Cara Kerja USB dan Pengertiannya

mbahgaul

New member
Cara Kerja USB dan Pengertiannya - USB merupakan port standard yang ada di komputer saat ini, setiap komputer yang kita beli saat ini selalu dilengkapi setidaknya satu atau lebih konektor USB. Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapi berbagai perangkat VPN Indonesia mulai dari mouse sampai printer secara mudah dan cepat. Sistem operasi saat ini juga sangat mendukung keberadaan USB, mulai versi windows xp ke atas bahkan sudah terdapat installer berbagai perangkat USB yang include dalam satu paket program windows tersebut.

15yc4ec.jpg


Baca juga:
Fungsi Modem dan Pengertiannya
Cara Kerja Firewall dan Pengertiannya


Dibandingkan dengan menyambungkan perangkat VPN Cepat ke jenis port lain yang terdapat di komputer, penggunaan port USB sangat-sangat mudah. Satu dekade lalu sebelum tersedia port USB di komputer kita. menyambungkan suatu perangkat ke komputer bisa membuat kepala pusing. Masalah tersebut antara lain:


  • Printer harus disambungkan ke port parallel, padahal sebagian besar komputer yang diproduksi saat itu bahkan sampai saat ini hanya dilengkapi dengan satu port paralel saja. Zip drive yang membutuhkan koneksi speed tinggi juga menggunakan port paralel untuk dapat terhubung ke komputer. Speed yang dibutuhkan adalah transfer data berkecepatan tinggi, sedangkan port paralel tidak mampu mengakomodir kecepatan tinggi tersebut sehingga kita harus bersedia berlama-lama menunggu hanya untuk satu proses copy data kecil saja.
  • Modem, beberapa jenis printer, dan kamera digital menggunakan port serial untuk bisa terhubung ke komputer, padahal sebagian besar komputer yang diproduksi saat itu hanya memiliki maksimal dua port serial. Sekedar info port serial dikenal sangat lambat dalam proses transfer data, karena data ditranfer secara serial bit per bit.
  • Piranti yang memerlukan koneksi yang lebih cepat harus dipasang dengan card tersendiri, yang tentu saja hal ini membutuhkan space tersendiri jika ingin dipasang di slot card komputer. beruntung jika masih ada sisa slot di komputer kita.



Tujuan diciptakannya USB adalah untuk mengakhiri masalah tersebut. Universal Serial Bus (USB) menyediakan cara tunggal, standar dan mudah untuk menghubungkan device VPN Murah ke komputer sampai dengan 127 perangkat dalam satu port USB. Antara lain sebagai berikut:

  • Printer
  • Scanner
  • Mouse
  • Joystick
  • Kamera Digital
  • Webcam
  • Modem
  • Load speaker
  • Telepon
  • Video phone
  • dll


n4bj36.jpg



Cara Kerja USB

Ketika host (komputer) mencatu perangkat USB, host mendata perangkat VPN Gratis yang terhubung ke USB dan menyiapkan alamat memori untuk masing-masing perangkat tersebut. Proses tersebut disebut enumerasi. Perangkat USB tersebut juga langsung diinisialisasi oleh host ketika terhubung ke bus USB. Host juga mencoba mencari dan memilihkan tipe transfer data apa yang cocok untuk perangkat tersebut. Sebagai contoh:

  • Interrupt – untuk perangkat yang hanya memerlukan transfer data kecil seperti: mouse dan keyboard
  • Bulk – untuk perangkat yang memerlukan transfer data besar seperti: printer
  • Isochronous – untuk perangkat yang memerlukan transfer data dua arah, dan memerlukan resolusi tinggi seperti: speaker dan webcam


Host dapat juga mengirim perintah dan mendata parameter-parameter yang diperlukan dengan menggunakan control packet. Setelah perangkat didata oleh host, host kemudian mengatur total bandwith yang diperlukan oleh perangkat yang menggunakan mode isochronous dan interrupt. Perangkat dengan mode transfer data tersebut dapat menggunakan sampai 90 persen dari total 480 Mbps yang disediakan port USB. Setelah 90 persen bandwith tersebut dipakai, host akan menolak akses ke perangkat isochronous dan interrupt yang lain. Control packet dan paket untuk transfer data tipe bulk kemudian menggunakan total bandwith yang tersisa tersebut (sedikitnya 10 persen).

Baca juga: Berbagai Macam Serangan Pada Jaringan Komputer yang Harus Kamu Ketahui

Universal Serial Bus (USB) membagi bandwith yang tersedia dalam bentuk frame-frame, host kemudian mengontrol frame-frame tersebut. Frame mengandung 1500 byte, yang terbentuk setiap milidetik. Dalam frame, perangkat dengan mode transfer data isochronous dan interrupt mendapatkan jatah bandwith tersendiri sesuai dengan kebutuhan bandwith perangkat tersebut.



Well, itulah cara kerja USB dan Pengertiannya. Semoga membantu dan menambah wawasan Kamu tentang perangkat-perangkat yang berhubungan dengan komputer.
 
Ketika sudah mengerti cara kerja maka bisa lebih enak dalam penggunaan perangkatnya gan. Karena memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi para pengguna.
 
Back
Top