Tahukah Anda Bahaya Plastik BPA untuk Kesuburan Wanita?
 
Go Back   Home > Kesehatan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Umum] Tahukah Anda Bahaya Plastik BPA untuk Kesuburan Wanita?

Bisphenol A, atau biasa disebut BPA merupakan sebuah bahan kimia yang kandungannya sering ditemukan pada peralatan makan atau minum dari bahan plastik di dapur rumah Bunda. Para ilmuwan sudah banyak memperingati dan bahkan menemukan fakta-fakta baru, kalau paparan BPA pada tubuh ini dapat sangat membahayakan. Parahnya lagi, beberapa penelitian menyatakan kalau bahan kimia tersebut memengaruhi kesuburan wanita. Bagaimana dapat plastik BPA memengaruhi kesuburan? Simak penjelasannya di bawah ini.



Benarkah plastik BPA memengaruhi kesuburan wanita?

Peneliti dari Harvard University menemukan hasil pada pengaruh paparan BPA terhadap kualitas sel telur para wanita. Paparan bisphenol A atau BPA, dapat mengganggu proses reproduksi, dan dalam takaran 20% dapat menjadi sumber penyebab ketidaksuburan seseorang.

Para peneliti melakukan percobaan laboratorium. Dalam penelitian tersebut, para ahli menggunakan 352 butir sel telur dari 121 orang yang telah setuju terlibat dalam penelitian bahaya BPA ini.

Kemudian Catherine Racowsky, yang berperan sebagai kepala penelitian mengumumkan hasil, kalau wanita yang sering terpapar kandungan BPA, dapat mengalami penurunan jumlah sel telur yang matang.

Peneliti juga menemukan kalau kandungan BPA malah menaikkan jumlah sel telur yang tidak matang. Nah, sel telur yang tidak matang ini tidak akan dapat membelah kromosom dalam sel secara sempurna dan jumlah kromosom di dalam tidak seimbang. Dikhawatirkan, kalau sel telur yang belum matang ini akan berakhir membawa terlalu banyak atau terlalu sedikit kromosom. Bila demikian, hasil pembuahan sel telur, yang mana akan menjadi embrio, akan sulit berkembang.

Bila akhirnya berkembang pun akan menjadi sel telur dengan yang kromosom abnormal. Contohnya bayi dapat lahir dengan kondisi Down syndrome.

Kandungan BPA dalam peralatan rumah tangga berbahan plastik juga telah banyak dikaitkan dengan PCOS (sindrom polikistik ovarium), keguguran, dan dapat membuat kualitas sperma pria rendah. Akan tetapi, penelitian yang lebih dalam masih diperlukan untuk memastikan kaitan-kaitan tersebut.

Karena itu, plastik BPA memang dikhawatirkan dapat membuat wanita lebih susah hamil karena jumlah sel telurnya yang sehat dan siap dibuahi berkurang. Di samping itu, kehamilan Bunda mungkin berisiko bagi ibu dan janin.

Tips menghindari paparan kandungan BPA sehari-hari

Bila Bunda dan pasangan sedang mencoba punya anak, ada baiknya Bunda bijak menggunakan peralatan makan atau rumah tangga lainnya. Ini agar Bunda dapat terhindar dari bahaya plastik BPA. Berikut tips-tips amannya.

1. Hindari minum dari botol kemasan

Botol air minum plastik yang dijual di pasaran mengandung bahan kimiawi yang disebut dengan xenohormon. Xenohormon ini menyerupai hormon estrogen dalam tubuh, yang dapat menyebabkan tubuh jadi kebanyakan hormon estrogen atau bahkan malah kekurangan hormon tersebut. Kalau kadar hormon tidak seimbang, dapat berbahaya bagi tubuh, terutama untuk kesuburan. Ada baiknya Bunda membiasakan minum di botol berbahan stainless steel atau dari gelas kaca yang lebih aman.

2. Hindari memanaskan makanan dalam wadah plastik atau dengan bungkus plastik

Memanaskan makan dengan menggunakan bahan plastik dapat meningkatkan adanya peleburan bahan kimia berbahaya dari plastik, terutama dengan makanan berlemak. Gunakan handuk kertas atau tutup kaca atau keramik untuk menutupi makanan di microwave.

3. Simpan makanan dalam wadah yang terbuat dari kaca, keramik, atau logam

Memang rasanya sulit untuk tidak menggunakan peralatan berbahan plastik pada masa kini. Bila demikian, pilihlah plastik berlabel tertentu yang memiliki kategori aman. Contohnya plastik kategori # 1 PETE, # 2HDPE, # 4LDPE atau # 5PP. Plastik kategori nomor tersebut memiliki potensi risiko kesehatan lebih rendah.

Mau tampil cantik saat menyusui.*Gamis Menyusui**& Khimar Syar'i dari sofeya solusinya. Oh Iya bund sofeya punya kabar baik untuk bunda sholehah, yaitu promo khimar atau sale price hingga 40 PERSEN Kunjungi : www.sofeya.id

Mau tahu cara pemesanannya secara online silahkan klik Tata Cara Order Di Website

Sofeya /*Gamis Menyusui*/*Khimar Syar'i*/*Gamis Ibu Menyusui*/*Tahukah Anda Bahaya Plastik BPA untuk Kesuburan Wanita?
SimplyLand
SimplyLand SimplyLand is offline
City Level

Post: 304
 
Reputasi: 1

__________________
simplylandproperty.com
       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tahukah Anda Hal yang Dapat Menyebabkan Kehamilan Anda Berisiko Tinggi SimplyLand Kesehatan 0
Makanan untuk meningkatkan kesuburan wanita wuryono Kesehatan 0
Mengenal Bahaya Material Plastik Untuk Kesehatan (lanjutan) jejesos Kesehatan 2


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.