5 Risiko Berbelanja Online Yang Perlu Anda Waspadai

spirit

Mod
e0d0dac1-c476-44e8-aba6-f2984a6123ce_169.jpg

Saat kita melakukan pembelanjaan via online, maka seringkali kita merasa was-was dengan kegiatan pembelanjaan secara online tersebut akan berujung sebuah penipuan. Kurangnya rasa percaya saat belanja online mungkin dirasakan oleh sebagian pengguna internet yang membuat mereka enggan untuk bertransaksi di situ belanja online. Adanya rasa trauma akibat pernah ditipu saat berbelanja online juga bisa menyebabkan orang tersebut tidak mau kembali berbelanja secara online.

Seperti yang kita ketahui, bahwa proses jual-beli online dilakukan tanpa adanya pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Namun memang ada beberapa online shop yang available untuk sistem COD (Cash On Delivery).

Dari sekian banyak kemungkinan risiko yang bisa terjadi dalam transaksi online, setidaknya berikut ini adalah risiko yang harus Anda waspadai sebelum atau ketika berbelanja online:

1. Kinerja
Ini merupakan risiko pembeli online yang kemungkinan barang atau jasanya yang mereka beli tidak sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya ketika barang sudah sampai di rumah dan begitu Anda lihat ternyata barang tersebut berbeda dengan deskripsi maupun picture yang diupload si penjual.

2. Waktu
Kemungkinan kerugian yang bisa dialami oleh seseorang ketika melakukan transaksi secara online adalah karena proses pengiriman barang yang memakan waktu cukup lama. Bisa Anda rasakan sendiri ketika Anda berbelanja secara nyata, Anda bisa langsung mendapatkan barang tersebut, tanpa menunggu waktu pengiriman akibat berbelanja online.

3. Finansial
Beruntung jika Anda menemukan online shop yang memang benar-benar dapat dipercaya. Tetapi ketika Anda sedang bernasib tidak baik, bisa saja ketika Anda melakukan transaksi secara online barang tersebut tidak dikirim atau diterima oleh Anda. (penipuan).

4. Psikologis

Anda mungkin akan merasa tidak nyaman ketika berbelanja secara online. Anda mungkin memiliki gangguan perasaan gelisah ketika Anda belum juga mendapatkan barang yang Anda beli padahal Anda sudah bertransaksi dari beberapa hari kemarin atau beberapa minggu.

5. Keamanan
Adanya penyalahgunaan informasi personal oleh pihak ketiga, misalnya payment gateway ini membuat anggapan bahwa risiko belanja online di Indonesia saat ini masih cukup besar. Kurangnya trust dari sebagian konsumen membuat mereka enggan untuk melakukan transaksi online.

Pastikan sebelum Anda melakukan transaksi pembelanjaan secara online, Anda sudah mengecek review atau testimonial dari pelanggan sebelumnya untuk meminimalisir kekecewaan yang akan Anda dapatkan ketika Anda tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan dalam belanja online tersebut.


sumber
 
Back
Top