Alasan si Kecil Bangun Tengah Malam? Yuk kenali Sleep Regression si Kecil
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Anak] Alasan si Kecil Bangun Tengah Malam? Yuk kenali Sleep Regression si Kecil

Bila si kecil yang kelihatannya sudah tertidur nyenyak namun bangun tengah malam secara tiba-tiba, dapat jadi buah hati Bunda sedang mengalami sleep regression. Apa itu sleep regression? Apakah berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya? Temukan di artikel ini.



Apa itu sleep regression?

Istilah sleep regression digunakan untuk menggambarkan suatu periode waktu ketika bayi yang telah tidur nyenyak, tiba-tiba bangun tengah malam dan susah tidur lagi. Kondisi ini mungkin akan terulang lagi selama beberapa hari atau beberapa minggu dan biasanya akan terjadi dalam waktu satu sampai empat minggu.

Sebenarnya Bunda tidak perlu khawatir, apalagi membandingkan bayi Bunda dengan bayi teman atau bayi tetangga. Bangun tengah malam adalah perkembangan normal bayi Bunda untuk menciptakan pola tidurnya sendiri. Karena itu, setiap bayi tentu akan berbeda dengan bayi lainnya.

Sleep regression lebih sering terjadi pada bayi yang berumur empat bulan dan delapan bulan. Dilansir dari Baby Center, beberapa ahli mengatakan bahwa sleep regression terjadi karena pola tidur bayi mulai mirip seperti pola tidur orang dewasa atau sedang proses “mempelajari” pola tidur. Ketika si kecil berada di suatu tahapan tidur dan tubuhnya bergerak tanpa sadar, maka ia akan terbangun.

Nah, bayi akan lebih sulit untuk tidur lagi dibandingkan orang dewasa karena ia masih dalam proses memahami pola tidurnya sendiri. Ketika bangun, bayi mungkin merasa bingung apakah berarti harus melanjutkan tidur atau memang sudah waktunya bangun.

Periode sleep regression juga sering terjadi pada balita yang sedang melewati tahapan perkembangan (milestone) seperti berusaha berguling, duduk, merangkak, sedang tumbuh gigi, atau mengembangkan keterampilan baru apa pun. Proses belajar ini, seperti yang dilansir di Healthline, memang sedikit membuat bayi Bunda lebih gelisah. Hal ini pun berpengaruh pada pola tidur mereka.

Bagaimana cara mengatasi si kecil yang sering bangun tengah malam?

1. Berikan waktu khusus bayi Bunda untuk “berlatih” di siang hari

Si kecil yang tidak mau diam, sebenarnya sedang berusaha untuk menguasai apa yang sedang ia pelajari sekarang, dan bila pada siang hari ia merasa tidak memiliki cukup waktu karena sering Bunda gendong atau ajak jalan-jalan. Si kecil akan terus mencobanya di malam hari.

Akibatnya ia jadi lebih sulit untuk tidur dan bergerak secara refleks dalam tidurnya yang menyebabkan ia bangun tengah malam. Pastikan Bunda memberikan waktu khusus untuk si kecil berlatih berguling, merangkak, atau apapun yang sedang ia lakukan agar tidak terganggu. Tugas Bunda hanya mengawasi si kecil

2. Penuhi kebutuhan asupan makanan sepanjang hari

Memenuhi kebutuhan asupan makanan si kecil dapat mencegah bayi Bunda lapar di tengah malam. Sebelum tidur atau di sepanjang hari saat ia aktif, pastikan si kecil mendapatkan asupan makanan yang cukup.

Jangan dibiasakan ketika si kecil bangun tengah malam, Bunda memberikannya makanan, karena dapat saja hal ini menjadi kebiasaan dan ketika ia terbangun ia mengharapkan Bunda memberikannya makanan. Hal ini justru dapat membawa dampak buruk.

3. Biarkan ruangan tidur bayi Bunda cenderung gelap


Ketika bayi Bunda tidur, pastikan kamar Bunda atau kamar si kecil cenderung lebih gelap, Bunda dapat gunakan lampu tidur ber-watt rendah, hal ini bertujuan agar si ekcil bis tidur lebih nyenyak. Ruangan yang cenderung gelap dapat membantu bayi Bunda cepat tertidur ketia ia bangun tengah malam.

Ketika di pagi hari, pastikan ruangan yang ditempati bayi Bunda tidur penuh dengan sinar matahari alami. Cahaya membantu memberi sinyal pada otak tentang siklus tidur-bangun.

4. Buatlah rutinitas

Ciptakan rutinitas bagi bayi Bunda agar ia cepat terbiasa dengan pola tidurnya. Bayi membutuhkan waktu sekitar 10-12 jam untuk tidur dalam waktu semalam. Letakkan ia ditempat tidur bila sekarang adalah waktunya tidur siang atau tidur malam. Lama-kelamaan biasanya si kecil akan mulai mengantuk dan terbiasa dengan tempat tidur. Bayi Bunda perlu belajar untuk tertidur sendiri.

Bunda dapat mulai dengan membaca cerita pengantar tidur, menyanyikan lagu pengantar tidur, atau apapun yang menyebabkan si kecil lebih cepat tertidur dengan cara Bunda. Pastikan Bunda konsisten melakukannya dan yang tidak kalah penting sesuaikan rutinitas Bunda dengan jadwal tidur bayi.

5. Buat suasana sepi ketika ia bangun tengah malam

Bila Bunda mendengar bayi Bunda bangun tengah malam, tunggu beberapa menit sebelum Bunda bangun untuk melihat si kecil. Bila mereka terus menangis, cepat respon bayi Bunda.

Jangan ajak ia berbicara terlalu lama, bermain, atau menyalakan lampu. Matikan juga semua gadget Bunda, karena lampu dari gadget dapat menstimulasi bayi Bunda. Hal ini secara tidak langsung bahwa sepi, identik dengan malam hari, dan malam hari adalah waktu untuk semua orang tertidur.

Mau tampil cantik saat menyusui. Gamis Menyusui  & Khimar Syar'i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 PERSEN Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya Gamis Menyusui / Khimar Syar'i Gamis Ibu Menyusui /Alasan si Kecil Bangun Tengah Malam? Yuk kenali Sleep Regression si Kecil
SimplyLand
SimplyLand SimplyLand is offline
City Level

Post: 305
 
Reputasi: 1

__________________
simplylandproperty.com
       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
KENALI WARNA URINE SAAT BUANG AIR KECIL saviraputri Kesehatan 11


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.