Bandwidth Internet
Pengertian Input dan Output Pada Komputer


Laptop yang lemot tentunya akan menghambat pekerjaan kita. Kinerja Laptop atau komputer yang mengambat pastinya akan membuat penggunanya tidak tahan, serasa ingin membanting laptop tersebut. Penyebab mengenai hal tersebut bisa terjadi pada bagian software ataupun hardware laptop itu sendiri.

Sebenarnya komputer atau laptop itu sama seperti Smartphone, atau bisa juga smartphone sama seperti Laptop. Semakin lama atau sering laptop tersebut digunakan maka performa Laptop tersebut pasti akan menurun. Bahkan dari Kualitas hardware itu sendiri juga akan menurun. Namun sebagai pengguna VPN Cepat tentunya kita bisa melakukan setiap hari supaya laptop bisa bertahan lama dan tidak lemot. Di dunia ini tidak ada yang abadi, semua perangkat teknologi bisa mengalami kerusakan, error, ataupun mati. Sebagai pengguna Kita hanya bisa mempertahankannya saja.

Cara Mengatasi Komputer Lemot atau Lag

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips singkat mengenai Cara Mengatasi Laptop Dan Komputer Yang Lemot. Laptop yang lemot pasti memiliki penyebab, maka dari itu saya akan berbagi mengenai penyebab dan metode dalam mengatasi laptop lemot tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan anda simak penyebab dan metode singkatnya berikut ini.

1. Adanya Virus Yang Masuk ke Laptop Anda

Virus merupakan salah satu file yang memang dianggap berbaya dalam sebuah perangkat teknologi, terutama pada laptop, komputer, smartphone, dan tablet. Virus bisa masuk pada Laptop dari berbagai cara, bisa dari perpindahan antara komputer satu dengan komputer lainnya, bisa dari Internet, Flashdisk, Smartphone, dan lainnya. Maka dari itu sebagai pemilik Laptop kita harus menginstall Antivirus terbaik dan melakukan Scanning pada Laptop secara rutin. Baca juga Tips - Cara Ampuh Memilih Antivirus Terbaik 2017

Salah satu Aplikasi Antivirus terbaik yang bisa melindungi komputer anda dari serangan Virus adalah AVG. Ada versi Gratis dan Pro dari Antivirus tersebut, silahkan anda download dan pilih versi sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Lakukan Scanning pada Antivirus dan jangan lupa anda juga harus meng-update Antivirus tersebut supaya dapat pembaharuan dari fitur dan daftar virus itu sendiri.


2. Bersihkan File Temporary Secara Teratur

File temporary atau file cache sebenarnya sangat membantu pengguna (Users) dalam membuka aplikasi dan menjalankannya. File cache bersifat sementara yang mengendap pada Drive C laptop anda. Adanya file cache dapat membuat anda mudah dalam membuka aplikasi VPN Gratis tertentu, dengan catatan sebelumnya anda sudah membuka dan menjalankan aplikasi tersebut.

Tapi anda harus tahu bahwa semakin banyak file temporary akan berakibat buruk pada sistem komputer. Bukan malah lebih cepat, tapi tumpukan file temporary tersebut justru akan membuat Laptop serasa lemot, lag, macet, dan lainnya. Apalagi jika ditambah dengan history pencarian di Internet yang sangat banyak maka tentunya akan semakin banyak pula temporary yang ada pada Laptop tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, hendaknya anda menginstall aplikasi Cleaner seperti CCleaner yang mampu membersihkan Laptop dari file temporary seperti cache dan history. Anda bisa mencari dan mendapatkan Aplikasi Cleaner dari Pencarian Google.

Baca Juga :
Kenapa Internet di Indonesia Lemot dan Mahal

3. Uninstall Program Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Program pada Laptop (Windows) yang jarang atau tidak pernah anda gunakan sebaiknya anda hapus saja aplikasi tersebut. Intinya buat apa anda menginstall aplikasi yang pada akhirnya tidak pernah anda gunakan. Seperti misalnya Game pada Windows yang tidak pernah anda gunakan dan bahkan tidak penting maka sebaiknya anda uninstall saja game tersebut supaya ada banyak ruang kosong pada Drive C di laptop anda.

Selain mendapatkan banyak ruang kosong, dengan menghapus program Aplikasi, kebutuhan Memori anda juga berkurang. Itu artinya kebutuhan memori bisa anda optimalkan pada Aplikasi lain yang jauh lebih penting seperti misalnya Aplikasi Office untuk membuat dokumen atau aplikasi Photoshop sebagai software editor image.

Paling dicari: VPN Murah

4. Masalah Pada Harddisk Laptop Anda

Hardisk merupakan media penyimpanan yang sangat penting dan paling utama dari sebuah komputer atau laptop. Semua data tersimpan pada sebuah harddisk seperti Sistem Operasi lengkap dengan programnya, dokumen, video, musik, aplikasi dan lainnya. Semua data – data kita pasti tersimpan dalam sebuah harddisk.

Ada beberapa masalah yang biasanya terjadi pada harddisk dan hal ini membuat kinerja laptop menurun seperti hardisk low space, hardisk yang terfragmentasi, hardisk yang sudah lama, sehingga rpm-nya menurun, dan hardisk error / bad sector. Hal ini mungkin belum banyak diketahui oleh semua pengguna Laptop.

Perlu anda ketahui bahwa menghapus File Sementara pada laptop saja tidak cukup, setelah menghapus file Sementara diharuskan pula untuk cek kesehatan harddisk serta membersihkan fragmentasi. Untuk melakukannya, anda bisa gunakan AVG TuneUp Utilities sebagai Aplikasi untuk repair Harddisk dari segi dalam (Software). Dengan aplikasi tersebut, permasalahan pada harddisk bisa teratasi dengan sangat baik.

5. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Bagian dalam laptop yang bersih dan terawat tentunya akan jauh lebih baik dan lebih cepat dalam memproses data dibanding laptop yang dalamnya berdebu. Sebagai pengguna, anda diharuskan untuk membersihkan Laptop itu sendiri dari debu – debu yang menempel. banyaknya debu menyebabkan sirkulasi udara didalam laptop mejadi buruk dan dampaknya adalah panas yang dihasilkan laptop tidak dapat dialirkan keluar dengan baik.

Bagian dalam Laptop yang benar – benar perlu anda bersihkan adalah Fan atau Kipas. Fan atau Kipas perlu sirkulasi udara yang baik serta bersih dari debu supaya putaran kipas bisa normal dan tidak terdengar suara fan yang terlalu berisik. Selain fan, perhatikan juga pada bagin processornya. Panas yang berlebih menyebabkan menurunnya kinerja dari laptop yang kita gunakan. Tambahkan dengan thermal paste sebagai thermal untuk mengurangi panas pada Laptop.

6. Upgrade RAM Laptop Anda

RAM yang berukuran kecil tentunya program atau kinerja laptop kurang optimal. Apalagi jika data yang anda proses yang sangat besar dan pekerjaan yang anda lakukan terbilang cukup berat tentunya membutuhkan komsumsi RAM yang cukup besar. Cara terbaik supaya kinerja Laptop bisa makin cepat yakni dengan meng-upgrade RAM dengan kapasitas yang lebih besar, bisa 2GB atau 4GB. RAM dengan kapasitas yang lebih besar tentu akan lebih memuaskan dan lebih cepat dalam memproses data.

7. Upgrade Sistem Operasi

Untuk hasil yang lebih optimal juga anda bisa melakukan update pada sistem operasi Laptop anda. Seperti misalnya jika memang anda menggunakan Windows 7 maka anda bisa meng-update dan menggunakan Windows 8. Dengan melakukan hal tersebut, tentunya laptop anda pasti akan jauh lebih ringan karena memang Windows 8 dirancang dengan Sistem Operasi yang ringan.

8. Install Ulang Sistem Operasi

Apabila tidak mau upgrade, anda juga bisa melakukan Install Ulang. Install ulang merupakan solusi terbaik mengatasi Laptop error ataupun Macet. Cara ini juga termasuk cara paling ampuh karena Laptop anda akan serasa lebih ringan dan seperti baru lagi. Tapi sebelum install ulang, pastikan anda telah mem-backup semua data di Laptop anda. Atau jika tidak, anda bisa berhati – hati saat pengeditan dan penghapus Sistem Operasi nantinya.


Well, itulah cara mengatasi komputer lemot atau Lag. Semoga membantu!
mbahgaul mbahgaul is offline
National Level

Post: 700
 
Reputasi: 1

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Cara Mengatasi Virus Shortcut pada Laptop dan Komputer cryzzahwa Komputer & Games PC 0
Cara Mengatasi Komputer Sering Restart Sendiri jainudin Komputer & Games PC 4


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.